adplus-dvertising
32 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaObat Alami Sakit Perut Berikut Sangat Efektif

Obat Alami Sakit Perut Berikut Sangat Efektif

Reportasee.com – Obat alami sakit perut berikut ini sangatlah efektif. Ada beragam penyebab sakit perut. Misalnya seperti salah makan, asam lambung naik, atau bagi perempuan, saat datang bulan pun juga menyebabkan sakit perut.

Karena beragam alasan ini, obatnya pun berbeda. Namun, ada obat sakit perut yang bisa meringankan apapun penyebabnya.

Jangan buru-buru minum obat atau datang ke dokter. Anda bisa mencoba pengobatan rumahan berikut yang sudah sejak lama terkenal bisa meringankan sakit perut.

Ternyata Ini Obat Alami Sakit Perut

Minum Cukup Air

Saat mengalami dehidrasi, organ dalam perut mengalami kesulitan dalam mencerna nutrisi dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Selain itu, penyerapan pun tidak terjadi dengan efisien dan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman di perut.

Setidaknya, setiap perempuan sebaiknya mendapatkan asupan air 2,7 liter dan laki-laki mendapat asupan 3,7 liter setiap harinya. 20 persen di antaranya, berasal dari makanan dan sisanya minuman langsung.

Apalagi jika masalah yang dihadapi berupa diare dan muntah. Anda perlu selalu terhidrasi untuk menggantikan cairan yang keluar dari tubuh.

Jahe

Bukan hanya sebagai obat batuk yang ampuh, jahe juga bisa jadi obat bagi penderita gangguan pencernaan. Jahe mengandung gingerol dan shogaols yang dapat membantu mempercepat kontraksi perut.

Dengan mengonsumsi jahe, makanan yang menjadi penyebab sakit perut jadi bisa segera terbuang melalui kotoran. Kandungan-kandungan lain di dalamnya juga bisa mengurangi rasa tidak nyaman seperti mual, muntah, dan diare.

Jika mengunyah jahe langsung terasa berisiko, Anda bisa membuat minuman hangat seperti teh atau kopi yang dicampurkan dengan jahe. Dengan begitu, sakit perut Anda bisa reda.

Mentol

Obat alami sakit perut berikutnya adalah mentol. Anda tidak perlu kaget karena biasa menemui mentol sebagai pelega tenggorokan maupun kandungan dalam pasta gigi.

Ya, mentol bahkan bisa mencegah muntah dan diare, mengurangi kejang otot usus, dan meredakan rasa sakit.

Makanya, Anda juga akan menemukan adanya kandungan mentol dalam minyak oles atau minyak esensial. Bahkan di Pakistan dan India, sudah sejak puluhan tahun lalu memanfaatkan mint dalam obat tradisional mereka saat alami gangguan pencernaan.

Anda bisa makan langsung daun mint seperti yang ada di kue-kue atau menjadikannya minuman dengan campuran teh. Selain itu, permen yang memiliki kandungan mint bisa Anda hisap saat perut mulas atau sakit sebagai pereda sementara.

Campuran Air Lemon, Soda Kue dan Air

Ada minuman yang meskipun terdengar asing, bisa Anda jadikan obat pereda gangguan pencernaan. Yaitu minuman yang terbuat dari air lemon, soda kue, dan air. Campuran dari ketiga bahan tersebut menghasilkan asam karbonat.

Asam karbonat inilah yang membantu mengurangi gas dan gangguan pencernaan. Selain itu, kandungan asam karbonat juga dapat meningkatkan sekresi hati dan mobilitas usus.

Adanya lemon (Anda juga bisa gunakan jeruk nipis) menyerap lemak dan alkohol.

Bahkan, lemon juga bisa menetralkan asam empedu sekaligus mengurangi keasaman pada lambung. Cukup campurkan 1 sendok makan air lemon, 1 sendok teh soda kue, dan 8 ons air. Aduk sampai rata dan minum.

Kayu Manis

Kayu manis umumnya terdapat dalam bahan pembuatan makanan untuk menambah aroma dan rasa jadi lebih khas. Namun di balik kebaikannya ini, kayu manis juga bisa menjadi obat alami sakit perut yang ampuh.

Ini karena adanya antioksidan pada kayu manis. Antioksidan berperan dalam membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko iritasi dan kerusakan pada saluran pencernaan. Beberapa jenis antioksidan dalam kayu manis adalah sebagai berikut

  • Eugenol
  • Linalool
  • Kamper

Kebaikan dari kayu manis lainnya yaitu bisa mengurangi frekuensi sendawa, gas, kembung, dan juga kram perut. Tidak ketinggalan, senyawa dalam kayu manis bisa menetralkan asam lambung.

Jus Lidah Buaya

Berdasarkan penelitian, seseorang yang selama empat minggu berturut-turut mengonsumsi jus lidah buaya sebesar 10 mililiter, jadi berkurang rasa sakit akibat refluks gastrointestinal (GERD) seperti magh, perut kembung, sendawa, mual dan muntah.

Senyawa dalam lidah buaya bisa meredakan asam lambung yang berlebih, menggerakkan usus dalam membuang toksin, meningkatkan pencernaan, menyeimbangkan bakteri pada area pencernaan, dan berbagai masalah perut lainnya.

Kemangi

Anda yang doyan makan dengan lalapan pasti tidak asing dengan daun kemangi. Aromanya yang wangi membuat daun jenis ini nikmat Anda makan dengan sambal. Faktanya, daun kemangi pun bisa menambah nafsu makan.

Masalah pencernaan lain juga bisa Anda atasi seperti meredakan kram perut dan kandungan eugenol, yang dapat membantu mengurangi asam lambung. Ada juga kandungan asam linoleat yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Nah, selain dimakan langsung, Anda juga bisa mengolahnya dengan cara menyeduh seperti akan membuat teh. Siapkan saja beberapa lembar daun kenari segar, kemudian tuang air panas. Nikmati selagi hangat saat kondisi perut tidak nyaman.

Itulah tadi obat alami sakit perut yang bisa Anda coba. Bahan-bahan yang mudah Anda temukan di dapur dan cara pembuatan yang sederhana ampuh menjadi pertolongan pertama.

Selain itu, kurangi kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol supaya sakit perut tidak mudah kambuh.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER