Obat Alami Migrain yang Mudah Ditemukan di Rumah

Mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain tidak selalu harus menggunakan obat yang ada di apotik, melainkan Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang biasa Anda temui sehari-hari untuk membantu mengatasi migrain. Berikut beberapa rekomendasi obat alami migrain.

Minyak Lavender

Rekomendasi obat alami untuk mengatasi migrain yang pertama adalah minyak lavender. Aroma wangi yang dari ekstrak bunga lavender ini akan membantu Anda merasa tenang. Minyak lavender ini tentu saja ampuh untuk membantu mengatasi migrain tanpa menggunakan obat dari dokter.

Cara penggunaan minyak lavender ini untuk mengatasi migrain adalah dengan menghirupnya saat sakit kepala menyerang agar bisa segera sembuh. Minyak lavender ini ampuh untuk mengatasi stress serta kecemasan yang menjadi salah satu faktor utama pemicu terjadinya migrain.

Jahe

Bagi Anda yang menyukai jahe, ternyata rempah ini cukup ampuh untuk membantu Anda mengatasi migrain. Anda bisa mengolah jahe ini sebagai minuman hangat yang dicampur dengan madu dan mengonsumsinya saat migrain menyerang agar rasa sakit kepala sebelah ini segera mereda.

Air seduhan jahe juga tidak mendatangkan banyak efek samping, sehingga Anda bisa mengonsumsinya secara rutin agar migrain tidak datang kembali. Di samping itu, aroma yang dihasilkan oleh jahe ini bisa membantu menghangatkan dan membuat pikiran kembali rileks.

Feverfew

Obat alami migrain berikutnya yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan adalah tanaman Feverfew atau dalam bahasa ilmiahnya adalah Tanacetum Parthenium. Tanaman yang satu ini merupakan salah satu bahan untuk membuat suplemen herbal guna mengobati penyakit, salah satunya migrain.

Fungsi feverfew adalah meredakan rasa nyeri yang biasa melanda akibat migrain. Di samping itu, menngonsumsi feverfew dapat mencegah migrain agar tidak datang kembaali. Namun, sangat sebaiknya konsumsi feverfew secara terbatas agar tidak mengalami kecanduan.

Willow Bark

Kulit pohon sillow juga bisa Anda jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi migrain dengan cara mengambil ekstraknya. Willow bark ini mengandung inflamasi atau biasa orang kenal dengan salicin yang maerupakan salah satu sumber oksidan ampuh bagi tubuh dan bisa mengobati berbagai penyakit.

Ekstrak willow bark juga mengandung zat pereda rasa nyeri, sehingga efektif untuk mengobati migrain. Cara mengonsumsi willow bark ini adalah dengan cara memanfaatan ekstraknya yang biasanya dalam bentu suplemen. Anda juga bisa langsung membeli kulit pohon willow ini di toko makanan sehat.

Biji Ketumbar

Bahan masakan berikutnya yang dapat Anda jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi migrain adalah biji ketumbar. Manfaat biji ketumbar ini adalah untuk mengurangi rasa nyeri dan meredakan migrain dengan segara. Hal ini karena biji ketumbar mengandung antiinflamasi pereda nyeri.

Cara mengonsumsi biji ketumbar untuk meredakan migrain adalah dengan mengunyahnya secara langsung. Di samping itu, Anda juga bisa merendamnya dengan air panas dan menghirup aromanya untuk memunculkan efek tenang dan meredakan rasa nyeri sebelah di kepala akibat migrain.

Suplemen Magnesium         

Obat alami migrain berikutnya adalah suplemen dengan kandungan magnesium yang tinggi. Sakit kepala sebelah atau migrain seringkali dialami oleh orang yang kekurangan kandungan magnesium. Oleh sebab itu, sangat penting mengonsumsi suplemen magnesium untuk meredakan migrain.

Suplemen dengan kandungan magnesium ini dapat Anda peroleh dengan cara membelinya di apotek. Anda bisa mengonsumsi suplemen ini secara rutin agar rasa sakit kepala tidak kembali menyerang, sehingga Anda bisa beraktivitas dengan lancar.

Magnesium ini juga bisa Anda dapatkan dari bahan makanan alami yang kita konsumsi sehari-hari, seperti kacang almond, biji-bijan, dan sayuran hijau. Mengonsumsi makanan sehat tersebut akan membantu Anda tidak mudah terserang migrain.

Makanan dengan Kandungan Vitamin B2

Makanan yang mempunyai kandungan vitamin B2 ternyata juga ampuh untuk mengatasi rasa nyeri akibat migrain. Anda bisa mendapatkan nitrisi berupa vitamin B2 ini dari suplemen yang bisa Anda konsumsi secara rutin setiap harinya.

Nutrisi berupa vitamin B2 ini juga bisa Anda peroleh dengan cara mengonsumsi makanan harian yang bergizi. Makanan dengan kandungan vitamin B2 antara lain adalah daging tanpa lemak, produk susu, dan sayuran hijau yang juga kaya akan kandungan riboflavin.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B2 ini adalah sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Anda hanya perlu mengonsumsinya dalam jumah yang cukup agar rasa nyeri akibat migrain bisa reda dan Anda tidak mengalami dampak negatif, seperti diare.

Minyak Pappermint

Satu lagi obat alami migrain yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit kepala sebelah ini, yaitu minyak pappermint. Cara memanfaatkan minyak pappermint ini adalah dengan mengoleskannya pada sekitar area pelipis dan dahi untuk membuat rasa nyeri segera reda.

Minyak pappermint mempunyai kandungan menthol yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan migrain. Obat alami yang satu ini sangat ampuh khasiatnya dan tidak menimbulkan banyak efek samping bagi kesehatan tubuh.