22.6 C
New York
Rabu, Juni 23, 2021
BerandaBeritaMerk Ban Trail yang Recommended dan Berkualitas

Merk Ban Trail yang Recommended dan Berkualitas

Bagi pecinta motor trail, ban merupakan salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Pilihlah ban yang berkualitas tinggi tidak apa-apa walaupun harganya mahal. Ban yang berkualitas akan mendukung kinerja motor trail Anda. Di bawah ini ada beberapa merk ban trail yang bagus untuk Anda beli.

Merk Ban Untuk Motor Trail

Maxxis

Merk ban untuk motor trail yang pertama adalah Maxxis. Merk yang satu ini memiliki banyak varian di antaranya adalah M7305 dengan ukuran 110/100-18 dan harganya 1 jutaan rupiah. Selain itu, ada juga varian lain yaitu 59M dengan ukuran 80/100-21 dan harganya 960 ribu rupiah.

Ada juga varian lain yaitu M7305 dengan ukuran 120/100-18 yang bisa Anda beli dengan harga kurang lebih 1 jutaan rupiah. Ada juga merk sama yaitu 59M tetapi ukurannya berbeda 100/100-18 dan bisa Anda beli dengan harga 980 ribu rupiah.

Kenda

Tidak hanya Maxxis yang memiliki banyak varian, merk lain yaitu Kenda juga ada beberapa jenis. Pertama adalah K770F South Wick yang berukuran 70/100-19 dan harganya 600 ribuan. Selanjutnya masih dengan varian yang sama tetapi ukuran berbeda yaitu 80/100-21 harganya 700an ribu rupiah.

Sebenarnya K770F juga memiliki ukuran yang bervariasi di antaranya 90/100-16 dan 100/100-18. Jika Anda ingin menggunakan varian lain mungkin K774 F Buds Creek bisa menjadi pilihan yang tepat dengan harga mulai dari 600 ribuan hingga 900an.

Ukurannya juga berbeda-beda di antaranya 70/100-19, 80/100-21, 100/100-18 dan 100/90-19. Ban trail yang satu ini menjadi incaran banyak orang karena kualitasnya tidak bisa diragukan lagi.

Dunlop

Merk ban trail yang lain adalah Dunlop dengan ukuran bervariasi mulai dari Geomax Type D952 ukuran 80/100-21, 100/100-18 dan harganya berkisar antara 400 hingga 500 ribuan. Varian lain juga tersedia yaitu MX3S dengan ukuran 120/90-18 dan harganya adalah 1 jutaan rupiah.

Apabila Anda ingin mencoba varian lain dari Dunlop bisa membeli MX52 yang ukurannya sekitar 100/100-18 dan harganya 1 juta 400 ribu rupiah. Untuk MX52 ukuran lain juga tersedia yaitu 80/100-21 dengan harga 1 juta 200an ribu rupiah.

Cara Memilih Ban Trail yang Tepat

Dalam memilih ban trail yang tepat Anda harus memperhatikan tips-tips berikut agar tidak salah pilih. Pertama adalah belilah yang sesuai dengan jenis motor trail Anda. Ban ini ibarat sebagai sepatu untuk pendaki gunung agar bisa melewati berbagai jenis medan dengan “ban” tersebut.

Kedua adalah, Anda juga tidak boleh tergoda dengan tampilan ban yang tampak gagah tetapi tidak cocok dengan jenis motor trailnya. Selain itu, ketika ingin membeli merk ban trail usahakan membeli yang berkualitas biasanya harganya mulai dari 500 ribuan.

Tips terakhir adalah Anda bisa memilih merk ban yang sudah mempunyai nama. Hal itu dikarenakan kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Tips Merawat Ban Motor Trail

Selalu rutin melakukan pengecekan pada tekanan ban

Setelah Anda mengetahui apa saja merk ban trail yang bagus sekarang adalah tips bagaimana cara merawatnya agar tetap tahan lama. Cara pertama adalah dengan selalu mengecek tekanan pada ban motor Anda. Anda bisa melakukan pengecekan selama 2 minggu sekali secara rutin.

Hal ini penting agar Anda bisa mengetahui kondisi ban apakah dalam keadaan yang baik-baik saja atau tidak. Apalagi jika Anda sering menggunakannya untuk berpetualang, selalu cek tekanan ban ketika baru Anda gunakan.

Rutin Membersihkan Ban

Jika Anda sering menggunakan untuk pergi jalan-jalan maka secara otomatis akan membuat ban menjadi kotor. Ban yang kotor terkena tanah, lumpur atau debu di jalanan dan tidak segera Anda bersihkan maka akan merusaknya. Ban Anda bisa bocor dan merusak karet tersebut.

Oleh karena itu, apabila Anda selesai bepergian usahakan untuk langsung membersihkan ban tersebut. Anda bisa menggunakan air bertekanan tinggi untuk menghilangkan kotoran tersebut. Jika tidak ada waktu, Anda bisa langsung membawanya ke tempat pencucian motor.

Lindungi Ban dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Jika Anda ingin menyimpan motor trail usahakan mencari tempat yang tidak panas. Hal ini untuk melindungi ban dari paparan sinar matahari langsung dimana hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada karet. Selain itu, karet ban motor Anda juga akan cepat usang.

Selalu Menggunakan Penyangga Motor Trail

Berikutnya adalah selalu gunakan penyangga jika ingin menyimpan motor trail Anda. Hal ini dapat melindungi seluruh komponen motor jika tidak Anda gunakan dalam waktu yang sangat lama.

Selain itu, gunanya menggunakan penyangga motor adalah agar motor tidak miring dan selalu tegak. Jika motor dalam posisi yang miring hal ini juga akan mengganggu tekanan dalam ban sehingga mudah mengalami keretakan dan kerusakan.

Segera Ganti Ban Jika Sudah Rusak

Terakhir Anda perlu segera melakukan pergantian ban jika sudah mulai retak-retak agar perjalanan Anda terasa aman dan nyaman. Dalam penggantiannya, pilih merk ban trail yang bagus

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular