Menu untuk Sahur yang Sederhana tapi Nikmat

0
27
menu untuk sahur

Sahur merupakan waktu penting sebelum melakukan ibadah puasa setelahnya. Nah, agar lebih semangat saat sahur, menu untuk sahur yang lezat namun sehat tentu akan sangat mendukung.

Minggu pertama bisa menjadi waktu yang tepat untuk penyesuaian diri dalam menjalankan ibadah puasa. Maka dari itu, sebaiknya pilih menu sahur yang nyaman dan sehat supaya kualitas kesehatan juga dapat terjaga.

Kurma

Seperti yang sering kita ketahui, bahwa kurma merupakan buah yang mengandung banyak manfaat dan nutrisi. Buah kurma mengandung banyak serat, karbohidrat, mineral, dan kalium yang penting dan bagi tubuh.

Karena itu, mengonsumsi buah ini adalah anjuran yang bisa Anda laksanakan. Tidak hanya bisa Anda konsumsi ketika berbuka saja, kurma juga cocok Anda konsumsi saat sahur. Segala manfaat yang terdapat pada kurma akan membantu puasa Anda lebih lancar.

Oatmeal

Menu untuk sahur lainnya adalah oatmeal. Mengonsumsi oatmeal saat sahur sangat baik. Alasannya karena oatmeal dapat menyerap asam lambung dan dapat menurunkan gejala maag, sehingga mengonsumsi oatmeal sangat cocok bagi Anda yang mengidap maag.

Oatmeal kaya dengan kandungan karbohidrat kompleks dan beta glucan. Beta glucan berperan dalam proses pencernaan, memperlambat laju makan dan membuat rasa kenyang bertahan lama. Jadi, dengan mengonsumsi oatmeal, kualitas kesehatan Anda akan tetap terjaga.

Dalam penyajiannya, oatmeal cenderung mudah dan praktis. Anda dapat mencampur oatmeal dengan buah-buahan, susu, yogurt, dan kacang-kacangan.

Pisang dan Selai Kacang

Menu lainnya yang juga sehat dan mengenyangkan adalah pisang dan selai kacang. Selai kacang yang dapat Anda nikmati dengan roti gandum akan memberikan efek yang mengenyangkan perut lebih lama sehingga di dalam menjalani puasa Anda tidak mudah lapar.

Apalagi jika selai kacang dipadukan dengan pisang yang mngandung kalium dan potassium. Kandungan ini berguna bagi tubuh Anda untuk menjaga cairan supaya tetap seimbang.

Beras Merah

Bila biasanya Anda mengonsumsi nasi putih ketika sahur, kali ini Anda bisa menggantinya dengan sekali-kali mengonsumsi nasi merah. Beras merah mempunyai manfaat yang jauh lebih banyak dan sehat bagi tubuh karena mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi.

Di dalam 100 gram beras merah terdapat 7.5 gram protein, 77.6 gram karbohidrat, 0.3 gram zat besi dan 0.9 gram lemak. Nasi ini bisa Anda kombinasikan dengan berbagai lauk supaya sahur Anda tetap terasa nikmat.

Sayur bening

Mengonsumsi sayur bening ketika waktu sahur dapat menenangkan perut Anda. Rasa hangat yang timbul dan lembutnya sayur bisa menambah mineral dan vitamin pada tubuh untuk bekal menjalani ibadah puasa kedepannya.

Cara membuatnya cukup mudah dan sederhana. Rebus air lalu masukkan bumbu berupa bawang putih, bawang merah, kencur, dan temu kunci. Setelah mendidih masukkan sayur bayam, tomat, dan juga jagung yang sudah Anda potong sesuai dengan selera.

Tempe Orek   

Menu untuk sahur selanjutnya adalah tempe orek. Menu ini tergolong murah meriah, dan berbahan dasar tempe, kecap, cabai merah, gula pasir, daun salam, dan cabai hijau. Cara membuatnya, Anda bisa menggoreng dahulu tempe hingga kering.

Lalu, masak bumbu untuk tempe, yakni cabai merah dan hijau, daun salam, bawang merah. Campur bumbu tersebut. Sesudahnya campur tempe dengan bumbu, tambahkan kecap manis dan gula sesuai selera Anda.

Tumis Tahu

Tahu merupakan bahan dasar makanan yang paling populer bagi masyarakat Indonesia. Bahan ini digandrungi karena mayoritas olahannya yang praktis dan mudah serta dijamin enaknya. Tahu dengan tekstur lembut dapat menjadi makanan sahur yang menggugah selera.

Gunakan tahu sutera atau tahu putih yang mempunyai kualitas bagus. Dalam pengolahannya, tahu dapat Anda potong kecil dan Anda goreng agak kering. Bila menyukai rasa gurih dan pedas, Anda bisa tambahkan saus tiram dan sedikit cabai pada tahu.

Ikan Berminyak

Terdapat banyak jenis ikan yang sangat dianjurkan supaya dikonsumsi ketika sahur untuk pengidap maag. Contohnya seperti ikan makarel, salmon, dan sarden.

Ikan-ikan ini mempunyai lemak dan omega 2 sehingga dapat mengurangi risiko maag. Selain itu, ikan-ikan berminyak ini memproduksi prostaglandin yang bisa membantu tubuh untuk melindungi lapisan usus dan lambung.

Telur Orak-arik menu

telur orak-arik adalah menu sahur yang praktis dan mudah. Cara pembuatannya tergolong mudah dan sederhana. Kocok telur dan tuang ke dalam wajan yang panas. Aduk secara pelan sampai menggumpal. Jangan terlalu kering, bila sekiranya sudah matang taburi merica bubuk dan garam.

Ayam Suwir

Bila Anda ingin menu makanan sahur mengenyangkan perut lebih lama, maka mungkin ayam suwir dapat menjadi pilihan menu. Ayam mengandung protein yang sangat tinggi sehingga dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Ongseng Sayur Tiram

Sayur merupakan makanan yang penting Anda konsumsi ketika puasa. Karena kandungan gizinya yang tinggi dan olahannya yang tidak terlalu susah, sayur bisa menjadi pilihan menu sahur Anda. Contohnya seperti mengonsumsi ongseng sayur yang terdiri dari wortel, jamur, sawi putih, brokoli, dan sawi hijau.