Menu Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa Selama Bulan Ramadhan

Reportasee.com – Menu sehat untuk sahur dan buka puasa selama Bulan Ramadhan sangat beragam. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, gizi dan energi dalam tubuh akan selalu terpenuhi.

saat melaksanakan ibadah puasa pada Bulan Ramadhan kita hanya makan dua kali dalam sehari. Yaitu saat sebelum subuh hingga datangnya waktu maghrib, sehingga tubuh lebih mudah merasa lemas.

Selain itu kekurangan cairan atau dehidrasi juga menjadi faktor  tubuh merasa lemas saat melakukan ibadah puasa. karena kita harus menahan haus dan juga lapan mulai dari waktu subuh hingga waktu maghrib.

Sehingga banyak orang yang menjadikan waktu berbuka puasa sebagai waktu balas dendam. Salah satunya dengan makan serta minum yang sembarangan.

Buka puasa umat Muslim dan Muslimah di Indonesia identik dengan gorengan dan makanan siap saji serta minuman dingin yang melengkapi. Dan kadang porsi makan saat berbuka lebih banyak dari biasanya tanpa memperdulikan jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Seharusnya kita lebih memperhatikan kebutuhan gizi dalam tubuh selama Bulan Ramadhan. Karena asupan gizi yang baik dapat menjaga stamina tubuh selama melaksanakan ibadah puasa.

Tetapi jika yang terjadi malah sebaliknya, tentu dapat berdampak buruk bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi menu yang sembarangan dapat memicu timbulnya suatu penyakit dalam tubuh.

Untuk mengatasi hal tersebut bagi umat Muslim atau Muslimah yang tengah menjalankan ibadah puasa bisa menggunakan jenis makanan atau minuman sehat untuk sahur dan berbuka puasa.

Ide Daftar Sahur Sehat

Biasanya umat Muslim atau Muslimah melakukan makan sahur waktu malam atau pagi hari. Waktu yang umumnya kita gunakan untuk tidur, sehingga lebih terbatas untuk mengkonsumsi makanan atau minuman.

Bukan berarti bisa sembarangan memilih menu untuk membuat perut menjadi kenyang. Berikut daftar makanan sahur yang sehat untuk tubuh :

Memilih mengkonsumsi sereal

Sereal termasuk makanan ringan yang baik untuk tubuh, dalam sereal terdapat kandungan serat yang tinggi. Bisa menambahkan susu untuk memakannya, dalam susu juga mengandung vitamin B dan juga kalsium.

Selain itu bisa juga menggunakan yoghurt sebagai opsi untuk melengkapi menu sereal atau juga bisa buah-buahan. Banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dalam yoghurt dan buah-buahan sehingga cocok sebagai menu sahut sehat.

Oatmeal

Pilihan menu sahur yang sehat selanjutnya adalah menggunakan oatmeal. Di dalam oatmel mengandung karbohidrat dan cairan.

Sehingga tubuh lebih berenergi dan tidak mengalami dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa. Selain itu kita juga dapat menambahkan buah-buahan segar atau biji-bijian sebagai topping.

Sehingga tubuh kita akan mendapatkan banyak suplai vitamin dengan memakan oatmeal dengan buah sebagai toppingnya.

Roti

Roti yang terbuat dari biji-bijian memiliki kandungan serat yang tinggi, serat sangat penting untuk memperlancar proses pencernaan dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi roti saat sahur, proses pencernaan selama beribadah puasa tidak akan terganggu. Sehingga dapat beraktivitas dengan nyaman dan tetap memiliki energi selama menjalankan ibadah.

Puding nasi

Sebagian besar masyarakat akan merasa ada yang kurang jika dalam menu makannya tidak ada nasi. Sehingga keberadaan nasi sangat penting untuk menambah nafsu makan dan membuat perut lebih kenyang.

Untuk alternatif makanan sahur yang sehat bisa menggunakan puding nasi dengan menambahkan buah segar sebagai pelengkap. Puding nasi ini tidak memiliki rasa asin atau pedas yang tajam sehingga aman dan nyaman di perut.

Inspirasi Menu Berbuka Puasa Yang Sehat

Selain menu sehat untuk sahur, ada juga menu sehat untuk berbuka puasa yang simpel. Sebagian orang memanfaatkan waktu berbuka puasa untuk balas dendam karena seharian telah berpuasa.

Sehingga porsi makan orang tersebut menjadi lebih banyak berkali-kali lipat dari biasanya. Tidak heran jika orang yang menjadikan waktu berbuka untuk balas dendam sebagai waktu makan sepuas-puasnya.

Bahkan tidak jarang mereka tidak memperdulikan jenis ataupun kandungan dari makanan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya obesitas dan juga tubuh mudah lemah atau sakit karena kekurangan nutrisi.

Meskipun telah menjalankan ibadah puasa seharian, tentu kita juga wajib memperhatikan makanan yang akan kita makan saat sahur maupun saat berbuka.

Dengan menjaga nutrisi dalam tubuh, maka tubuh kita akan selalu sehat dan fit menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh. Berikut daftar makanan atau minuman buka puasa yang sehat untuk tubuh :

Kurma

Berbuka puasa yang baik biasanya berbuka dengan mengkonsumsi yang manis-manis. Salah satunya dengan kurma yang menjadi ajaran sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Dan ajaran sudah banyak yang menggunakan hingga saat ini, karena kurma memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Di dalam kurma terdapat kandungan serat dan kalsium, selain itu kurma juga mengandung gula alami.

Sehingga energi dalam tubuh yang hilang saat menjalankan ibadah puasa dapat kembali dengan mengkonsumsi kurma.

Air putih

Berpuasa sehari penuh tanpa makan dan minum bisa membuat badan merasa lemas. Bahkan tubuh juga bisa mengalami dehidrasi akibat dari kurangnya cairan dalam tubuh.

Saat Bulan Ramadhan seperti ini air putih termasuk menu sehat untuk sahur dan berbuka puasa. Akan tetapi banyak orang yang tidak mengkonsumsi air putih dengan benar selama menjalankan ibadah puasa. Dengan banyaknya pilihan menu es yang segar membuat orang lebih tergiur.

Namun terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis tanpa mengimbangi dengan air putih tidak baik bagi tubuh. Salah satunya mudah mengalami dehidrasi dan merasa lemas saat menjalankan ibadah puasa.

Mengkonsumsi air putih yang baik adalah 8 gelas sehari, kita bisa minum air putih yang banyak saat sahur ataupun waktu berbuka. Bahkan lebih baik minum air putih lebih banyak saat berbuka karena memiliki jangka yang panjang menuju sahur.

Nasi

Tidak lengkap bukan jika makan tanpa nasi? Sebagian besar orang tidak bisa makan tanpa menggunakan nasi. Namun dengan memakan banyak nasi terutama nasi putih tidak baik untuk tubuh kita karena memiliki kandungan gula dan karbohidrat.

Untuk alternatif bagi pecinta nasi, bisa menggunakan nasi organik yang sehat yaitu nasi merah. Nasi merah organik tidak mengandung gula namun memiliki kandungan karbohidrat komplek.

Sehingga saat berbuka bisa merasa kenyang lebih lama dan juga aman untuk kesehatan tubuh. Bahkan penggunaan nasi merah sering kali digunakan untuk program diet.

Daging non lemak

Menu sehat untuk berbuka selanjutnya bisa menggunakan jenis makanan daging non lemak. Sumber protein yang lengkap salah satunya terdapat pada daging. Namun ada daging yang berlemak dan ada juga daging yang tidak berlemak.

Lemak tidak sehat bagi tubuh bisa menjadi faktor terserangnya penyakit atau bisa mengalami obesitas jika berlebihan. Untuk daftar makanan berbuka yang sehat lebih baik memilih daging yang tidak berlemak agar tubuh ternutrisi dengan baik.

Menu sehat untuk sahur dan berbuka puasa bisa menggunakan sayur, daging, ikan, serta buah-buahan segar. Sehingga selama menjalankan ibadah puasa badan tetap segar dan fit serta nutrisi dalam tubuh tetap tercukupi