Menu Buka Puasa Kesukaan Rasulullah SAW

Reportasee.com –  Buka puasa adalah hal yang ditungu-tunggu ketika sedang menjalankan ibadah puasa, baik puasa sunnah maupun puasa wajib seperti puasa ramadhan.

Rasullah SAW menganjurkan untuk segera berbuka puasa jika sudah masuk waktu berbuka puasa. Menyegerakan berbuka puasa adalah satu sunnah dalam berpuasa. Namun dalam berbuka puasa, Islam juga tidak serta merta membebaskan umat dapat berbuka dengan apa saja. Terdapat menu khusus yang di anjurkan oleh Rasulullah SAWA sebagai menu pembuka puasa.

Islam adalah Agama Rahmatan Lil alamin atau agama yang menjadi rahmat begi seluruh alam. Oleh karena itu islam akan mengatur seluruh umat hingga pada bagian kecil sekalipun seperti menu berbuka puasa. Apapun yang menjadi anjuran dalam islam dan hal ini di lakukan Rasulullah tidak pernah ada yang tidak memiliki tujuan. Bahkan tujuan dan manfaatnya bagi kesehatan dapat teruji secara Ilamiyah.

Berbuka Puasa dengan Kurma

Pada dasarnya Makan dengan berbuka puasa adalah hal yang berbeda. Berbuka puasa artinya membuka atau mengakhiri puasa. Berbuka puasa tidak selalu dengan makanan, bisa jadi dengan minum atau cemilan.

Terdapat dua menu utama yang di anjurkan Rasullah untuk berbuka puasa, yakni kurma dan air putih. Bahkan Rasulullah bersabda sebagaimana di riwayatkan oleh Tirmidzi: “Apabila kamu sekalian hendak berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka berbukalah dengan air putih karena ia suci”.

Kurma merupakan menu yang sangat baik untuk berbuka puasa.  Buah ini merupakan makanan pokok yang memiliki banyak kandungan dan sangat baik untuk tubuh, terumata bagian mata. Kurma sangat baik dan dapat menyegarkan mata serta rasa letih kurang energi karena berpuasa seharian.

Buah kurma ini mengandung glukosa yang dapat mengembalikan energi pada tubuh, sehingga sangat baik di konsumsi saat berbuka puasa.

Lalu menu kedua yang di anjurkan oleh Rasulullah yakni air putih, Air putih ini juga sangat di anjurkan lantaran ia bersifat suci. Tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak terasa. Air putih ini di anjurkan karena meskipun sifatnya tawar, air putih dapat memulihkan energi. Tubuh manusia 90 persen terdiri dari air, ketika sedang berpuasa cairan tubuh akan terserap menjadi energi. Oleh karena itu air sangat baik untuk mengembalikan tubuh yang dehidrasi.

Menu Buka Puasa Buah Favorit Rasulullah

Jika menu yang di anjurkan oleh rasulullah untuk di konsumsi ketika sedang berbuka puasa adalah kurma dan air putih. Lalu apa sajakah menu favorit Rasulullah yang Ia makan ketika melaksanakan buka puasa?

  1. Buah Kurma

Selain menjadi makanan yang di anjurkan Rasulullah untuk di konsumsi ketika berbuka puasa. Kurma juga menjadi makanan Favorit Rasulullah ketika berbuka puasa.

Rasulullah juga menyarankan kepada umat muslim saat berbuka puasa menyantap kurma dengan jumlah yang ganjil seperti 3, 5, 7 dan seterusnya. Hal ini juga bukan tanpa alasan. Ternyata menyantap kurma dengan jumlah ganjil dan genap memiliki tujuan yang berbeda dan kurma ganjil lebih di anjurkan untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi yang beragam dari buah kurma sangat baik untuk menggantikan energi pada tubuh dan memberikan rasa kenyang lebh lama. Selain itu rasa manis yang nikmat dan khas menjadikan siapa saja pasti menyukai buah ini.

  • Buah Anggur

Buah kedua yang menjadi menu favorit Rasulullah untuk berbuka puasa yakni anggur.  Anggur sendir memang memiliki sangat banyak manfaat bagi tubuh.

Anggur mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh kita akan tetap kuat menjalankan ibadah puasa

Perihal rasa, buah berwarna ungu rasanya tidak perlu untuk di ragukan lagi. Anggur memiliki Rasa yang menis dengan sedikit asam karena kandungan vitamin C nya oleh karena itu buah sangat di sukai oleh banyak orang.

Buah-buahan yang dianjurkan Rasulullah Untuk berbuka

  • Buah Labu

Selain Kurma dan Anggur Rasulullah juga sangat menyukai buah labu. Rasullah memakan labu ketika berbuka puasa karena manfaatnya yang sangat banyak. Labu mengandung air hingga sebanyak 97 persen dimana jika kita memakannya sebagai menu buka puasa, kandungan air pada labu akan terserap dengan baik pada tubuh kita dan bermanfaat untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

  • Buah delima

Delima sering kali disebut sebagai buah surga. Bahkan Allah dalam Al-Quran menyatakan bahwa buah-buahan yang terdapat di surga di antaraya yaitu buah kurma dan buah delima. Buah delima juga menjadi makanan kesukaan Rasulullah SAW.  Rasullah sendiri menganjurkan untuk berbuka puasa dengan memakan buah delima. Bahkan buah delima ini juga baik di makan hingga kulitnya.

Delima memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga sangat baik digunakan sebagai santapan menu buka puasa. Dengan memakan buah delima energi anda akan segera terpenuhi kembali.

  • Buah Tin atau buah Ara

Buah tin juga menjadi menu berbuka puasa kesukaan Rasulullah SAW. Sebagaimana di riwayatkan oleh abu Darda RA, Nabi Muhammad SAW pernah memakan buah Tin atau buah Ara ini lalu beliau bersabda bahwa buah tin merupakan buah surga tanpa biji.

Hal ini bukan tanpa alasan. Ternyata buah Tin ini memiliki sejumlah nutrisi yang dapat mengobati sembelit pada perut, Penyakit usus, Penyakit lambung, dan dapat memperlancar haid. Melihat khasiatnya yang sangat baik, maka buah ini cocok menjadi menu berbuka puasa.

  • Buah Zaitun

Buah zaitun adalah buah yang sangat berkhasiat bagi tubuh. Bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwa minyak zaitun sangat di anjurkan untuk di gunakan sebagai lauk makanan. Rasulullah juga berkata bahwa buah Zaitun ini merupakan buah yang penuh berkah karena berasal dari pohon yang juga di berkahi.

Menu Buka puasa Hasil Hewani Kesukaan Rasulullah

  1. Madu

Setelah Kurma makanan selanjutnya yang menjadi menu Favorit Rasulullah yakni Madu. Manfaat dari madu ini sudah tidak perlu di ragukan lagi. Bahkan dalam Al-Quran sampai di sebutkan bahwa madu merupakan obat bagi umat manusia sebagai Firmannya dalam surat An-Nahl ayat 68-69 yang artinya:

“Dan Rabbmu telah mengilhamkan kepada lebah untuk membuat sarang-sarang di bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat buatan manusia. Kemudian makanlah tiap-tiap macam buah dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah di mudahkan bagimu. Lalu dri perut lebah itukeluar madu yang bermacam-macam warnanya. Di Dalamnya terdapat obat yang dapat menyembuhkan manusia. Sesungguhnya yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Rabb bagi kalian yang berfikir”

  • Susu

Susu merupakan salah satu produk hasil hewani yang sangat disukai Rasullah.  Bahkan susu bukan hanya menjadi menu pembuka puasa akan tetapi susu juga menjadi menu sahur kesukaan Rasulullah SAW. Kandungan Protein, Kalsium, serta Vitamin yang terdapat pada susu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa.