Peran LG Dalam Industri Smartphone Sebelum Hengkang

0
30
Peran LG Dalam Industri Smartphone Sebelum Hengkang
Foto : canggih.id

Reportasee.com – Peran LG dalam industri smartphone sebelum hengkang awal April 2021 sangat inovatif. LG mengumumkan secara resmi untuk mundur dari persaingan ketat di pasar smartphone.

Dengan kata lain LG tidak akan membuat atau memasarkan smartphone terbaru lagi di masa mendatang. Sebagai salah satu pioner, LG sudah berperan banyak dalam memperkenalkan ponsel canggih ke dunia.

Produsen LG sudh banyak memperkenalkan berbagai produk terbaru dan inovatif pada Industri smartphone. Akan tetapi produsen LG sudah merugi hingga bertahun-tahun akibat gagal menghadirkan smartphone yang sesuai dengan minat konsumen.

Sehingga pengumuman yang mengabarkan tentang hengkangnya LG dari bisnis smartphone tidak lagi menjadi kabar yang mengejutkan bagi masyarakat.

Meskipun begitu produsen ini sudah menciptakan banyak produk baik smartphone ataupun elektronik lainnya. Namun cukup sayang dalam bidang ponsel canggih LG gagal bersaing dengan produsen lain yang mungkin ikut menggunakan inovasi dari LG sendiri.

Produsen elektronik ini memang sangat berpengaruh dalam inovasi dunia smartphone. Bahkan banyak pihak yang sudah mengakui kemampuan dari produsen ini. Adapun beberapa inovasi yang diperkenalkan oleh LG sebagai berikut.

Kontribusi LG Memperkenalkan Ponsel Layar Sentuh

Kehadiran fitur layar sentuh menjadi hal yang sempat menghebohkan industri smartphone pada tahun 2007. Apple secara resmi meluncurkan Iphone sebagai generasi pertama yang menggunakan fitur layar sentuh ini.

Peran LG dalam industri smartphone sebelum hengkang termasuk inovatif saat Apple meluncurkan Iphone. Banyak masyarakat yang tidak menyangka bahwa produsen LG mampu menghadirkan ponsel dengan fitur layar sentuh.

Padahal saat itu para produsen lain hanya membekali papan ketik QWERTY atau T9 pada ponsel. Kedua jenis papan ketik ini yang berfungsi untuk  input teks serta tombol navigasi fisik.

Baca:  Video Syur Anak SD dan SMP di Tasikmalaya Jabar Viral

Sebelum meluncurkan Iphone, produsen ini sempat memperkenalkan LG Prada pada tahun 2006. Namun produk tersebut kurang populer di masyarakat karena banderol harga yang terbilang mahal dari LG Prada.

Peranan LG Menghadirkan Layar Ganda Ponsel

LG kembali berinovasi dengan menghadirkan ponsel dengan layar ganda pada ponsel sebagai layar utama dan juga layar sekunder.

Peluncuran teknologi layar ganda ini sebagai bukti perjuangan LG dalam bisnis smartphone meskipun sudah merugi. Dengan meluncurkan LG G50 ThinQ dan G8X ThinQ sebagai inovasi baru dari produsen LG tahun 2019.

LG Dual Screen atau nama lain dari layar ganda menggunakan panel P-OLED pada layar berukuran 6,8 inci. Layar sekunder merupakan aksesoris yang berfungsi bagi pengguna untuk memperluas bidang layar.

Selain itu kehadiran layar sekunder yang terhubung  ke layar utama dapat berfungsi sebagai flip cover. Sehingga layar ganda ini sangat cocok untuk berbagai keperluan seperti gaming, multi tasking, dan lain sebagainya.

Andil  Membuat Ponsel Dengan Layar Melengkung

Tahun 2014, LG mengawali penggunaan panel melengkung dengan meluncurkan LG G Flex. LG merancang ponsel berukuran 6 ini ini dengan layar melengkung dari bagian atas hingga bagian bawah ponsel.

Penggunaan desain melengkung pada ponsel bertujuan untuk memberikan kemudahan pada konsumen saat melakukan panggilan telepon. Dengan begitu ponsel akan lebih mudah dan nyaman  menempel di wajah.

Hingga saat ini banyak produsen yang bersaing dalam menciptakan ponsel yang menggunakan layar tekuk atau lipat. Bahkan inovasi pada layar ini tidak mungkin bisa terwujud jika LG tidak mempelopori untuk pertama kali.

Sebuah peran LG dalam industri smartphone sebelum hengkang yang sangat bermanfaat. Dengan menggunakan desain lipat atau tekuk pada layar membuat perangkat lebih fleksibel serta praktis untuk dibawa kemana saja.

Baca:  Pantai Terbaik di Dunia yang Wajib Anda Kunjungi

Menghadirkan Ponsel Dengan Layar Putar

Setelah meluncurkan LG Dual Screen, setahun kemudian LG kembali menghadirkan LG Wing. LG Wing merupakan ponsel yang menggunakan dua layar tetapi tidak menggunakan LG Dual screen.

LG Wing memiliki dua layar yang dapat memutar pada salah satu layarnya. Bahkan salah satu layar tersebut dapat memutar hingga 90 derajat.

LG Wing mempunyai tampilan yang sama seperti smartphone lainnya saat tidak memutar layar sekunder pada ponsel atau basic mode. Namun LG Wing terlihat lebih tebal bila membandingkan dengan smartphone lain.

Layar utama memiliki ukuran 6,8 inci dengan menggunakan panel P-OLED sedangkan layar sekunder berukuran 3,9 inci, layar sekunder dari LG Wing menggunakan panel OLED. Pada layar utama menggunakan lapisan thermoplastic untuk melindungi layar dari goresan.

Selain itu LG juga menggunakan beberapa peredam hidrolik pada layar sekunder. Penggunaan peredam pada layar sekunder berguna untuk mengurangi tekanan saat memutar ponsel ke atas. Sehingga ponsel membentuk huruf “T” atau akan terlihat seperti “Sayap”.

Penggunaan Kamera Ultra Wide Pertama

LG juga berperan dalam mempopulerkan penggunaan kamera ultra wide pada smartphone. Kamera ultra wide merupakan kamera yang memiliki bidang pandang biasa atau lebih luas.

Banyak smartphone yang sudah menggunakan kamera ultra wide saat ini. Hal ini sebagai salah satu wujud inovasi LG yang sangat berpengaruh dalam bisnis smartphone. Karena tanpa LG menghadirkan kamera jenis ini, belum tentu smartphone lain dapat mengetahui juga.

Peran LG dalam industri smartphone sebelum hengkang sangat banyak dan inovatif, salah satunya dengan memperkenalkan kamera selfie ganda.

Dalam kamera selfie ganda tersebut terdapat pula kamera ultra wide, resolusi dari kamera ultra wide sangat beragam. LG mulai menerapkan inovasi ini pada tahu 2015 melalui LG V10. Sehingga dengan menggunakan kamera ultra wide sudut pandang foto lebih luas.

Baca:  Aplikasi Canggih Menggunakan Teknologi Deepfake

Ponsel Modular Pertama

LG juga menciptakan ponsel modular pertama tahun 2016 dengan meluncurkan LG G5. Kita dapat membongkar atau memasang modul dari ponsel ini.

Menjadi inovasi terbaru dari produsen LG dengan menghadirkan smartphone modular yang dapat dibongkar atau dipasang. Karena kita tidak dapat membongkar atau memasang modul pada smartphone merek lain.

Pada smartphone modular kita dapat melihat baterai dari ponsel dengan cara menarik dagu ponsel hingga copot.  Bahkan modul ini dapat berfungsi untuk menghubungkan ponsel dengan aksesoris lain seperti pegangan kamera atau baterai ekstra.

Meskipun LG berusaha menghadirkan inovasi baru, namun inovasi ini tidak populer di pasaran smartphone. Bahkan inovasi ini kurang berpengaruh bagi perusahaan lain untuk menciptakan produk yang serupa.

Fitur Audio Yang Mendukung

Tiap produsen smartphone biasanya membekali speaker yang menggunakan software atau teknologi yang bagus . dengan begitu maka smartphone yang beredar dapat menghasilkan suara yang enak dan jernih.

LG pun juga membekali smartphone ciptaannya dengan fitur audio yang bernama Quad-DAC. Produsen ini pertama kali menyematkan fitur audio Quad-DAC pada LG V20 yang rilis tahun 2016.

Fitur ini dapat menghasilkan kualitas suara yang sangat bagus, tidak heran banyak orang yang terkesima saat mendengar. Inovasi ini juga sangat berpengaruh pada produsen lain untuk menyematkan fitur audio yang mumpuni pada smartphone keluaran mereka.

Peran LG dalam industri smartphone sebelum hengkang akan sangat bermanfaat dan terus berkembang. Banyak inovasi baru keluaran LG yang sangat berpengaruh bagi produsen lain untuk berlumba-lomba menciptakan produk serupa.