32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaMengetahui, Mengenal, dan Memahami Tentang Minyak Bumi

Mengetahui, Mengenal, dan Memahami Tentang Minyak Bumi

Pada zaman yang sudah maju seperti sekarang ini, kendaraan bermotor merupakan salah satu hal yang penting bagi semua orang. Saat anda memiliki kendaraan, anda akan dengan mudah berpergian kemanapun. Namun, ketersediaan kendaraan umum sekarang telah semakin meningkat pesat tetapi tetap saja jika anda memiliki kendaraan sendiri. Kendaraan baik roda empat atau pun roda dua dapat sangat membantu. Nah, untuk kendaraan bisa berjalan maka butuh bahan bakar. Bahan bakar ini berasal dari minyak bumi yang telah terolah dengan baik.

Tidak seluruh alat transportasi mempunyai kebutuhan bahan bakar yang sama. Sekarang ini hampir seluruh kendaraan harus melalui proses efisiensi bahan bakar secara optimal. Salah asatu solusi untuk mengatasi semakin berkurangnya minyak bumi yaitu dengan penemuan – penemuan kendaraan dengan bahan bakar baterai, sinar matahari, dan masih banyak sumber lain yang sedang para peneliti kembangkan. Berikut adalah penjelasan mengenai paham minyak bumi, agar anda dapat mengenal, memahami, dan mengetahui tentang minyak bumi.

Asal Usul Minyak Bumi                                                  

Kebutuhan terhadap minyak bumi seperti tak dapat tergantikan, hampir semua kegiatan yang terjadi membutuhkan sumber daya. Minyak bumi telah menjadi salah satu sumber daya yang sangat manusia butuhkan. Bayangkan saja apabila manusia menghambur – hamburkan pemakaian minyak bumi dan mengakibatkan minyak bumi habis sebelum para peneliti menemukan alternative yang cocok untuk menggantikan minyak bumi.

Minyak bumi berasal dari dasar tanah tetapi beberapa jenis minyak bumi ada yang berasal dari permukaan tanah maka proses penggalian tidak perlu berlangsung. Proses ekstraksi minyak bumi melalui beberapa tahapan. Tahapan – tahapan ini perlu pelaksanaan dengan seorang professional karena memiliki aturan tertentu.

Minyak bumi terbentuk dari berbagai macam organisme yang mati dalam tanah dan terdegradasi selama ribuan tahun. Organisme yang di maksud yaitu seperti makhluk hidup, macam – macam alga, bahkan plankton yang telah mati terkubur dalam tanah. Minyak yang telah terambil kemudian melalui proses pengolahan dan akhirnya dapat menghasilkan bermacam – macam kebutuhan bahan bakar yang berbeda – beda dan membantu kehidupan manusia sehari – hari.

Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

Beberapa negara mempunyai sumber daya alam yang melimpah ruah. Sebagian besar negara yang kaya akan minyak bumi adalah negara yang kaya dan maju sehingga rakyat nya pun makmur. Minyak merupakan salah satu bahan bakar yang mahal, maka dari itu setiap negara selalu memperjuangkan potensi keberadaan minnyak bumi pada negaranya masing – masing. Beberapa Negara yang telah menjadi penghasil minnyak bumi terbesar meliputi:

United States of America

Amerika merupakan negara adidaya dan menjadi salah satu penghasil minyak bumi terbesar. Sampai sekarang, Amerika mampu menghasilkan 19 juta barel minyak setiap harinya dan berhasil menempati peringkat ke-19 sebagai negara penghasil minyak mentah terbesar dunia. Meskipun minyak mentah Amerika sering sekali menjadi sumber impor negara lain, tetapi mereka tetap memiliki cadangan minyak yang besar.

Saudi Arabia

Arab Saudi adalah negara yang berpenghasilan utama dari produksi minyak mentah dengan jumlah yang cukup besar. Arab mampu memproduksi sebanyak 11 juta barel minyak per hari dan berada pada peringkat nomor 2 sebagai negara penghasil minyak terbesar dunia. Penghasilan utama Arab berasal dari minyak maka jika penjualan minyak mentah berkurang negara ini bisa chaos secara ekonomi.

Baca:  Cara Melacak Nomor HP untuk Mencari Keberadaan Seseorang
Russia

Kemudian ada Rusia yang sebagai negara penghasil minyak terbesar nomor 3 dunia. Bukan hanya minyak, Rusia juga adalah negara penghasil gas bumi terbesar yang produksinya telah ter ekpor ke seluruh penjuru dunia. Selama sehari, Rusia dapat memproduksi minyak sama seperti Arab yaitu 11 juta barel.

Baca:  Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh
Canada

Kanada termasuk ke dalam salah satu negara yang menyimpan banyak cadangan minyak bumi. Dalam sehari Kanada dapat menghasilkan minyak hingga mencapai 5 juta barel setiap hari. Negara ini menjadi negara penyumbang minyak dunia sebesar 5%.

China

China merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak dunia, namun bukan hanya penduduknya saja yang banyak. Melainkan jumlah minyak bumi nya pun banyak sekali. China bisa memproduksi minyak hingga 4 juta barel setiap hari dan menjadi penyumbang sekitar 4% dari keseluruhan jumlah penghasil minyak di dunia.

Kegunaan Minyak Bumi Pada Kehidupan Sehari – Hari

Kehidupan sehari – hari penuh dengan kebutuhan minyak bumi. Berikut adalah beberapa contoh sederhana kegunaannya yang perlu anda tahu:

Bagi Kendaraan

Kendaraan yang masih beroperasi dengan mesin konvensional butuh bahan bakar minyak yang berasal dari olahan minyak bumi. Meski memang secara perlahan kendaraan telah upgrade ke kendaraan dengan mesin listrik, tetapi lebih dari 70% kendaraan yang tersedia sekarang masih memakai minyak bumi sebagai sumber tenaga utamanya.

Pestisida

Pestisida berfungsi untuk melindungi tanaman yang dari berbagai jenis hama dan serangga pengganggu lainnya. Penggunaan pestisida termasuk kedalan kegiatan hal yang berbahaya. Namun, jika tidak menggunakan pestisida, hama akan menghabisi tanaman milik anda.

Terdiri dari campuran sendiri kadar minyak yang membuat larutan dapat menempel dan meghasilkan aroma yang tidak serangga dan hama sukai. Tanpa campuran minyak, pestisida tidak akan ampuh penggunaannya.

Keperluan Sekolah

Berbagai keperluan sekolah pun membutuhakan minyak bumi agar dapat terproduksi denga baik. Contohnya bolpoint, crayon dan bermacam – macam alat tulis lain. Alat tulis membutuhkan minyak sebagai bahan campuran supaya alat tulis bisa digunakan dengan baik.

Perlengkapan Rumah Tangga

Memiliki peran utama sebagai bahan utama dalam membuat bermacam – macam perlengkapan rumah tangga. Salah satu contoh kebutuhannya yaitu bagi perlengkapan rumah tangga yang berbahan dasar plastik.

Keperluan Medis

Banyak sekali macam – macam peralatan medis yang proses pembuatannya memanfaatkan minyak bumi. Contoh peralatannya yaitu alat injeksi atau suntikan terbuat dari plastik dan juga campuran minyak bentuk yang di hasilkan sesuai dengan spesifikasi.

Pemanas Ruangan

Bila tinggal pada daerah dingin maka anda membutuhkan sebuah alat untuk dapat memanaskan ruangan. Alat pemanas ruangan tradisional masih menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya. Maka dari itu saat mendekati musim gugur, sudah banyak keluarga yang menyiapkan minyak untuk dapat  menjadi bahan bakar pemanas ruangan.

Peralatan Elektronik

Peralatan elektronik yang tersedia biasanya menggunakan minyak dalam proses pembuatannya. Umumnya produk dengan bungkus kemasan plastik, pada sisi itu minyak bertujuan sebagai campuran utama pada proses membuat plastik yang melindungi peralatan elektronik.

Pembuatan Kosmetik

Kosmetik yang penggunaannya untuk wajah ternyata merupakan hasil olahan minyak bumi juga. Minyak bumi menjadi salah satu campuran yang terkandung dalam kosmetik. Minyak membuat kosmetik dapat mempunyai bentuk dan warna mengkilap nan indah yang membuat penggunanya menjadi lebih cantik dan percay diri saat menggunakannya.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer