32 C
Indonesia
Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBeritaMembudidayakan Bibit Ikan Sidat yang Menguntungkan

Membudidayakan Bibit Ikan Sidat yang Menguntungkan

Reportasee.com – Membudidayakan bibit ikan sidat yang menguntungkan tentu saja lebih mudah jika sudah mengetahui cara yang benar. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara eksploitasi Ikan Sidat agar bisa menguntungkan.

Bagi yang berminat untuk memelihara ikan sidat bisa dengan mengetahui terlebih dahulu jenis dari ikan ini untuk bisa menerapkan cara memeliharanya kemudian. Untuk eksploitasi ikan ini tidak memerlukan modal yang besar serta bisa melakukannya di rumah.

Apakah Ikan Sidat Itu?

Ikan sidat merupakan jenis ikan yang memiliki bentuk tubuh memanjang dan juga memiliki sirip di bagian samping tubuhnya. Bahkan bentuk ikan ini hampir menyerupai ikan belut. Akan tetapi ikan ini tergolong ke dalam ikan Angguillidae.

Ikan Anguillidae berasal dari laut utara Negara Jepang, sehingga kita bisa menjumpai ikan jenis ini dalam jumlah banyak disana. Memiliki hasil ikan yang bayak, Jepang megimpor ikan ini ke berbagai negara di dunia termasuk ke Indonesia.

Tetapi impor ikan sidat mulai berkurang setelah terjadi krisis nuklir di jepang. Hal tersebut berakibat terjadinya pencemaran terhadap laut di Jepang yang membunuh ekosistem Ikan Sidat yang hidup di laut. Padahal Permintaan konsumen untuk ikan jenis Anguillidae sedang melonjak saat itu.

Mungkin sudah ada beberapa orang yang tahu tentang ikan Angguillidae ini dan apa kegunaannya. Biasanya orang yang gemar memasak suka mengolah ikan sidat menjadi berbagai jenis hidangan yang lezat ataupun bahan dasar makanan lainnya.

Selain bisa menjadi hidangan yang lezat, ikan ini bisa menjadi bisnis dengan membudidayakan bibit Ikan Sidat yang menguntungkan. Sudah banyak yang berhasil mendapatkan keuntungan besar dengan memelihara ikan Anguillidea ini.

Cara Membudidayakan Ikan Sidat

Semenjak Jepang mengurangi kapasitas impor ikan Anguillidae, masyarakat sedikit sulit untuk mendapatkan ikan ini.bahkan harga ikan ini juga cukup mahal karena keterbatasan stok yang ada. Oleh karena itu banyak orang yang belajar memelihara ikan sidat sekarang.

Ingin budidaya ikan sidat  agar menguntungkan? Untuk mendapatkan bibit ikan Anguillidae ini kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke Negara Jepang. Karena sudah banyak penjual offline maupun online di Indonesia yang menjual bibit ikan ini.

Untuk cara memelihara ikan jenis Anguillidae ini juga cukup mudah dengan cara yang tepat dan benar seperti berikut:

Mempersiapkan Kolam ikan

Kolam yang menjadi tempat memelihara ikan sidat bisa mempergunakan terpal, tanah, ataupun beton sesuai kemampuan. Ikan jenis ini bisa hidup di berbagai tempat, sehingga lebih memudahkan untuk membuat tempat. Akan tetapi dalam membuat kolam ikan sidat perlu memperhatikan beberapa hal:

  • Jenis Bahan Kolam

Ikan Anguillidae termasuk ikan yang sangat sensitif dengan perubahan habitatnya dan juga menyukai habitat yang alami. Sehingga banyak yang menggunakan kolam terpal atau beton untuk membudidayakan ikan Anguillidae ini serta agar lebih mudah mengontrol ekosistem.

  • Suhu Kolam Ikan

Dalam membuat kolam ikan Anguillidae kita juga perlu memperhatikan mengenai suhu kolam sebelum memakainya untuk budidaya. Cukup dengan mengoptimalkan suhu sekitar 28⁰ – 32⁰C. Untuk ikan elver biasanya menggunakan suhu 29⁰ – 32⁰C sedangkan glass eel 28⁰ – 31⁰C.

  • Tingkat Ph Air Kolam

Tingkat Ph air yang optimal sekitar 7-8, tingkat pH yang mendekati normal  dapat memaksimalkan dalam membudidayakan bibit ikan sidat yang menguntungkan.

  • Kandungan Oksigen

Ikan sama seperti manusia yang memerlukan oksigen untuk bernafas demi kelangsungan hidupnya. ikan Sidat juga memerlukan kadar oksigen >5mg/L agar dapat tumbuh dengan baik. Oksigen merupakan bagian terpenting dalam memelihara ikan Anguilla.

Memilih Bibit Ikan Sidat Terbaik

Untuk bisa mendapatkan bibit ikan jenis ini yang terbaik memang cukup sulit. Karena belum banyak orang yang bisa mengembang biakkan ikan jenis ini. Selain itu menghasilkan ikan ini hanya bisa bergantung pada hasil tangkapan alam saja atau pengepul yang berjualan di media sosial.

Menyediakan Pakan Ikan yang Sesuai

Ikan sidat sangat memerlukan makanan untuk bisa tumbuh menjadi besar dengan baik. Biasanya menggunakan pakan alami seperti cacing sutra dan plankton selama pendederan. Untuk masa pembesaran bisa menggunakan pakan buatan seperti pelet atau pasta.

PakaN alami plankton bisa tumbuh dalam perairan kolam dengan optimal dengan menggunakan 6ml/m³ Suplemen Organik Cair GDM. Penggunaan suplemen ini setiap seminggu sekali dengan menaruhnya di air.

Pemberian pakan pada bibit ikan ini bisa dilakukan 2 kali sehari, pagi 40% dan pada malam hari sebanyak 60% sesuai biomassa bobot ikan sekitar 2%-4% biomassa bobot.

Pendederan Bibit Ikan Sidat

Dalam membudidayakan bibit ikan sidat yang menguntungkan perlu menggunakan 2 tahap pendederan yaitu, tahap glass eel dan kemudian tahap elver. Penggunaan cara dalam setiap tahap pendederan berbeda-beda.

Pada tahap 1 atau tahap glass eel, tubuh ikan masih kecil dan juga transparan. Dalam tahap ini kita perlu menggunakan kolam fiberglass dengan kapasitas 500 liter untuk menebar bibit 20 ekor/liter. Dengan membutuhkan masa memelihara sekitar 45-50 hari hingga 500 ekor/liter.

Sedangkan tahap 2 atau tahap elver, tubuh sidat sudah sedikit besar dengan umur sekitar 3 bulan. Pada tahap ini biasanya menggunakan sistem resirkulasi 30% setiap hari saat mengganti kolam ikan sidat.

Pembesaran Bibit Ikan Sidat

Setelah melewati masa pendederan, bibit ikan Anguillidae ini akan masuk ke dalam masa pembesaran. Dalam masa ini biasanya memakai kolam pembesaran sampai bobot 2-3 ekor/kg atau usia konsumsi ikan. 

Masa pembesaran ikan membutuhkan pakan buatan berupa pelet dengan kadar protein minimal 40%. Padat tebar dalam kolam pembesaran sekitar 5 ekor/M², dan penggantian air kolam dilakukan setiap 3 hari sekali.

Tahap Panen Ikan Sidat

Setelah ikan Anguillidae sudah besar mencapai ukuran 180-200 gram/ekor,maka kita bisa memanen ikan serentak satu kolam atau bisa satu per satu ikan. 

Untuk memanen ikan satu per satu bisa menggunakan cara dengan memancing ikan dengan pakan. Atau mengurangi air kolam agar bisa memanen semua ikan sekaligus,

Keuntungan Membudidayakan Ikan Sidat

Membudidayakan bibit ikan sidat yang menguntungkan sama seperti membudidayakan ikan lain.akan tetapi memelihara ikan jenis Anguillidae ini tentu lebih menarik dan menguntungkan. Hanya ada 2 negara yang dapat mengimpor ke pasaran menjadi salah satu faktor menarik dalam memelihara ikan ini.

Negara China dan Vietnam menjadi negara pengimpor ikan jenis Anguillidae terbesar, namun hasil impor kedua negara tersebut belum bisa memenuhi lonjakan permintaan dari pasar. Sehingga menjadi kesempatan untuk kita berbisnis ikan sidat di Indonesia,

Dan juga belum banyak yang bisa membudidayakan ikan ini dengan baik sehingga kita bisa menjual ikan ini dengan harga yang sedikit mahal dari pasaran untuk kualitas yang terbaik.

Memulai bisnis dengan membudidayakan bibit ikan sidat yang menguntungkan tentu lebih tepat dan mudah. Cukup dengan memperhatikan cara memeliharanya dengan baik dan tepat untuk hasil ikan yang berkualitas.

TERKAIT
- Advertisment -

TERBARU

Aktris Natasha Wilona Rela Potong Rambut Demi Peran di Serial Dikta & Hukum

Reportasee.com - Aktris Natasha Wilona beberapa waktu lalu mengungkapkan totalitasnya demi peran...

Trending di Twitter, Sinopsis Serial Dikta & Hukum

Reportasee.com - Serial Dikta & Hukum merupakan tayangan baru yang hadir di...

Tutup Sumur Resapan di Kawasan Lebak Bulus Ambles, Padahal Pembangunan Selesai Bulan Lalu

Reportasee.com - Sumur resapan tepatnya di bagian tutup yang terletak di Jalan...

Alexia Putellas Raih Penghargaan Pesepak Bola Wanita Terbaik di Ballon D’or 2021

Reportasee.com - Alexia Putellas merupakan kapten Barcelona yang baru saja memenangkan penghargaan...

Awkarin Dilamar Saat Ulang Tahun, Sempat Mengira Prank dan Menangis Haru

Reportasee.com - Awkarin atau memiliki nama asli Karin Novilda membagikan kabar bahagia...