Masalah pada Keyboard Laptop yang Sebabkan Macet

Berita Viral

Pernahkan Anda mengalami ketika sedang mengerjakan sesuatu di laptop, tiba-tiba keyboard bermasalah dan sampai macet? Pasti sangat menjengkelkan. Masalah pada keyboard laptop ini sering terjadi dan dapat mengganggu pekerjaan Anda.

Kejadian ini bisa terjadi pada semua merk laptop, termasuk laptop yang memiliki spesifikasi canggih tidak akan terhindar dari penyakit keyboard satu ini.  Penyebab dari masalah ini bisa bermacam-macam. Oleh karena itu, kenali dulu masalah-masalah yang bisa menyebabkan keyboard laptop mengalami macet.

Menekan Acak Keyboard Laptop

Kebiasaan buruk kita kadang tanpa sadar juga mempengaruhi performa dari laptop. Contohnya adalah dengan menekan keyboard secara acak. Dengan melakukan hal tersebut menyebabkan keyboard laptop akan error dengan menampilkan huruf yang tidak sesuai dan bisa menjadikan keyboard akhirnya macet.

Sebaiknya Anda tidak menekan atau memainkan keyboard laptop secara acak apalagi dalam waktu bersamaan. Sehingga keyboard terhindar dari error dan tidak akan mengalami macet ketika Anda gunakan untuk mengetik naskah.

Keyboard Kotor dan Berdebu

Masalah pada keyboard laptop yang bisa menyebabkan error atau macet selanjutnya yaitu mengenai kebersihan keyboard. Laptop yang setelah digunakan tidak ditutup atau dibiarkan begitu saja setelah dipakai rawan untuk cepat kotor dan berdebu.

Keyboard yang kotor dan berdebu lama kelamaan jika Anda biarkan akan error pada beberapa tuts yang terdapat kotoran menumpuk. Karena berdebu dan akhirnya macet, ketika Anda menekan keyboard pada tuts tersebut tidak akan menampilkan apapun di layar.

Ketika sudah terdapat tanda-tanda beberapa keyboard yang tidak berfungsi karena kotor, jangan panik. Anda bisa melakukan pengecekan manual pada keyboard apakah ada debu-debu yang menumpuk pada sela-sela keyboard? Jika ada, bersihkan menggunakan kuas yang halus.

Jika setelah menggunakan kuas tetap tidak bisa menjangkau, harus Anda buka keyboardnya, dan ini harus Anda bawa ke servis laptop karena harus bongkar mesin. Atau jika belum sempat, cukup restart laptop saja untuk solusi jangka pendeknya. Tetapi setelah itu harus tetap Anda bersihkan keyboardnya .

Konektor Longgar

Kemungkinan penyebab keyboard macet juga bisa karena konektor pada keyboard yang sudah longgar. Hal ini bisa karena konektor tidak sengaja tergeser ketika Anda membawa atau meletakkan laptop tidak hati-hati.

Solusinya untuk hal ini yaitu karena konektor berada di bagian luar dari laptop, maka untuk membersihkannya dan meletakkannya pada posisi sebelumnya harus dengan membongkar keyboardnya. Agak sulit jika Anda sebelumnya belum pernah membongkar laptop.

Menekan Shortcut Senbarangan

Anda biasa menggunakan shortcut untuk mempercepat dalam melakukan sebuah perintah menggunakan keyboard? Cara ini memang mempermudah, tapi mulai sekarang, anda harus lebih hati-hati, karena jika Anda keliru dalam menekan tombol bisa berpengaruh pada fungsi keyboard.

Kombinasi shortcut seperti shift, alt, ctrl, dan fx pada keyboard kadang bisa berfungsi mematikan keyboard laptop anda. Hal ini tanpa sengaja bisa menyebabkan keyboard macet tampa Anda sadari. Pengaturan ini berbeda pada setiap laptop, karena kegunaannya juga berbeda-beda.

Terjadi Kerusakan pada Driver Keyboard

Driver yang sudah tidak sinkron dengan keyboard bisa menjadi salah satu penyebab masalah pada keyboard laptop dan dapat menyebabkan keyboard sampai macet. Kenapa bisa terjadi? Hal ini karena Anda mengubah pengaturan tertentu di laptop dan berpengaruh pada keyboard Anda.

Masalah ini bisa terselesaikan jika Anda mengupdate driver keyboard. Update ini dapat Anda lakukan melalui device manager. Caranya yaitu, pertama buka start, kemudian ketik device manager pada pencarian windows, kemudian buka driver keyboard, klik kanan lalu pilih update driver.

Terjadi Kesalahan saat melakukan pengaturan

Masalah ini hampir mirip dengan kerusakan pada driver keyboard. Tetapi ini bisa saja mempengaruhi komponen sistem yang terdapat pada laptop Anda. Hal ini pengaruhnya bisa lebih kompleks karena bisa merubah kinerja laptop secara keseluruhan.

Jika hal ini terjadi, maka Anda dapat melakukan restore windows. Tujuan dari perlakuan ini adalah untuk mengembalikan pengaturan yang Anda gunakan pada waktu tertentu, sehingga dapat kembali pada pengaturan windows terutama pada pengaturan keyboard.

Kerusakan yang Tidak Diketahui penyebabnya

Jika tiba-tiba keyboard macet dan setelah Anda amati tidak pasti penyebabnya, maka Anda dapat mematikan laptop Anda terlebih dahulu. Kemudian lepaskan baterai laptop untuk beberapa saat. Kemudian tekan tombol power selama 1 menit, lalu laptop dapat Anda hidupkan kembali.

Itulah beberapa penyebab adanya masalah pada keyboard laptop dan bisa sampai menyebabkan macet. Jika anda sudah melakukan beberapa solusi yang diberikan, tetapi keyboard tetap macet dan Anda belum sempat membawa ke servis, maka Anda bisa menggunakan keyboard virtual yang tersedia.

Cara untuk menggunakan keyboard virtual adalah dengan klik start, kemudian ketik on-screen keyboard.Nanti akan muncul aplikasi on-screen keyboard, kemudian klik buka aplikasi, dan aplikasi tersebut sudah bisa anda pakai. Semoga dengan solusi ini dapat mempermudah Anda dalam penggunaan keyboard.

Berita Terbaru