32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaManfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Banyak Sekali

Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Banyak Sekali

Tubuh sealalu membuhkan nutrisi yang baik sebagai asupannya. Nutrisi bisa didapatkan dari makanan sehat yang mengalami pengolahan tanpa mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Hal ini dapat diperoleh dari telur rebus. Kandungan di dalamnya membuat manfaat telur rebus sangat beragam bagi kesehatan.

Telur rebus merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling mudah ditemui. Hampir setiap masyarakat mampu mendapatkan telur untuk dapat dikonsumsinya. Manfaat mengonsumsi telur rebus akan berdampak baik bagi kesehatan. Berikut sederet manfaat yang bisa dihasilkan.

Sumber Energi yang Baik

Energi dari tubuh tentu saja berasal dari makanan. Saat makanan mulai masuk proses pencernaan oleh tubuh, di situlah proses penyerapan gizi dan nutrisi mulai terjadi. Makanan yang telah tercerna akan lebih mudah untuk diambil nutrisinya bagi tubuh.

Selanjutnya, nutrisi tersebut berguna untuk tubuh dalam berbagai hal. Selain untuk memenuhi asupan gizi dalam setiap organ, nutrisi ini berperan penting dalam sistem kerja tubuh. Hal ini berkaitan dengan energi. Makanan dapat menjadi sumber energi yang baik dengan adanya proses metabolisme dalam tubuh.

Proses metabolisme merupakan salah satu dari sekian banyak proses koordinasi dalam tubuh untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Metabolisme membutuhkan sumber makanan dengan bantuan oksigen sebagai bahan bakar oksidasi.

Hasil dari proses ini adalah energi yang dapat berguna bagi manusia untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Anda dapat memanfaatkan telur rebus sebagai sumber energi yang baik. Hal ini karena telur rebus kaya akan protein, kalsium, vitamin dan mineral. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh

Menjaga Kesehatan Otot, Tulang dan Gigi

Selain protein, telur rebus mengandung kalsium, kalium, kolin, dan fosfor. Kandungan ini sangat tepat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh terutama otot, tulang, dan gigi. Ketiga komponen organ ini membutuhkan cukup banyak asupan protein dan kalsium untuk menjaga kesehatannya.

Mengonsumsi telur rebus dalam jumlah yang pas dapat membantu Anda terhindar dari kerusakan tulang dan gigi secara dini. Hal ini karena tubuh telah mendapatkan asupan nutrisi berupa kalsium, protein, dan zat besi dengan baik melalui kandungan telur rebus.

Organ tulang misalnya, perlu mendapatkan kalsium secara kontinu untuk menghindarkannya dari osteoporosis. Hal ini bisa Anda dapatkan dari manfaat telur rebus. Mengonsumsinya dalam takaran yang tepat tidak akan menimbulkan gangguan berbahaya bagi kesehatan.

Menghindarkan Anemia

Anemia atau kurang darah berbeda dengan situasi darah rendah. Kondisi darah rendah berkaitan dengan tekanan darah dalam tubuh per detik, sedangkan anemia adalah kondisi di mana tubuh sedang mengalami kekurangan sel darah merah.

Baca:  SIMAK UI, Seleksi Masuk Kampus Nomor Satu di Indonesia

Sel darah merah atau eritrosit memiliki masa umur 120 hari. Selanjutnya eritrosit yang telah melebihi masa umur akan mengalami perombakan. Proses ini tejradi di hati. Dalam proses perombakan sel darah merah perlu adanya asupan zat besi yang tinggi agar dihasilkan sel darah merah yang melimpah.

Baca:  Vaksin Corona, Perusahaan yang Bersaing Membuatnya

Kandungan zat besi yang melimpah ini bisa Anda dapatkan dalam porsi telur rebus. Nutrisi zat besi akan terserap oleh tubuh untuk selanjutnya berfungsi dalam proses perombakan eritrosit.

Melancarkan Peredaran Darah

Seperti pada manfaat telur rebus sebelumnya, mengonsumsi telur rebus dapat menghindarkan anemia. Jika jumlah darah dalam tubuh dalam kondisi baik, maka peredaran darah dalam tubuh akan lancar.

Zat besi dan kalium yang terkandung dalam telur rebus dapat menjadi asupan yang tepat dalam proses peredaran darah. Gangguan semacam darah yang menggumpal atau kurang darah tidak akan terjadi. Anda akan terhindar dari gangguan semacam itu jika mengonsumsi telur rebus dalam jumlah yang benar.

Menjegaka Kesehatan Rambut dan Kulit

Rambut dan kulit perlu Anda jaga kesehatannya karena membantu memberikan kesan goodlooking jika keduanya sehat. Kesehatan rambut dan kulit bisa didapat karena tubuh ternutrisi dengan vitamin D dan kalium.

Kedua nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dalam telur rebus. Manfaat telur rebus selain untuk organ dalam, juga sangat membantu untuk kesehatan organ luar tubuh seperti rambut dan kulit.

Dapat Menjadi Asupan Diet Sehat

Sumber makanan yang bisa didapatkan di sekitar sangat melimpah. Hal ini menjadikan manusia perlu mengatur pola makannya agar membentuk diet yang sehat. Hal ini akan menghindarkan manusia dari kelebihan kandungan nutrisi.

Meski nutrisi sangat penting bagi tubuh, kelebihan kandungan nutrisi juga akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Hal tersebut dapat dilihat dalam fenomena obesitas, penderita kolesterol, asam urat, hingga diabetes.

Anda dapat menghindarinya dengan menerapkan pola makan yang sehat. Bentuk pola makan yang sehat dapat terbentuk dengan mengatur porsi diet yang seimbang. Telur rebus dapat Anda jadikan dalam list diet sehat. Asupan makanan satu ini memiliki jumlah protein yang tepat untuk nutrisi harian tubuh.

Kandungan protein yang melimpah dalam telur rebus membuatnya lebih lama mengalami pencernaan. Hal ini sangat cocok dan membantu Anda dalam mengurangi porsi nasi. Anda akan mudah kenyang dalam waktu cukup lama dengan mengonsumsi dua telur rebus setiap pagi.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer