32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaManfaat Sereh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Sereh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Selama ini kita sering menemui sereh hanya digunakan sebatas untuk penyedap rasa masak. Namun, sesungguhnya sangat banyak manfaat lain dari tanaman ini yang jarang diketahui, termasuk dalam bidang kesehatan. Berikut akan dibahas mengenai manfaat sereh untuk kesehatan.

Obat Flu dan Batuk

Flu dan batuk merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Terlebih di masa perubahan musim virus penyebab flu dan batuk lebih mudah menyerang kekebelan tubuh Anda. Untuk mengobati sakit ini seringkali Anda mungkin mengandalkan obat kimia.

Padahal sesungguhnya sereh bisa Anda gunakan untuk pengobatan alami dan alternatif dalam mengatasi flu dan batuk ini. Dalam hal ini, cara mengolah sereh begitu mudah. Cukup merebus sereh dengan air sampai mendidih. Anda bisa langsung meminumnya setelah dingin.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebelum sakit menyerang, alangkah lebih baiknya jika Anda melakukan pencegahan. Salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kebal, baik virus, bakteri, kuman, dan penyebab penyakit lainnya akan sulit memasuki tubuh Anda.

Salah satu cara mudah untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh yaitu dengan mengonsumsi ramuan sereh. Tumbuhan ini banyak mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas tersebut sendiri dapat menjadi sumber penyakit.

Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Bagi Anda yang sedang kekurangan sel darah merah, sebaiknya mulai mengonsumsi sereh. Pasalnya salah satu manfaat sereh untuk kesehatan adalah bisa meningkat kadar sel darah merah. Ini bisa terjadi karena mengonsumsi sereh dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Meredakan Nyeri dan Sakit Gigi

Mungkin Anda pernah mengalami nyeri otot karena kecapekan atau sakit gigi karena gigi berlubang. Tanaman sereh ternyata juga memiliki sifat analgesik yang artinya bisa meredakan nyeri. Karena itu, sereh ini bisa Anda konsumsi sebagai obat saat mengalami nyeri otot atau sakit gigi.

Selain itu, sereh juga dapat membantu penyembuhan nyeri menstruasi pada perempuan. Tak jarang di saat menstruasi tiba, perempuan akan mengalami nyeri hebat di bagian perut, kram, kembung, atau rasa panas. Rebusan air sereh bisa dicoba untuk mengatasi ini.

Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

Tak hanya untuk meredakan nyeri menstruasi, sereh juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi menstruasi yang tak lancar. Beberapa perempuan mengalami masa menstruasi yang tidak lancar. Ini bisa terjadi akibat pengaruh hormon dan tingat stres.

Namun tak perlu khawatir jika Anda mengalami yang ini. Anda bisa mencoba rebusan air sereh yang dicampur dengan temulawak, kencur, dan bangle untuk diminum.

Baca:  Laskar Garuda Bersatu Kalbar Bagikan Paket Sembako

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa terjadi pada siapa saja karena berbagai alasan. Untuk membantu menurunkan tekanan darah, Anda bisa mencoba dengan minum air sereh.

Baca:  iNose C-19, Alat Deteksi Covid-19 Melalui Bau Keringat Ketiak

Air sereh mengandung kalium tinggi yang mana bisa membuat produksi urine dalam tubuh meningkat. Hal ini kemudian bisa merangsang sirkulasi darah dan akhirnya tekanan darah bisa stabil atau turun.

Detoksifikasi Tubuh

Manfaat sereh untuk kesehatan berikutnya yaitu sebagai detoksifikasi tubuh. Tingginya kandungan kalium dalam sereh membuat volume cairan dan urine Anda meningkat. Ini akan membuat Anda sering mengeluarkan urine.

Ini juga karena sereh bisa memberikan efek diuretik pada ginjal, yang membuat ginjal terangsang untuk mengeluarkan urine. Sering mengeluarkan urine, bisa membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsi dari ginjal itu sendiri.

Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang mencari cara diet alami tanpa obat, sebaiknya Anda mencoba sereh. Pasalnya batang sereh memiliki kandungan polifenol yang bisa meningkatkan keluarnya oksidasi lemak dan energi. Dengan terbakarnya lemak, bisa membantu menurunkan berat badan.

Anda bisa mengonsumsi sereh setiap hari untuk hasil yang maksimal. Cara pengolahannya cukup mudah. Tinggal merebusnya dengan air sampai mendidih, kemudian meminumnya saat sudah dingin.

Mengurangi Risiko Kanker

Ada banyak tanaman atau ramuan alami yang bisa mengobati atau mencegah terjadinya kanker, dan salah satunya adalah sereh.

Pada sereh terkandung citral yang mempunyai sifat antikanker. Jadi, rebusan sereh juga baik untuk Anda konsumsi guna mencegah atau mengurangi risiko mengalami penyakit kanker.

Mengurangi Rasa Cemas

Sereh memiliki aroma khas yang menyengat jika dimasak atau direbus sebagai minuman. Bagi sebagain orang aroma sereh ini seperti aropa terapi saat mereka hirup. Karena itulah, ini bisa menghilangkan stres atau kecemasan yang mereka hadapi.

Meningkatkan Kesehatan pada Mulut

Area mulut tentu selalu Anda perhatikan, karena lewat area ini kita bisa bicara dan menunjukkan ekspresi. Orang tua zaman dahulu sering mengunyah sereh mentah-mentah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan gigi serta mulut.

Untuk saat ini pun Anda masih bisa memanfaatkan sereh guna menjaga kesehatan mulut Anda. Tak perlu mengunyah mentah, Anda bisa mengolahnya dengan merebus atau menjadikan teh sereh.

Demikian beberapa manfaat sereh untuk kesehatan yang belum banyak diketahui. Ternyata sangat banyak kegunaan sereh dalam bidang kesehatan. Anda bisa memanfaatkan sereh sebagai tanaman obat selain sebagai penyedap rasa saja.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer