32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaManfaat Asuransi Bagi Masyarakat

Manfaat Asuransi Bagi Masyarakat

Reportasee.com – Manfaat asuransi tentunya banyak dalam memberikan perlindungan terhadap hal yang tidak diinginkan terjadi.

Asuransi termasuk hal yang penting Anda miliki untuk kenyamanan dan keselamatan Anda dalam berbagai aspek kehidupan.

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Lantas, apa saja manfaat dari asuransi? Berikut ini adalah kegunaan dari asuransi berdasarkan jenisnya masing-masing.

Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi ini untuk orang yang menanggung kerugian finansial tak terduga akibat risiko kematian ataupun risiko hidup terlalu lama. Penggunaan asuransi jiwa bisa bermanfaat bagi masyarakat pemegang polis mengganti program Jaring Pengaman Sosial (JPS) pemerintah.

Selain itu, manfaat asuransi jiwa mampu menjaga stabilitas masyarakat, serta menjadi salah satu sumber keuangan.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Produk asuransi jenis ini akan memberikan manfaat kepada pemegang polis dengan jaminan biaya kesehatan maupun perawatan saat terjadi kecelakaan dan jatuh sakit.

Asuransi kesehatan ini menjamin ketersediaan dana yang Anda butuhkan untuk membiayai kebutuhan kesehatan Anda beserta keluarga selaku pemegang polis.

Jatuh sakit atau kecelakaan bukanlah suatu kejadian yang bisa direncanakan dan sama sekali tidak ada orang yang menginginkan hal itu terjadi.

Namun kita juga tidak bisa memprediksi hal apa yang akan terjadi ke depannya dan bagaimana dampaknya terhadap hidup kita.

Hal inilah yang menjadi perhatian khusus bagi penyedia layanan jasa asuransi untuk membantu masyarakat dalam memberikan jaminan kesehatan seperti biaya rawat inap serta biaya operasi.

Manfaat Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan bermanfaat untuk mengganti rugi kerusakan pada kendaraan Anda jika terjadi suatu risiko akibat kecelakaan, pembobolan, dan kerugian lainnya terhadap kendaraan Anda.

Produk asuransi ini bisa Anda beli secara terpisah atau bisa langsung bersamaan dengan pembelian kendaraan. Asuransi kendaraan manfaatnya berfokus pada kendaraan yang Anda miliki

Manfaat Asuransi Kepemilikan Rumah Dan Properti

Asuransi kepemilikan rumah dan properti penting Anda miliki untuk memproteksi aset berharga Anda. Manfaat dari asuransi ini memberikan jaminan kepada para pemegang polis untuk menjaminkan rumah dan properti milik Anda.

Saat ini, aset penting berupa rumah, kantor, dan gedung tentunya harus mendapatkan proteksi yang lebih. Dengan mendaftarkan asuransi pada aset berharga, maka Anda mendapat jaminan dari pihak asuransi jika terjadi musibah yang menyebabkan rusak atau hilangnya aset berharga milik Anda tersebut.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan memberikan solusi bagi Anda yang memiliki anak untuk masa depan pendidikannya. Dengan memiliki asuransi ini, Anda mendapat jaminan biaya pendidikan hingga tingkat kuliah.

Namun, hal ini bergantung pada produksi asuransi pendidikan yang Anda pilih untuk masa depan sang anak.

Asuransi pendidikan ini juga bisa membantu para orangtua dalam mempersiapkan diri terhadap inflasi biaya pendidikan setiap tahunnya.

Pada umumnya, asuransi ini sudah memperhitungkan risiko serta faktor kenaikan biaya pendidikan.

Baca:  Makanan Penyebab Demam Tinggi Saat Sakit

Manfaat Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis juga penting bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis atau usaha. Dengan asuransi bisnis ini, aset Anda akan terproteksi dan jika terjadi kerugian besar dalam bisnis maka ditanggung oleh pihak asuransi.

Beberapa proteksi aset di dalam asuransi ini antara lain risiko pencurian, bencana alam, kebakaran, kecelakaan, dan risiko kerugian lainnya yang masuk ke dalam proteksi asuransi.

Baca:  Sajian Khas Paskah dari Berbagai Negara

Setiap risiko bisnis yang muncul pasti menimbulkan suatu kerugian, baik itu kerugian skala kecil maupun besar.

Jika Anda memiliki asuransi bisnis, maka kerugian Anda otomatis akan dialihkan kepada pihak perusahaan asuransi. Anda juga bisa tetap menjalankan bisnis tanpa perlu memikirkan kerugian perusahaan dari beralihnya tanggungan.

Pada arus kas perusahaan tentunya lebih stabil karena terbebas dari risiko besar saat terjadi suatu bencana.

Asuransi bisnis bermanfaat untuk melindungi aset penting milik bisnis Anda. Dengan memanfaatkan proteksi asuransi, maka otomatis tanggung jawab akan beralih ke perusahaan asuransi, baik itu berupa kerusakan hingga kehilangan barang.

Manfaat Asuransi Umum

Jika Anda memiliki asuransi umum, Anda dapat terhindar dari berbagai kerugian atau mampu menekan kerugian seminimal mungkin saat terjadi risiko yang tak terduga.

Ada berbagai macam risiko kerugian yang mungkin Anda hadap seperti kebakaran, kerusakan, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Manfaat Asuransi Kredit

Asuransi kredit ini bertujuan untuk melindungi tertanggung dari risiko gagal bayar oleh debitur atau orang yang melakukan pinjaman.

Adapun keuntungan dari asuransi kredit ini antara lain pembayaran sisa kredit atau pinjaman tanpa tunggakan dan pembayaran bunga dari pembayaran sisa kredit atau pinjaman ditambah tunggakan.

Selain itu, pembayaran bunga maksimal 3 bulan dari pembayaran kredit atau pinjaman di awal (full limit).

Manfaat Asuransi Kelautan

Asuransi kelautan juga memberikan kegunaan yang cukup penting yakni polis asuransi laut atau pengangkutan menjamin kerugian akibat kejadian yang kebetulan datang dari luar.

Tak hanya itu, polis asuransi juga akan menyebutkan risiko yang dijamin, jika kerugian terjadi akibat dari risiko tersebut, maka pihak asuransi akan memberikan penggantian.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan mampu memberikan berbagai jenis ganti rugi saat Anda sedang bepergian. Kegunaan dari asuransi perjalanan ini untuk risiko terjadinya keterlambatan perjalanan (delay), risiko kecelakaan, biaya pengobatan akibat kecelakaan, dan kehilangan atau kerusakan bagasi.

Secara umum, biasa asuransi ini bisa Anda beli bersamaan dengan pembelian untuk tiket pesawat, kapal, ataupun kereta api.

Asuransi perjalanan ini hanya berfungsi selama dalam kondisi perjalanan saja, sehingga tidak berlaku jika Anda tidak melakukan suatu perjalanan.

Itulah beberapa manfaat asuransi yang terdapat di Indonesia berdasarkan jenis untuk kebutuhan masyarakat terhadap jaminan dan perlindungan pribadi dan aset berharga.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer