Manfaat Buah Pir Cegah Osteoporosis dan Anti Kanker

0
39
manfaat buah pir
ilustrasi manfaat buah pir (foto: net)

Reportasee.com – Manfaat buah pir sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh Anda. Selain rasanya begitu yang manis dan menyegarkan, buah pir juga kaya akan kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Mengonsumsi buah pir juga baik dalam mengatasi sejumlah penyakit tertentu.

Buah pir ini populer juga dengan sebutan yaitu bernama pear. Tumbuhan yang tergolong dalam genus Pyrus ini banyak terdapat pada daerah kawasan tropis, mulai dari Asia, Eropa Barat, sampai Afrika Utara.

Dari balik rasanya yang menyegarkan, ternyata buah ini memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan sangat baik untuk tubuh Anda. Kandungan nutrisi pada buah pir antara lain protein, karbohidrat, dan serat.

Tak hanya itu saja, buah pir juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B, C, E, serta K, kalsium, seng, zat besi, dan fosfor. Buah ini memang mengandung banyak air yang baik untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Buah-buahan memang menjadi jenis makanan yang sangat baik untuk Anda konsumsi setiap hari. Salah satunya adalah buah pir yang memiliki nutrisi yang baik untuk mencegah beberapa gangguan kesehatan.

Sejauh ini belum ada informasi efek samping dari mengonsumsi buah pir bagi kesehatan tubuh. Namun, jika konsumsi apa pun secara berlebihan, tentunya tidaklah baik kesehatan.

Nah, berikut ini merupakan beragam manfaat buah pir untuk kesehatan yang penting Anda ketahui.

Baca:  Polisi Virtual Resmi Beroperasi, Polri Patroli Medsos di Indonesia

Menangkal Radikal Bebas

Saat ini radikal bebas saat ini sudah semakin merajalela, bahkan tak bisa kita hindari begitu. Keberadaan radikal bebas umumnya bisa berasal dari asap rokok, asap pabrik, ataupun dari asap kendaraan sehingga menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat.

Agar Anda bisa mencegah serta mengatasi paparan radikal bebas, maka sangat penting bagi ANda untuk menutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satunya Anda bisa memanfaatkan buah pir untuk Anda konsumsi secara berkala.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat buah pir selanjutnya yaitu mampu mencegah terjadi pengeroposan tulang atau osteoporosis. Kandungan kalsium serta mineral lainnya yang terdapat dalam buah ini bisa mengatasi gangguan tulang. Kalsium sangatlah penting untuk memperkuat tulang Anda sehingga bisa membantu dalam mencegah osteoporosis sejak dini.

Hal yang menarik, buah ini juga terdapat kandungan boron yang bermanfaat untuk melancarkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Dengan kandungan kalsium dan mineralnya yang beragam, buah pir ini bermanfaat untuk menguatkan bagian struktur tulang.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah pir hijau juga bermanfaat untuk membantu melancarkan gangguan pencernaan. Karena itu, jika Anda sedang mengalami sembelit atau gangguan BAB maka Anda bisa mengonsumsi buah manis ini.

Bukan hanya itu, buah menyegarkan ini juga mengandung banyak air yang manfaatnya mampu mencegah dehidrasi. Kandungan mineralnya yang banyak membuat buah ini bisa menghilangkan dehidrasi pada tubuh.

Baca:  Laptop Gaming 10 Jutaan Dengan Spek Tingkat Dewa

Gangguan pencernaan tentunya bisa meningkatkan adanya risiko dehidrasi. Sehingga dengan konsumsi buah ini maka mampu mengatasi beberapa masalah sekaligus.

Melegakan Tenggorokan

Manfaat buah pir berikutnya yakni khasiatnya yang bisa melegakan tenggorokan maupun sesak napas. Tenggorokan yang terasa kering atau serak pasti sering terjadi, hal ini tentu bisa Anda atasi dengan konsumsi buah ini.

Terlebih lagi saat udara kering yang masuk sering membuat pernapasan dan tenggorokan sedikit terganggu. Anda juga bisa konsumsi buah ini dengan cara membuat jus untuk mengatasi gangguan sesak napas sehingga mampu melegakan pernapasan.

Mencegah Gangguan Jantung

Manfaat buah pir ternyata juga sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Dengan mengonsumsi ini membantu meluruhkan kolesterol yang ada dalam pembuluh darah.

Tentu saja hal ini bermanfaat karena bisa membantu Anda dalam mencegah timbulnya beragam penyakit yang berhubungan dengan adanya kolesterol. Gangguan penyakit tersebut seperti penyakit jantung, aterosklerosis, serta gangguan  jantung lainnya.

Sejumlah penelitian pun menemukan bahwa kandungan yang terdapat dalam buah pir hijau ini bisa menurunkan risiko penyakit stroke sebesar 30 persen. Karena itu, mengonsumsi buah pir ini sangat baik bagi jantung sehingga penting Anda konsumsi.

Baik Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat buah pir juga sangat penting untuk ibu hamil maupun yang sedang menyusui. Hal ini karena buah ini banyak memiliki kandungan asam folat sangat vital untuk membantu menjaga janin di dalam kandungan serta kesehatan ibunya. Manfaat dari asam folat ini mampu mencegah risiko terjadinya bayi lahir cacat.

Baca:  Palalangon Park Bandung Jabar, Destinasi Wisata Seru

Selain itu, pir  mengandung hypoallergenic serta asam yang rendah yang bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui. Konsumsi buah pir secara rutin bisa memberikan nutrisi yang tepat untuk kebutuhan sang ibu dan anaknya.

Mencegah Kanker

Di dalam buah pir hijau juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat tersebut juga terdapat manfaat lainnya yakni dapat membantu dalam mengikat zat karsinogenik dan membuangnya dari tubuh.

Apalagi buah ini juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Karena itu, buah pir yang berjenis hijau ini jika kita konsumsi secara rutin bisa membantu untuk mencegah masalah serta penyakit kanker.

Bahkan orang yang sudah menopause atau rentan alami masalah kanker serviks juga bisa mengonsumsi biji dari buah pir hijau untuk mendapatkan manfaatnya.

Itulah beberapa manfaat penting dari buah pir untuk kesehatan tubuh. Rasanya yang memang manis dan menyegarkan tentunya bisa menjadi camilan sehat dan menyenangkan.

Jika perlu Anda perlu konsumsi buah ini secara rutin dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.