32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaDaftar Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

Tubuh membutuhkan berbagai jenis nutrisi agar proses metabolisme berjalan lancar serta kesehatan tetep terjaga. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelancaran metabolisme adalah kolagen. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

Kolagen sendiri adalah salah satu protein yang berfungsi sebagai penyusun jaringan tubuh  manusia serta bagian dari stuktur organik untuk membangun gigi, tulang, dan kulit. Kolagen bisa diproduksi sendiri oleh tubuh dan ada yang berasal dari makanan. Lalu, makanan apa saja yang mengandung kolagen? Simak uraiannya berikut ini.

Daging Ayam

Pada daging ayam mentah sering ada semacam selaput yang terdapat antara bagian tubuh unggas tersebut. Selaput ini biasanya terdapat pada bagian leher dan tulang rawan ayam. Selaput tersebut sebenarnya merupakan jaringan ikat yang mengikat antar organ ayam.

Jaringan ikat ini merupakan bagian daging ayam yang banyak mengandung kolagen. Daging ayam pada bagian ini biasanya sering dikonsumsi dan digunakan sebagai obat untuk penyakit sendi atau perawatan radang sendi. Hal ini karena pada bagian tubuh ayam tersebut banyak terdapat kandungan kolagen.

Ikan

Ikan laut adalah makanan yang mengandung kolagen cukup tinggi. Seperti Anda ketahui, kolagen sendiri merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh. Ikan adalah salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi, termasuk juga kolagen.

Jenis ikan yang banyak mengandung protein adalah salmon, tuna, dan makarel. Ketiga jenis ini memiliki kandungan asam lemak omega-3. Kandungan nutrisi ini berfungsi melindungi selaput lemak yang mengelilingi kulit. Selaput ini yang berfungsi untuk menjaga struktur kulit agar tetap terlihat kencang, sehingga daging ikan baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Putih Telur

Telur juga merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan protein. Bagian telur yang mengandung protein tinggi terletak pada putihnya. Pada bagian putih telur terdapat zat asam amino yang sangat bagus untuk pembentukan kolagen guna memenuhi kebutuhan tubuh.

Jika bahan makanan hewani lainnya seperti daging ayam, memiliki jaringan ikat yang berfungsi untuk mengikat jaringan atau antar organ, tidak demikian pada telur. Akan tetapi, meskipun telur tidak memiliki jaringan ikat, bahan makanan ini banyak mengandung kolagen. Mengonsumsi olahan telur secara rutin memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Buah Jeruk

Buah jeruk juga merupakan salah satu makanan yang mengandung kolagen. Mungkin terdengar aneh, karena selama ini bahan makanan yang banyak mengandung kolagen biasanya mempunyai protein. Di samping itu bahan makana yang mengandung kolagen biasanya bersumber pada produk hewani.

Baca:  HP Xiaomi Ultra Wide, Spesifikasi Canggih Cocok untuk Pecinta Fotografi

Jeruk sendiri merupakan jenis buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Jeruk manis, lemon,  limau, grapefruit adalah contoh buah yang mempunyai kandungan sangat tinggi vitamin C. Menurut penelitian, vitamin C ternyata memiliki peran besar dalam pembentukan kolagen di dalam tubuh.

Baca:  HP Terbaru Samsung Apa Sajakah? Simak Disini

Vitamin C merupakan sumber kolagen alami yang diperlukan oleh tubuh. Fungsi dari vitamin C sendiri adalah berperan dalam produksi atau pembentukan pro-kolagen, yaitu sebagai prekursor kolagen untuk tubuh. Jadi, buah yang mengandung vitamin C juga sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Buah Beri

Beri juga merupakan buah yang tinggi kandungan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C pada jenis buah beri, lebih tinggi daripada yang terdapat pada jeruk. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C biasanya jenis buah beri sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Karena beri juga banyak mengandung vitamin C, maka buah ini juga memiliki peran yang besar untuk membantu pembentukan kolagen di dalam tubuh. Itu artinya, mengkonsumsi buah beri seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry penting untuk pembentukan kolagen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bawang Putih

Siapa sangka bumbu dapur ini ternyata juga merupakan bahan makanan yang banyak mengandung kolagen. Untuk mendapatkan fungsi bawang putih sebagai pembentuk kolagen cukup dilakukan dengan cara mengkonsumsinya secara teratur dan tidak perlu dalam jumlah yang berlebihan.

Bawang putih sendiri memang kaya akan kandungan sulfur. Di dalam tubuh, sulfur ini berfungsi sebagai trace mineral yang berguna untuk mensintesa protein. Dengan terbentuknya sintesa protein ini akan bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan kolagen di dalam tubuh.

Akan tetapi dalam mengkonsumsi bawang putih tidak boleh Anda lakukan secara berlebihan. Hal ini karena mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan bisa menyebabkan sakit perut, mual, dan mulas. Selain itu, mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan bisa menyebabkan pendarahan. Efek ini akan berakibat fatal terutama bagi yang mengkonsumsi obar pengencer darah.

Meskipun zat ini bisa terproduksi sendiri oleh tubuh, tetapi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen tetap sangat bagus. Hal ini karena makanan tersebut bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Manfaat lainnya adalah bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan kolagen yang terjadi lebih cepat.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer