Ini Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa Setiap Hari

Saat memasuki bulan ramadhan, makanan akan sangat terlihat begitu menggiurkan. Banyak orang yang kalap untuk menyantap segala makanan ketika berbuka puasa. Namun perlu diingat, bila dikonsumsi berlebihan akan memicu gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa makanan sehat untuk berbuka yang bisa jadi rujukan.

Kurma

Buah kurma merupakan buah yang berasal dari wilayah Mediterania, Timur Tengah. Namun kepopulerannya tidak hanya di Timur Tengah saja, namun di Indonesia. buah kurma menjadi makanan andalan mayoritas masyarakat Indonesia ketika berbuka puasa.

Kurma merupakan makanan yang sehat untuk Anda konsumsi ketika berbuka puasa, karena mengandung mineral dan kalsium.

Kandungan gulanya juga alami sehingga dapat menjadi penawar asam lambung setelah berpuasa. Dalam agama Islam, anjuran mengkonsumsi kurma di bulan puasa sebanyak 3 kali dalam sehari.

Bila Anda bosan mengonsumsi kurma hanya dengan langsung Anda makan, Anda bisa membuatnya menjadi infused water. Kurma mengandung fruktosa yang bila buahnya Anda rendam akan bercampur dengan air. Ketika fruktosa tersebut sudah bercampur dengan air, akan terjadi fermentasi.

Madu

Madu menjadi makanan sehat untuk berbuka selanjutnya karena kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat berguna untuk mencegah penyakit kanker dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Madu sangat bagus dan merupakan rekomendasi sebagai makanan yang sehat untuk berbuka puasa.

Madu juga mempunyai manfaat dalam memperlancar metabolisme tubuh setelah seharian penuh berpuasa dan juga memperlancar sistem pencernaan Anda. Mengonsumsi madu sebelum makan makanan berat akan menyeimbangkan berat badan karena nafsu makan terkontrol.

Buah-Buahan Segar

Buah-buahan segar seperti papaya, semangka, apel, pir merupakan buah yang mengandung gula alami. Gula alami bermanfaat untuk menambah energi yang seharian terkuras karena berpuasa, dan menambah cairan tubuh, vitamin, dan mineral.

Mengonsumsi buah-buahan dalam berbuka puasa sangat sehat daripada dengan mengonsumsi makanan-makanan manis lainnya yang mengandung gula tinggi seperti kue manis atau es krim.

Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu menu makanan sehat untuk berbuka. Kacang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak. Kandungan vitamin E, asam lemak, mineral, dan omega 3 bisa mengurangi stress sekaligus memberikan gizi yang baik bagi tubuh.

Kacang yang bisa Anda konsumsi ketika berpuasa contohnya seperti kacang almond. Almond merupakan kacang yang paling populer di seluruh dunia. Ia mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi seperti lemak sehat, antioksidan, mineral, dan vitamin.

makanan sehat ini dapat membuat Anda cepat merasa kenyang tanpa harus menambah kalori yang sangat banyak.

Kuning Telur

Kuning telur mengandung asam amino dan protein yang bisa memperbaiki sel otot yang rusak setelah seharian penuh beraktivitas tanpa terhidrasi. Pengolahan pada kuning telur akan lebih baik jika untuk Anda tidak menyajikannya dalam hidangan yang mengandung banyak garam atau pedas.

Hal ini karena bila berbuka puasa mengonsumsi garam, ini bisa mengakibatkan tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan. Namun, bukan berarti tidak boleh sama sekali. Anda masih bisa menggunakannya secukupnya dan sesuai selera keluarga.

Sup

Pada umumnya sup dinikmati dalma kondisi yang hangat sehingga makanan ini ramah terhadap kondisi lambung setelah melakukan puasa. Selain itu, sup juga mengandung nutrisi yang tinggi karena terbuat dari bahan-bahan yang sehat seperti kaldu ayam, sayur-sayuran, kacang merah, dan lain-lainnya.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah ketika berbuka puasa yakni mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Bukan hanya buah dan sayuran, tapi karbohidrat kompleks dan protein seperti daging, ikan, ayam, dan lain-lainnya.

Setelah berpuasa penuh selama sehari, wajar bila Anda ingin memanjakan diri dengan memakan makanan yang enak. Namun usahakan mengonsumsinya dalam porsi yang kecil sehingga kualitas kesehatan Anda akan tetap terjaga selama bulan puasa.

Susu

Susu merupakan minuman yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Seperti susu kaya dengan kandungan proteinnya dan kalsium yang tinggi. Oleh karena itu susu sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Oatmeal

Oatmeal mempunyai kandungan yang kaya oleh serat dan bisa membuat rasa kenyang datang lebih cepat. Hal ini menjadi pilihan yang bagus jika Anda juga melakukan diet pada bulan puasa.

Tambahkan oatmeal dengan campuran buah-buahan seperti pisang, melon, madu, dan susu yang lendah lemak dalam penyajiannya. Tentu kandungan buah-buahan tersebut juga bagus untuk tubuh Anda.

Sayur-sayuran

Sayur mengandung kaya vitamin dan serat. Memilih sayur menjadi menu berbuka puasa dapat mengembalikan tenaga yang sudah habis terkuras untuk berpuasa seharian penuh. Dengan mengonsumsi sayur juga tidak akan membuat perut Anda begah.

Itulah beberapa menu makanan sehat untuk berbuka puasa yang dapat Anda coba. Dengan berpuasa dapat membuat tubuh lebih sehat karena mempunyai banyak manfaat. Namun ketika berbuka Anda juga harus memilih makanan yang mempunyai manfaat bagi tubuh supaya kualitas kesehatan tetap terjaga.

Pilihan lain yang sebenarnya paling baik untuk berbuka puasa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah air mineral. Air mineral akan memberikan hidrasi pada tubuh tanpa menambah kalori atau gula.