32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBeritaMakanan Penambah Imun Tubuh agar Tetap Sehat

Makanan Penambah Imun Tubuh agar Tetap Sehat

Hidup berdampingan dengan banyak virus dan bakteri membuat manusia mau tidak mau harus mengubah gaya hidupnya. Tidak hanya dengan rajin olahraga, tapi juga dengan rajin mengonsumsi makanan penambah imun tubuh supaya tetap sehat dan bugar.

Semua makanan yang dikonsumsi sesuai takaran dan dimasak sesuai ketentuan akan baik bagi tubuh. Tapi, di balik itu, memang ada makanan yang dikhususkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut daftar makanan yang bisa mulai Anda konsumsi mulai sekarang.

Brokoli

Apakah Anda menolak brokoli? Sayang sekali, sebab brokoli termasuk makanan sehat yang bisa menambah imun tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit. Kunci dari brokoli adalah vitamin A, C, E, serat, dan kaya akan antioksidan. Brokoli termasuk dalam sayuran tersehat.

Cara masak brokoli yang tepat supaya vitaminnya tetap terjaga adalah dengan memasaknya sebentar saja atau malah Anda bisa langsung makan tanpa diolah, cukup dicuci. Namun menurut penelitian, mengukus adalah cara terbaik mengolah brokoli.

Buah Jeruk

Tidak kah Anda penasaran kenapa banyak vitamin yang menjual ‘vitamin c’ sebagai marketing mereka? Ini karena vitamin c yang bisa Anda andalkan untuk menambah imun tubuh. Vitamin C bisa meningkatkan sel darah putih yang bisa melawan infeksi.

Makanan penambah imun tubuh yang terdiri dari vitamin C bisa Anda dapat dari berbagai jenis buah atau sayuran, tapi yang paling umum di sini adalah jeruk. Untuk konsumsi harian pria dewasa takarannya 90 mg dan perempuan 75 mg dan tidak lebih dari 2000 mg per hari.

Paprika Merah

Masih membicarakan perihal vitamin c yang digadang-gadang bisa mendorong daya tahan tubuh supaya lebih kuat. Ternyata, tidak hanya ada pada jeruk saja, tapi juga ada pada paprika merah yang mengandung 3 kali lebih banyak daripada jeruk florida.

Tidak hanya penuh dengan Vitamin C, paprika merah juga sebagai sumber beta karoten yang penting bagi tubuh yang kemudian membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. Dan mengolah paprika juga tidak rumit, bisa dijadikan campuran makanan.

Jahe

Anda pasti tidak asing dengan jahe. Selain sebagai rempah untuk memasak, jahe kerap dijadikan minuman yang menghangatkan badan saat dingin atau saat badan meriang. Mulai dari mual, sakit tenggorokan, dan berbagai penyakit inflamasi lain, jahe adalah obatnya.

Selain itu, jahe memiliki kandungan gingerol yang bersifat antikoagulan dan bisa mencegah penggumpalan darah sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit stroke. Karena kandungannya yang bermanfaat ini jahe banyak diburu dan dijadikan bahan baku makanan.

Baca:  FKB Kabupaten Ciamis Salurkan Bantuan Sembako ke Warga Karang

Bawang Putih

Anda mungkin mengetahui bahwa bawang putih kerap ada di dapur dan menjadi bahan utama dalam memasak yang menambahkan rasa. Padahal tidak hanya itu khasiatnya, bawang putih juga bisa menjadi makanan penambah imun tubuh yang paling mudah Anda temukan di sekitar.

Baca:  LandX: Platform Investasi Dan Bisnis

Bawang putih memiliki peran besar untuk melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Nah, ada senyawa yang mengandung sulfur dalam bawang putih sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh pemakannya. Manfaat lainnya bawang putih juga bisa memperlambat pengerasan arteri.

Bayam

Beruntungnya Anda yang kerap memasak sayur bayam untuk keluarga di rumah. Bagaimana tidak, bayam adalah salah satu jenis sayur yang bergizi tinggi. Mulai dari vitamin C, antioksidan, dan beta karoten pun ada dalam jumlah yang banyak sehingga membantu melawan infeksi dari dalam tubuh.

Nah, supaya gizi bayam tidak hilang secara percuma karena cara masak yang salah, Anda bisa mengolahnya dengan cara mengkukusnya sebentar. Untuk menikmatnya, Anda bisa menuangkan sambal kacang pedas sebagai tambahan rasa.

Kacang Almond

Banyak yang mengira bahwa vitamin C adalah sebaik-baiknya vitamin untuk mencegah pilek dan flu. Padahal vitamin E cenderung lebih ampuh melawan penyakit tersebut, apalagi jika juga dengan antioksidan yang cukup. Walau begitu, vitamin E membutuhkan lemak supaya bisa terserap baik.

Salah satu makanan penambah imun tubuh yang paket lengkap adalah kacang almond. Kacang ini hadir dengan vitamin yang kaya dan lemak sehat yang tubuh butuhkan.  Dan setidaknya orang dewasa membutuhkan 15 mg vitamin E dan bisa Anda dapatkan dari 46 kacang almond utuh.

Greek Yogurt

Yogurt memiliki rasa asam yang menyegarkan dan baik untuk pencernaan. Namun ternyata tidak hanya itu khasiatnya. Yogurt yang kaya vitamin D bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagai prajurit alami dalam memerangi penyakit yang bersarang pada tubuh.

Namun sebaiknya, pilih yogurt yang tanpa ada perasa buah atau gula dan pilih yogurt tawar supaya tidak meningkatkan kadar gula pada tubuh.

Itulah makanan penambah imun tubuh yang bisa Anda jadikan rujukan dan aman untuk Anda konsumsi setiap hari. Apalagi hidup berdampingan dengan banyak penyakit, makanan yang Anda pilih harus lah yang bersih dan sehat.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer