22.6 C
New York
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaBeritaMahasiswa Ciamis Tuntut Pemerintah Sejahterakan Buruh

Mahasiswa Ciamis Tuntut Pemerintah Sejahterakan Buruh

Reportasee.com – Puluhan mahasiswa dari berbagai organisasi dan Universitas di Kabupaten Ciamis melakukan aksi May Day ke kantor DPRD, Sabtu (1/5/2021).

Mahasiswa yang tergabung dalam Forum Aksi Mahasiswa Intelektual (Fami) Ciamis datang ke kantor DPRD Ciamis untuk memperjuangkan buruh di Ciamis.

Sebelumnya puluhan mahasiswa tersebut sempat tidak bisa masuk oleh petugas dari DPRD dan pihak kepolisian yang mengawal aksi tersebut.

Namun, beberapa menit kemudian pihak DPRD membiarkan puluhan mahasiswa masuk ke halaman gedung.

Di depan gedung, Anggota DPRD Ciamis, Syarif Sutiarsa menyambut baik kedatangan puluhan mahasiswa dari berbagai Universitas di Ciamis.

Kemudian beberapa orang dari perwakilan mahasiswa masuk ke Gedung DPRD untuk melakukan Audiensi dengan Anggota DPRD Komisi D.

Kordinator Aksi, Galuh mengatakan, dalam May Day ini ada beberapa tuntutan yang pihaknya suarakan.

“Ada tujuh tuntutan untuk DPRD Ciamis ari buruh ini, diantarnya cabut UU ciptaker bersama PP turunanya,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, lindungi hak dasar kaum buruh seperti, THR, upah layak nasional dan jaminan sosial. Hapus PHK masal dengan dalih pandemi.

Berikan perlindungan bagi rakyat miskin semasa pandemi Covid-19 dan vaksin gratis, kemudian usut tuntas  korupsi bansos dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami juga menuntut agar dapat menolak UMK rendah dan naikan nominal UMK bagi para buruh di Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Yang terakhir, kata Galuh, pihaknya juga menuntut Pemerintah Kabupaten Ciamis agar dapat merealisasikan 10 ribu penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat Ciamis.

“Itu merupakan janji Bupati dan Wakil Bupati Ciamis. Maka dari itu, kami menagih janjinya agar dapat merealisasikan penyerapan tenaga kerja,” katanya.

DPRD Ciamis Janji Sampaikan Aspirasi Mahasiswa

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Ciamis, Syarif Sutiarsa mengatakan, pihaknya akan menyampaikan semua aspirasi mahasiswa ke pemerintah provinsi dan pusat.

Karena, lanjut dia, semua aspirasi dari mahasiswa ini memang tujuannya untuk rakyat, untuk kesejahteraan masyarakat Ciamis.

“Segera mungkin aspirasi ini akan kami sampaikan baik ke Pemkab Ciamis maupun Pemerintah Pusat,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular