32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaSejarah April Mop Hingga Jadi Popular

Sejarah April Mop Hingga Jadi Popular

Sejarah April Mop Di Manca Negara

Reportasee.com – Siapa sih yang tidak tahu dengan April Mop atau yang kerap kali disebut sebagai hari berbohong atau hari lelucon sedunia (April Fools’ Day). April Mop sendiri banyak dirayakan oleh seluruh masyarakat di dunia, tepatnya pada tanggal 01 April setiap tahunnya. Lalu, mengenai sejarah April Mop berbeda-beda di setiap negara.

Biasanya, pada tanggal itu masyarakat bisa melakukan segala macam lelucon dan tipuan tanpa dianggap bersalah. Perayaan April Mop ini memiliki tujuan untuk menipu orang-orang yang mudah tertipu baik itu teman, keluarga, tetangga bahkan musuh sekalipun.

Perayaan ini dibeberapa negara hanya dilakukan hingga siang hari, namun di sebagian negara lain peryaan ini berlangsung selama sehari penuh. Bukan hanya itu saja diakhir lelucon orang yang memberi lelucon akan mengatakan “April Mop”.

Namun, perayaan ini sempat terhenti sejak tahun 2020, dikarenakan pada tahun itu tersebar sebuah virus diseluruh dunia yang dikenal dengan COVID-19. Pemerintah tidak ingin masyarakat merayakan April Mop karena masalah ini.

Namun tahukah kamu bahwa April Mop ini tidak memiliki sejarah yang pasti. Asal-usul April Mop diberbagai negara berbeda-beda. Jika Anda ingin mengetahui sejarah dari April Mop disetiap daerah, Anda bisa membaca penjelasan berikut ini.

Sejarah April Mop Di Manca Negara

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa asal-usul atau sejarah dari April Mop tidak memiliki sejarah yang pasti. Berbagai negara memiliki sejarah yang berbeda serta tradisi yang berbeda dari perayaan April Mop ini.

Sejarawan berspekulasi bahwa April Mop terjadi pada tahun 1852, yang mana pada saat itu Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian. Peralihan tersebut diminta oleh dewan Trente yang mana terjadi pada tahun 1563.

Pada kalender Julian tahun baru terjadi pada tanggal 1 April. Namun, sejak digantinya kalender menjadi Gregorian, perayaan tahun baru terjadi pada tanggal 1 Januari. Meskipun baegitu masyarakat Prancis, masih melaksanakan tahun baru pada satu Minggu di akhir Maret hingga 1 April.

Hal ini disebabkan banyaknya orang yang tidak mengetahui berita tersebut. Maka dari itu, tanggal 1 April terkenal sebagai April Mop hingga saat ini. Perayaan April Mop juga menyebar luas di Inggris sejak abad 18.

Sedangkan di Skotlandia, perayaan April Folls’ Day ini terjadi hingga dua hari lamanya. Yang mana pada hari pertama dimulai dengan menyuruh orang-orang mencari burung gowk. Burung gowk ini merupakan nama lain dari burung kukuk, yang mana merupakan simbol dari orang bodoh.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan Tailie Day, yang mana perayaan ini dilakukan dengan cara menempelkan sebuah kertas dipunggung orang dengan tulisan “tendang aku”. Jika orang itu sadar dengan kertas yang ditempel di punggungnya, maka orang yang menempel akan mengucapkan “Poison d’avril”.

Baca:  Faktor Penting Trading Forex yang Perlu Anda Ketahui

Versi lain mengatakan bahwa April Mop ini terjadi karena adanya pembunuhan orang Islam di Spanyol dengan cara menipu. Karena itulah perayaan orang non Muslim merayakan hal ini dengan dalih hanya untuk hiburan atau lelucon saja.

Baca:  Budidaya Pepaya California, Ikuti Langkah Tepatnya!

Selain itu, sejarah lain mengenai April Mop ialah dikaitkan dengan festival Hilaria, yang mana Festival tersebut dirayakan di Roma kuno pada tanggal 31 Maret. Pada saat itu orang-orang berdandan untuk menyamar.

Dari versi lain juga mengatakan bahwa April Mop terjadi di hari pertama musim semi pada belahan dunia bagian utara. Saat itu Mother Nature menipu orang-orang dengan perubahan cuaca yang tidak bisa diduga.

Walaupun April Mop ini tidak memiliki sejarah atau asal-usul yang pasti, namun perayaan ini sudah terjadi mulai dari beberapa abad yang lalu. Di setiap negara pun memiliki cara tersendiri untuk melaksanakan April Mop.

Beberapa perayaan April Mop dari beberapa negara sudah disebutkan sebelumnya, yang mana dari perayaan-perayaan tersebut dipercaya bahwa April Mop dibawa pertama kali oleh orang Prancis hingga tersebar di seluruh dunia.

Di sisi lain April Mop memiliki peristiwa kelam yang banyak tidak diketahui oleh dunia. Peristiwa-peristiwa kelam itu terjadi pada tanggal 1 April, namun sejarah kelam itu benar-benar terkubur sangat dalam.

Beberapa sejarah kelam mengenai April Mop terjadi dari berbagai macam versi. Mulai dari versi Perang Salib, versi Prancis, versi Romawi dan versi Spanyol. Dari beberapa versi ini, versi Prancis paling dikenal di Masyarakat. Selain itu versi ini juga sudah dijelaskan sebelumnya.

Untuk versi Perang Salib juga sudah dijelaskan di atas, yang mana pada hari tersebut mayarakat Spnyol yang Muslim dibantai habis-habisan pada tanggal 1 April. Mereka mengatakan bahwa warga Spanyol akan dibawa keluar menggunakan kapal, namun hal itu hanya tipu muslihat.

Sedangkan pada versi Romawi April Mop dikenal karena pada ssat itu para pelawak  pada masa pemerintahan raja Constantin I mengajukan sebuah petisi, yang mana merka meminta untuk menjadi raja selama 1 hari saja. Hal ini terjadi pada abad ketiga sampai keempat Masehi.

Namun, siapa sangka bahwa petisi yang mereka ajukan diterima oleh raja pada masa itu sehingga diangkatlah seorang pelawak menjadi raja selama sehari. Raja sehari tersebut menetapkan tanggal 1 April sebagai April Mop. Begitulah asal-usul dari April Mop yang tidak pasti, bahkan setiap negara memiliki versinya masing-masing. Perayaannya pun berbeda-beda di setiap negara, namun yang pasti tujuan dari April Mop ini memiliki tujuan yang sama di berbagai negara.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer