Kelebihan Mobil Listrik yang Masih Jarang Diketahui

Mobil bersumber daya listrik di jaman sekarang bukan hal yang mustahil. Kemajuan teknologi yang kian pesat membuat apa pun terasa mungkin dimiliki. Meski belum banyak penggunanya, kelebihan mobil listrik patut dipertimbangkan jika suatu hari nanti, Anda berminat memilikinya.

Apalagi saat ini, kepopuleran mobil listrik nyaris sama dengan mobil biasa mengingat pemerintah mulai banyak mempromosikannya sebagai mobil yang ramah lingkungan. Untuk Anda yang penasaran mengenai kelebihan mobil dengan tenaga listrik, berikut informasi lengkapnya.

Memiliki Biaya Perawatan Yang Murah

Harga mobil listrik memang tidak jauh berbeda dengan mobil bensin dan mobil disel. Namun untuk perawatannya, mobil listrik lebih aman di kantong. Ini termasuk biaya pajaknya sampai saat mengisi bahan bakarnya yang lebih murah daripada bensin.

Mobil listrik memang memiliki rancangan agar seefisien mungkin. Umumnya ada 3 komponen utama yang menggerakkan kendaraan; pengisi daya terpasang, inverter dan motor. Dengan begitu, mobil listrik memiliki kemungkinan terjadi lebih sedikit keausan pada mobil dan sedikit tekanan pada motor.

Nah, karena lebih sedikit bagian yang bergerak, maka semakin rendah kemungkinan terjadi kerusakan. Intinya, EV car jadi lebih jarang perlu diservis dan meminimalkan pengoperasian serta perbaikannya.

Lebih Baik untuk Lingkungan

Kelebihan utama dari mobil listrik adalah ramah lingkungan. Mobil berbahan bakar listrik memiliki nol emisi knalpot yang menjadikannya lebih ramah, lebih bersih, dan lebih baik bagi lingkungan daripada mobil bensin atau diesel. Emisi yang lebih sedikit berarti berkurangnya gas rumah kaca,

Hibrida plug-in memasangkan baterai kecil dan motor listrik, dengan jangkauan tipikal sekitar 30 mil, dengan mesin bensin atau diesel yang hemat bahan bakar. Karenanya, masa depan kendaraan manusia akan lebih bersih.

Terlebih jika Anda memiliki sistem PV surya dan mengisi daya EV di siang hari, Anda dapat mengurangi emisi gas rumah kaca lebih jauh. Kemudian, meskipun Anda mengisi ulang EV dari jaringan listrik, listrik Anda berasal dari sumber energi terbarukan yaitu sinar matahari.

Menawarkan pengalaman Berkendara Yang Berbeda

Kelebihan mobil listrik lain dari mobil bensin atau disel adalah suaranya yang lebih tenang. Semua mobil listrik memiliki torsi instan, yang berarti setelah Anda menginjak pedal gas, mobil akan mendapatkan respons instan dan lonjakan kecepatan dari mobil.

Biasanya, baterai EV letaknya ada di bagian dasar mobil. Karenanya, memberikan keseimbangan dan distribusi bobot yang lebih baik.

Nah, ini akan menjadi kelebihan saat digunakan dalam tikungan dan belokan menjadi lebih mudah, andal, dan tenang. Juga, mobil listrik tidak memiliki polusi suara yang Berisik.

Biaya listrik yang diperlukan untuk mengisi daya EV sekitar 40% lebih murah daripada biaya penggunaan bensin untuk kendaraan yang ukurannya serupa dengan mengemudi dalam jarak yang sama.

Masa Depan Kendaraan Adalah Mobil Listrik

Dengan teknologi baru yang menarik yang saat ini mobil listrik sedang  banyak pengembangannya. Mobil listrik menjanjikan memiliki kemampuan waktu pengisian bahan bakarnya hanya menjadi beberapa menit saja.

Mobil ini juga akan memperpanjang jangkauan secara signifikan dan lebih meningkatkan fitur keselamatan dan otomasi. Apalagi mengingat semakin menipisnya bahan bakar bensin yang sulit untuk diperbarui. Mobil listrik bisa menjadi solusi yang aman untuk manusia dan bumi.

Baik untuk Kesehatan Nanusia

Seperti yang ada pada ulasan di atas bahwa mobil listrik lebih ramah lingkungan yang nyaris tidak menghasilkan emisi dan gas efek rumah kaca. Nah, polusi udara dari hasil kendaraan ini berbahaya bagi tubuh manusia.

Dampaknya berbeda-beda terhadap setiap orang. Ada yang mengalami gangguan pernapasan seperti asma, kerusakan saluran pernapasan, menurunnya kadar oksigen dalam tubuh, sampai yang terparah adalah munculnya kanker paru-paru.

Penggunaan mobil listrik yang minim polusi akan membawa efek baik yang tidak hanya bagi lingkungan, tapi juga untuk manusia lewat kualitas udara yang lebih sehat.

Mudah Digunakan

Tahukah Anda bahwa hanya memerlukan 3 komponen saat mengoperasikan mobil listrik? Ya, kendaraan ini memiliki cara mengemudi yang paling sederhana, yaitu hanya dengan pedal akselerator, pedal rem, dan setir.

Ini karena kelebihan mobil listrik yang hadir dengan transmisi dan terdiri dari satu gigi yang sangat panjang. Dengan begitu, tidak akan mudah macet seperti mobil berbahan dasar bensin. Sederhana, tapi efeknya besar bagi lingkungan, keluarga, dan diri sendiri.

Meski melihat banyaknya keuntungan yang akan Anda dapat dari penggunaan mobil listrik, jangan lupa bahwa ada juga kekurangan yang menyertainya. Berikut beberapa contoh kerugian mobil listrik:

  • Belum ada tanda siap dari pemerintah
  • Belum banyak tersedia tempat isi ulang daya
  • Mobil listrik masih terbatas oleh jangkauan dan kecepatan
  • Baterai mobil listrik setidaknya harus Anda ganti setiap 3 sampai 10 tahun sekali. Tergantung pada merek dan pemakaiannya

Nah, itulah kelebihan mobil listrik  ang perlu Anda tahu. Banyak yang mneyebutnya sebagai mobil masa depan, mobil listrik memang lebih menjanjikan khususnya dalam hal lingkungan. Apakah Anda berminat menggunakan mobil listrik segera?