Karir Lady Gaga, Penyanyi Nyentrik dan Unik

Reportasee.com – Lady Gaga, penyanyi yang berusia 35 tahun mempunyai nama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta. Karir publik figure satu ini sejak awal debutnya memang terkenal dengan gaya panggungnya yang selalu nyentrik dan unik.

Pelantun tembang Poker Face ini tak hanya bisa menyanyi, ia merupakan artis yang multitalenta karena selain penyanyi ia juga seorang penulis lagu, produser, designer baju, aktris, dan lain-lain.

Karir Lady Gaga sendiri berawal pada tahun 2005 kala ia merekam 2 lagu untuk mengiringi novel anak-anak yang berjudul The Portal in the Park bersama Grandmaster Melle Mel, seorang penyanyi hip hop.

Setelah itu, sepanjang tahun 2006-2007 ia mulai tampil pada pertunjukan Neo-burlesque dengan membawakan lagu-lagu electropop.

Pada November 2007 Gaga magang sebagai penulis lagu di Streamline Records, sebuah perusahaan yang bernaung di bawah Interscope Records.

Di Interscpoe, kemampuan bernyanyi Gaga ketika menyanyikan referensi vokal berhasil membuat musisi Akon terkesan. Dan akhirnya ia mendapatkan kontrak untuk bergabung di perusahaan rekaman milik Akon, KonLive.

Pada akhir 2007, Gaga berkolaborasi bersama produser RedOne dan menulis 4 lagu untuk debutnya.

Namun sayangnya lagu-lagu Gaga terasa vulgar untuk pasar utama, sehingga membuat karir Lady Gaga belum bisa melejit. Tapi dari situlah ia mulai membuat terobosan baru.

Meninggalkan New York, ia pindah ke Los Angeles untuk menyelesaikan rekaman album debutnya, The Fame. Rilis pada 19 Agustus 2008, album The Fame berhasil menduduki peringkat satu di Kanada, Autria, Jerman, Inggris, Swiss, Irlandia.

Bahkan single Poker Face dan Just Dance nya berada pada urutan teratas di di Australia, Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Setelah itu, nama Lady Gaga mulai terdengar luas dan banyak pendengar yang menikmati lagu-lagunya.

Film A Star is Born

Setelah mendulang kesuksesan dengan lagu-lagunya yang kerap menduduki di beberapa tangga lagu di berbagi negara, Lady Gaga akhirnya terjun ke dunia akting.

Pada tahun 2018, ia memainkan film bergenre drama musikal romantis besutan Bradley Cooper. Karir Lady Gaga terhadap film A Star is Born ini mendapat banyak tanggapan positif dari masyarakat dan khususnya para fans Lady Gaga.

Pada film yang resmi rilis di Amerika Serikat pada 5 Oktober 2018 Gaga memerankan sebagai Ally, seorang penyanyi klub malam.

Sedangkan untuk pemeran utama laki-laki, yakni Bradley Cooper. Ia berperan sebagai kekasih Ally yang bernama Jackson Maine, seorang musisi yang alkoholik.

Film produksi Live Nation Entertainment ini mengisahkan tentang musisi country, Jackson Maine, yang berusaha melawan dirinya dari kecanduan alkohol dan narkotika.

Ia memiliki kakak tiri sekaligus managernya, Bobby (Sam Elliott). Suatu malam, Jackson mengunjungi club malam kecil, ia melihat dan terpesona dengan penampilan Ally (Lady Gaga).

Setelah pertemuan itu Jackson mengajak Ally untuk tampil di panggung yang sama pada konser Jackson. Karena sering ikut tur konser bersama, hubungan mereka kian dekat dan romantis.

Saat tur, Ally mendapat tawaran kontrak oleh Rez, seorang produser rekaman yang membawanya dari musik country ke musik pop.

Semenjak saat, karir Ally semakin meningkat. Sedangkan Jackson justru sebaliknya, ia semakin sulit melawan kecanduannya yang semakin parah.

Namun Jackson tetap menikahi Ally dengan cincin lamarannya terbuat dari rangkaian senar gitar.

Namun karena kecanduannya semakin parah, ia akhirnya menjalani rehabilitasi selama 2 bulan. Setelah mereka berbaikan pasca pertengkaran hebat sebelum rehabitlitasi, Ally memutuskan menghentikan turnya untuk merawat Jackson.

Namun Jackson tidak menyetujui ide Ally dan berjanji akan menonton konser Ally malam itu. Sayangnya, setelah Ally berangkat, Jackson justru mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di garasi rumah.

Ally sangat berduka atas kematian Jackson dan menyalahkan diri sendiri. Akan tetapi Bobby menjelaskan bahwa itu murni kesalahan Jackson.

Pada konser penghormatan Jackson, Ally membawakan lagu karya Jackson, namun belum pernah publikas.

Profil Lady Gaga

Penyanyi yang menguasai genre elektronik, pop dan dance ini lahir pada tanggal 28 Maret 1986, di Kota New York. Penyanyi multitanlent ini selalu tampil glamour dan tampil beda pada setiap penampilannya.

Gayanya dan karyanya yang provokatif memang terkadang menimbulkan banyak pro-kontra di mata masyarakat. Namun selain karena karyanya yang berkualitas, hal tersebut justru yang membuat karir Lady Gaga semakin melejit.

Dari awal debutnya hingga tahun 2021, Lady Gaga sudah memiliki 7 album, telah membintangi lebih dari 10 iklan, telah memainkan beberapa peran lebih dari 13 judul film maupun acara televisi.

Dan membintangi beberapa musik video atau album video serta berhasil melakukan tur besar di berbagai negara.

Lagu Lady Gaga

Melambungnya karir Lady Gaga memang tak luput dari kesuksessannya di bidang tarik suara. Lagu-lagu yang ia hasilkan juga sangat banyak.

Berikut beberapa lagu Lady Gaga yang dari awal karir hingga kini:

a. Album Pertama (2008): The Fame

Pada album pertamanya ini banyak lagu-lagu yang hits seperti Poker Face, Paparazi, The Fame, Summerboy, Brown Eyes, LoveGame, Just Dance, Boys Boys Boys, I Like It Rough dan lain-lain.

b. Album Kedua (2009): The Fame Monster

Bad Romance, Dance in the Dark, Teeth, Monster, Telephone, Speechless, dan masih banyak lagi.

c. Album Ketiga (2011): Born This Way

Pada album ketiganya, Lady Gaga membawakan lagu Hair, Blood Mary, Bad Kids, You and I, Born This Way, Electric Chapel, Marry The Night, Judas, Scheibe, dan lagu-lagu lainnya.

d. Album Keempat (2013): Artpop

Pada tahun 2013, Lady Gaga mengeluarkan album yang berisikan lagu-lagu yang berjudul Gypsy, G.U.Y, Dope, Venus, Fashion, Artpop, Swine, dan lain-lain.

e. Album Kelima (2014): Cheek to Cheek

f. Album Keenam (2016): Joanne

g. Album Ketujuh (2020): Chromatica