Jenis Tanaman Hias Wangi untuk Ruangan Di Rumah

tanaman hias wangi
ilustrasi tanaman hias wangi (foto: rumah123)

Reportasee.com – Jenis tanaman hias wangi paling cocok untuk menyegarkan di dalam ruangan rumah. Ruangan dalam rumah pun akan menjadi harum semerbak.

Keberadaan tanaman hias di dalam rumah tentunya akan memberikan kesejukan tersendiri. Apalagi jika jenis tanaman hias tersebut mengeluarkan aroma yang harum pastinya akan terasa menyenangkan.

10 Jenis Tanaman Hias Wangi untuk Ruangan

Bagi Anda yang tertarik ingin memelihara tanaman hias dengan aroma yang harum, maka ada beberapa jenis tanaman yang tentu bisa Anda pilih.

Tanaman hias yang memiliki aroma harum sedikitnya terdapat 10 jenis tanaman. Beberapa contoh tanaman tersebut antara lain lavender, anggrek vanda, kacapiring, anyelir, mawar, melati, serta geranium wangi.

Bahkan beberapa jenis dari tanaman tersebut bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Apa saja jenisnya? Yuk simak selengkapnya ulasan berikut ini.

Arumdalu

Tanaman Arumdalu night-blooming jasmine adalah salah satu jenis tanaman hias yang mampu memberikan kesegaran pada ruangan rumah karena aroma wanginya yang  begitu semerbak.

Banyak orang pun yang menyebut tanaman ini dengan sebutan sedap malam lantaran bunganya yang menyebarkan aroma harum di saat malam hari.

Tanaman hias arumdalu ini dapat tumbuh besar, maka sebaiknya Anda tanam di dalam pot yang berukuran besar.

Jika Anda ingin meletakkannya di beranda rumah, tanaman ini bisa memperindah rumah Anda.

Bunga-bunganya yang mungil dan cantik dan aromanya yang harum pastinya akan membuat rumah Anda terasa menyejukkan.

Lavender

Jenis tanaman hias wangi yang berikutnya yaitu bunga lavender. Beberapa penelitian pun telah membuktikan bahwa tanaman hias ini ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk.

Bunga lavender memiliki kandungan minyak esensial yang mengeluarkan aroma yang harum, namun para nyamuk tidak menyukai keharuman dari tanaman ini.

Adapun jenis lavender yang memiliki aroma paling harum adalah lavender Perancis, atau nama ilmiahnya yaitu Lavandula x intermedia “Provence”.

Jenis tanaman harum ini membutuhkan sinar matahari yang banyak. Selain itu, lavender juga membutuhkan media tanam yang telah bercampur dengan pasir.

Geranium Wangi

Spesies dari jenis tanaman geranium ini akan banyak ditemukan hampir di semua negara. Bagian daun dari tanaman ini memiliki kandungan minyak aromatik.

Karena itulah, nyamuk sangat tidak menyukai aroma tersebut sehingga geranium cocock Anda jadikan tanaman pengusir nyamuk.

Beberapa jenis tanaman geranium ini juga mengandung minyak esensial. Wanginya pun hampir sama seperti dengan wangi Citronella.

Sedangkan untuk jenis spesiesnya antara lain , Pelargonium crispum, Pelargonium citronellum Pelargonium citrosa, serta Pelargonium x melissinum.

Anggrek

Bungan yang satu ini memang termasuk jenis tanaman cantik dan banyak yang menyukainya. Jenis tanaman hias ini juga ternyata mampu memberikan aroma yang wangi.

Bentuk dari bunga anggrek juga unik dan cantik serta warnanya yang eksotis.

Jenis anggrek yang recommended antara lain anggrek vanda, cymbidium golden boy, anggrek anosmum, anggrek merpati, vanda tricolor, eria hyacinthoides, dan cattleya waianae leopard.

Anyelir

Nama ilmiah dari jenis tanaman ini yaitu dianthus caryophyllus. Bunga ini memiliki corak yang menarik dan mampu menyebarkan aroma yang wangi.

Baca:  Aplikasi Penghasil Saldo Gopay dan Ovo

Aroma dari bunga anyelir ini sepertinya hampir sama dengan wangi cengkeh. Selain sebagai tanaman hias, Anda juga bisa mengolah bunga anyelir menjadi salad, selai atau pun sirup seperti halnya mahkota mawar.

Dalam merawat tanaman hias ini Anda hanya perlu menempatkannya pada tempat yang bisa terpapar langsung oleh sinar matahari.

Pastikan pula untuk tanah pada tanaman ini selalu lembab karena penyiraman perlu Anda lakukan setiap hari.

Kacapiring

Untuk jenis tanaman wangi selanjutnya yaitu tanaman kacapiring. Nama latin pada tanaman ini adalah Gardenia jasminoides.Di luar negeri, tanaman ini lebih populer dengan nama gardenia.

Sebelum Anda memutuskan untuk memelihara tanaman ini, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui dulu tentang tanaman kacapiring atau lebih terkenal dengan sebutan ceplok piring.

Tanaman hias kacapiring dapat Anda tanam pada media pot yang memiliki ukuran sedang hingga besar.

Setelah itu, letakkan kacapiring di bagian beranda rumah agar selalu tersiram dan mendapat sinar matahari berlimpah.

Namun jika Anda ingin menempatkannya di dalam ruangan, maka pastikan ruangan tersebut masih mendapatkan pancaran dari sinar matahari yang cukup.

Tak hanya harum, tanaman kacapiring ini juga memiliki tingkat kelembaban yang cukup baik.

Melati

Pada jenis tanaman hias wangi yang satu ini umumnya sudah terkenal lantaran aromanya yang harum semerbak. Bunga ini memiliki beragam macam jenis dan aroma yang berbeda-beda.

Namun, jenis yang paling populer yaitu Jasminum sambac atau melati putih, dan jasminum officinale atau melati gambir. Kedua jenis melati tersebut sering menjadi campuran teh karena aromanya yang sangat khas.

Marigold

Bunga marigold juga termasuk satu jenis tanaman hias yang menghasilkan aroma wangi semerbak yang khas. Bahkan, wanginya ini membuat nyamuk tidak suka dengan aromanya.

New York Botanical Garden menunjukkan bahwa tanaman hias wangi jenis marigold ini terbukti ampuh mengusir nyamuk.

Agar bisa merasakan manfaatnya, sebaiknya tanam marigold di dalam pot, kemudian simpan pada sudut ruangan di rumah. Letakkan tanaman ini ke area yang masih mendapat sinar matahari yang cukup.

Mawar

Bunga mawar dulunya hanya khusus ditanam di kebun dan rumah kaca saja. Namun sekarang, tanaman bunga ini tentunya sudah bisa Anda tanam di dalam ruangan yang kondisinya sesuai.

Meski demikian, tidak semua jenis tanaman bunga mawar ini memiliki aroma yang harum. Karena itulah Anda perlu memilih jenis mawar yang tepat.

Contoh tanaman mawar yang harum seperti rose elle, rose honey perfume, tea rose, rose double delight, serta rose scentimental. Dengan memelihara tanaman hias bunga mawar, ruangan rumah Anda akan semakin indah, cantik dan harum alami.