32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaJenis-Jenis Asuransi di Indonesia, Apa Saja?

Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia, Apa Saja?

Reportasee.com – Jenis-jenis asuransi di Indonesia cukup beragam sesuai untuk kebutuhan masyarakat. Dari beragam jenis-jenis asuransi tersebut, kita bisa memilih asuransi apa yang memang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan hidup kita.

Adapun tujuan dari asuransi yaitu untuk memberikan perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya hal-hal yang merugikan dan membahayakan.

Jenis-Jenis Asuransi

Asuransi memiliki jenis-jenisnya berdasarkan fokus dan risiko, Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi yang terdapat di Indonesia:

Asuransi Jiwa

Jenis asuransi yang satu ini memberikan keuntungan finansial kepada tertanggung atas kematiannya. Pada sistem pembayarannya pun bermacam-macam.

Sebagai contoh, ada perusahaan asuransi menyediakan pembayaran setelah terjadi kematian dan yang lainnya sehingga memungkinkan tertanggung bisa mengklaim dana sebelum kematiannya.

Asuransi jiwa dapat Anda beli untuk kepentingan pribadi dan atas nama tertanggung saja atau bisa Anda beli untuk kepentingan bagi orang ketiga.

Bahkan pada asuransi jiwa juga bisa dibeli pada kehidupan orang lain. Misalnya, seorang suami bisa membeli asuransi jiwa yang memberikan manfaat baginya setelah kematian sang istri.

Selain itu, orangtua juga bisa mengasuransikan diri terhadap kematian anaknya.

Asuransi Kesehatan

Untuk jenis asuransi ini juga sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan adalah produk asuransi menangani masalah kesehatan tertanggung akibat suatu penyakit dan menanggung biaya proses perawatan.

Penyebab sakit tertanggung yang biayanya dari perusahaan asuransi meliputi sakit, cedera, cacat, hingga kematian akibat kecelakaan.

Asuransi ini bisa dibeli untuk kepentingan tertanggung saja maupun kepentingan orang ketiga.

Asuransi Kendaraan

Pada asuransi ini fokus terhadap tanggungan cedera orang lain ataupun kerusakan kendaraan milik orang lain karena disebabkan oleh si tertanggung.

Tak hanya itu, asuransi kendaraan bisa membayar kehilangan dan kerusakan kendaraan bermotor milik tertanggung. 

Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Sebagai aset berharga, biasanya setiap pemilik rumah akan melindungi aset pribadinya yang bisa berupa rumah ataupun properti pribadi dengan menggunakan asuransi kepemilikan rumah dan properti.

Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap kehilangan serta kerusakan yang mungkin terjadi pada barang tertentu milik dari tertanggung.

Pada asuransi ini juga memberikan keringanan apabila rumah dan properti tertanggung lainnya mengalami suatu musibah seperti kebakaran.

Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi ini paling populer, karena asuransi pendidikan menjadi solusi dan alternatif terbaik dalam menjamin kehidupan yang lebih baik khususnya bagi aset pendidikan anak.

Untuk biaya premi yang harus tertanggung bayarkan ke perusahaan asuransi tentunya berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang tertanggung inginkan nantnya.

Tingginya biaya pendidikan saat ini tentunya sangat memberatkan orang tua. Oleh sebab itu, tak sedikit orangtua yang kini memilih alternatif melalui asuransi pendidikan.

Asuransi Bisnis

Jenis asuransi ini adalah sebuah layanan asuransi untk melindungi terhadap kehilangan, kerusakan, maupun kerugian dalam jumlah besar yang memungkinkan terjadi pada bisnis seseorang.

Baca:  Broker Exness, Pahami Metode Tradingnya

Asuransi bisnis mampu memberikan penggantian terhadap kerusakan akibat adanya bencana alam, kebakaran, ledakan, kecelakaan, tabrakan, hingga kerusuhan.

Setiap perusahaan asuransi umumnya menawarkan beragam manfaat dari asuransi bisnis seperti perlindungan investasi dan bisnis, proteksi terhadap karyawan sebagai aset bisnis, asuransi jiwa menyeluruh bagi seluruh karyawan, hingga perlindungan asuransi kesehatan untuk karyawan.

Baca:  Cara Agar Jaringan 4G Full, Ponsel Makin Melejit Kencang!

Asuransi Umum

General insurance atau asuransi umum adalah perlindungan terhadap risiko atas kerugian ataupun kehilangan manfaat serta tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga. Jaminan pada asuransi umum ini bersifat jangka pendek (sekitar satu tahun). Asuransi umum ini terbagi menjadi dua jenis antara lain:

  • Social Insurance (Jaminan Sosial)

Asuransi ini wajib untuk setiap orang agar memiliki jaminan di hari tua. Untuk pembayaran premi dengan sistem paksa, yaitu salah satunya dengan cara memotong gaji seseorang setiap bulan.

  •  Voluntary Insurance (Asuransi Sukarela)

Asuransi ini termasuk jenis asuransi secara sukarela yang terbagi dalam dua kategori yaitu Government Insurance serta Commercial Insurance.

Government insurance adalah asuransi yang dijalankan oleh pemerintah, sedangkan commercial insurance adalah asuransi untuk memberikan perlindungan kepada seseorang atau keluarga, maupun perusahaan dari risiko yang kemungkinan muncul akibat kejadian tidak terduga.

Asuransi Kredit

Pada asuransi kredit ini memberikan perlindungan atas risiko kegagalan debitur dalam melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai untuk modal kerja, kredit perdagangan, dan sebagainya.

Kredit adalah suatu pinjaman dalam bentuk uang dari bank ataupun Lembaga Keuangan selaku pemberi kredit kepada para nasabahnya.

Tujuan asuransi kredit ini untuk melindungi bank maupun lembaga keuangan lainnya dari kemungkinan tidak mendapat kembali kredit yang mereka pinjamkan kepada nasabah. Selain itu, asuransi ini dapat membantu memberikan pengarahan dan keamanan perkreditan.

Asuransi Kelautan

Jenis asuransi ini berfokus di bidang kelautan yang tujuannya memastikan pengangkut dan pemilik kargo. Risiko yang mungkin terjadi dari pemanfaat asuransi ini antara lain kerusakan kapal, kerusakan kargo, hinga melukai penumpang.

Asuransi kelautan atau asuransi angkatan laut adalah pengalihan risiko baik untuk Anda ataupun bawaan Anda yang menggunakan jasa dari angkutan laut.

Pada asuransi ini melibatkan jasa perkapalan untuk mengirimkan barang. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi terhadap premi asuransi angkutan laut yaitu barang atau risiko yang perlu asuransi, pengepakan barang, pengangkutan, serta perjalanan.

Asuransi Perjalanan

Secara keseluruhan, fungsi dari asuransi perjalanan tidak jauh beda dengan fungsi asuransi pada umumnya yakni bentuk perlindungan kepada nasabah dalam jangka waktu pendek selama pembeli premi melakukan perjalanan sampai kembali pulang.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memiliki asuransi perjalanan seperti mendapat proteksi serta penanggungan biaya akibat kecelakaan, tanggungan biaya pengobatan darurat, santunan kecelakaan pribadi, evakuasi medis, pemulangan jenazah, serta proteksi terhadap barang bawaan yang berisiko hilang atau rusak.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer