Jadwal dan Info Penting UTBK Gelombang 2

Reportasee.com – Ujian UTBK Gelombang 2 sudah terjadwalkan secara resmi pada laman LTMPT. UTBK Gelombang 1 sendiri sudah terlaksana sejak senin 12 April 2021 hingga Minggu 18 April 2021. Pada tahun 2021 UTBK ini akan dilaksanakan sebanyak 2 gelombang yang keduanya akan terlaksana pada bulan ramadhan.

UTBK menjadi salah satu syarat sebelum mengikuti tes SBMPTN untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Oleh karena itu energi prima harus di persiapkan oleh para siswa mengingat waktu pelaksanaannya tepat pada bulan ramadhan.

Pada pelaksanaan UTBK Gelombang 1 kemarin terdapat sejumlah kejadian mulai dari Pelaksanaan UTBK di beberapa kampus yang tidak terkondisikan. Tidak hanya itu, sejulah siswa juga gagal mengikuti ujian UTBK ini karena beberapa hal seperti sakit dan juga kesalahan dalam mendatangi lokasi tempat ujian.

Pada pelaksanaan UTBK Senin lalu peserta yang terdeteksi memiliki suhu tubuh yang tinggi atau demam di larang mengikuti ujian UTBK. Mengingat Covid-19 maish mewabah di Indonesia menjadikan sejumlah pengawas was-was jika peserta tetap mengikuti ujian meskipun sejumlah protokol kesehatan sudah di gunakan.

Selain itu terdapat pula beberapa siswa yang salah mendatangi lokasi tempat ia harus melaksanakan ujian UTBK ini. Sehingga ujian tidak dapat di laksanakan dan siswa di nyatakan tidak dapat mengikuti ujian. Hal seperti ini akan sangat merugikan siswa, padahal sebelum melaksanakan ujian sejumlah usaha keras sudah ia lakukan. Mulai dari berlatih soal-soal dan mengikuti try put UTBK hingga menempuh jarak yang jauh untuk mengikuti ujian UTBK ini.

Apa saja Persiapan UTBK Gelombang 2?

Sebelum anda merasakan sejumlah kerugian akibat kelalaian maupun hal di luar dugaan, alangkah baiknya jika anda mempersiapkan dulu beberapa hal sebelum mengikuti UTBK Gelombang 2 ini.

Persiapan pertama yang dapat anda lakukan yakni tetap menjaga kesehatan anda jelang pelaksanaan UTBK. Kesehatan menjadi hal wajib yang haus anda jaga mengingat kondisi tubuh juga mempengaruhi performa anda dalam mengikuti maupun mengerjakan ujian. Jika suhu tubuh anda tinggi atau menderita beberapa gejala yang mirip dengan covid-19, kemungkinan besar anda akan gagal mengikuti ujian karena anda di larang masuk.

Kedua, Anda wajib mencari infromasi mengenai ujian yang hendak anda ikuti. Mulai dari bagaimana jurusan yang anda pilih, perguruan tinggi yang anda pilih, serta lokasi tempat anda akan melaksanakan ujian UTBK ini. Jika anda sudah mendapatkan informasi mengenai kampus atau lokasi tempat anda akan melaksanakan ujian hendaknya anda mencari informasi lebih detail. Anda dapat melakukan pengecekkan ke lokasi untuk mengetahui gedung apa yang akan anda gunakan agar memudahkan anda untuk langsung menuju ruangan tanpa perlu mencarinya pada sata hari H.

Ketiga, saat anda sudah tahu lokasinya secara pasti anda dapat membuat perencanaan kecil. Perencanaan ini berisi estimasi waktu pukul berapa anda harus tiba di lokasi pelaksanaan ujian saat hari H. Setidaknya anda harus tiba di lokasi ujian sekitar 45 sebelum waktu pelaksanaan ujian. Hal ini bertujuan agar anda tidak buru-buru dan lebih siap menjalankan ujian.

Pada saat sebelum pelaksanaan ujian, anda sebagai peserta akan di cek suhu tubuh. Jika suhu tubuh anda melebihi 37,5 derajat celcius anda tidak boleh mengikuti ujian dan akan di arahkan ke ruangan khusus. Dalam ruangan khusus ini anda akan menjalani tindakan medis yang sudah di persiapkan.

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah tetap menjaga jarak antar peserta. Jarak minimal yang ukur adalah seluas 1 hingga 1,5 meter. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan Virus corona. Satu lagi yang tidak boleh sampai terlupakan adalah gunakan masker dan bawa handsanitizer untuk melindungi diri.

Apa saja yang harus dibawa saat Pelaksanaan UTBK ?

Dalam hal pemberkasan UTBK Gelombang 1 dan UTBK Gelombang 2 tidak memiliki perbedaan. Keduanya sama-sama di haruskan untuk membawa sejumlah Dokumen. Dokumen pertama yang harus anda bawa ketika melaksanakan ujian yakni Kartu Tanda Peserta UTBK SBMPTN 2021. Kartu tanda peserta ini merupakan hal yang sangat wajib untuk anda bawa. Kartu tanda peserta ini nantinya akan di cek oleh pengawas untuk kebenaran data bahwa anda sudah benar-benar mendaftar UTBK.

Kedua, Anda harus membawa Fotokopi ijasah. Fotokopi ijasah yang anda bawa adalah fotokopi ijasah yang sudah mendapatkan legalisir resmi dari sekolah. Fotokopi ijasah ini hanya di peruntukkan bahwa anda, apabila anda lulus pada tahun 2019 dan juga tahun 2020.

Untuk anda yang baru lulus tahun 2021 dan ijasah belum tersedia, maka anda dapat membawa surat keterangan sekolah yang sudah di tandatangani oleh kepala sekolah anda. Surat keterangan sekolah ini berisi pernyataan bahwa adalah adalah siswa kelas 12 di sekolah tersebut. Informasi lain yang termuat dalam surat keterangan sekolah ini yakni nama anda, Nomor induk siswa nasional, NPSN Sekolah anda, dan juga Pas Photo 3 x 4 milik anda.

Ketiga, berkas yang harus anda bawa lanjutnya yakni Kartu Identitas lain seperti KTP, Kartu Pelajar, dan SIM.

Jadwal Pelaksanaan UTBK Gelombang 2

Sesuai informasi yang di peroleh dari laman resmi miliki LTMPT yang menerangkan bahwa pelaksanaan Ujian UTBK-SBMPT akan di lakukan pada tanggaL 26 April hingga 30 April mendatang, serta pada tanggal 1 Hingga 2 Mei 2021 mendatang.

Meskipun pelaksanaannya bertepatan dengan bulan suci ramadhan, namun masih tidak ada perubahan pelaksanaan. Mengingat jadwal kegiatan akademik juga telah di perhitungkan oleh sejumlah lembaga pendidikan dari jauh-jauh hari.

Informasi penting UTBK Gelombang 2

Informasi penting mengenai ujian UTBK Gelombang 2 yakni terdapat penambahan waktu pelaksanaan UTBK Gelombang 2 ini. Penambahan waktu ujian ini di tetapkan pada tanggal 3 hingga 4 Mei 2021 mendatang.

Terdapat pula perubahan jam pelaksanaan UTBK SBPMTN untuk beberapa wilayah khususnya wilayah-wilayah dengan satuan waktu WIB. Hal ini menyesuaikan dengan waktu ujian dan pelaksanaan ibadah dimana di harapkan siswa tetap dapat melaksanakan ibadah shalat meskipun harus melaksanakan ujian.

Khusus pada wilayah dengan WIB. Perubahan jadwal terjadi pada kelompok saintek dan soshum yang akan di laksanakan pada hari Senin sampai dengan kamis dan juga sabtu minggu. Sedangkan untuk ujian campuran tidak terdapat perubahan. Pelaksanaan ujian yang di buat dengan dua sesi dan sesi keduanya akan di awali pada pukul 12.30 kini diubah menjadi pukul 13.00. Hal ini bertujuan agar siswa memiliki waktu istirahat untuk mengisi energi lebih banyak mengingat pelaksanaan ujian ini bertepatan dengan bulan puasa.

Berikutlah Jadwal dan informasi penting mengenai ujian UTBK Gelombang 2. Sebelum anda menjalani ujian hendaknya anda mempersiapkan diri dengan memperoleh informasi perubahan seperti informasi di atas agar anda tidak gagal dalam mengikuti ujian. Ujian UTBK adalah salah satu ujian penting yang harus anda ikuti sebelum masuk perguruan tinggi negeri favorit oleh karena itu persiapkan dengan baik.