32 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
BerandaBeritaGejala Paru-paru Basah Ini Penting Anda Waspadai

Gejala Paru-paru Basah Ini Penting Anda Waspadai

Paru-paru basah perlu untuk diwaspadai, mengingat penyakit ini bisa berakibat serius dan sulit untuk disembuhkan.  Ada beberapa gejala yang ditunjukkan yang mengindikasikan seseorang menderita penyakit ini. Secara umum, gejala paru-paru basah hampir sama dengan sakit batuk pada umumnya.

Paru-paru basah atau pneumonia adalah kondisi di mana pada salah satu paru-paru atau keduanya terjadi peradangan yang menyebabkan infeksi. Paru-paru yang terkena infeksi bakteri atau virus ini bisa dipenuhi cairan atau nanah. Gejala yang ditunjukkan dari penyakit ini di antaranya sebagai berikut.

Nyeri Pada Dada Saat Batuk

Batuk adalah gejala umum bagi penderita penyakit paru-paru. Akan tetapi, pada penderita paru-paru basah, batuk yang terjadi disertai rasa nyeri yang hebat pada bagian dada. Rasa nyeri ini akan selalu Anda rasakan setiap kali terjadi batuk.

Selain rasa nyeri yang terasa pada dada, orang yang menderita penyakit paru-paru basah juga akan merasakan sesak saat batuk. Apalagi bila batuk yang mereka alami terjadi terus menerus, maka akan semakin sulit dan sesak untuk bernafas.

Apabila seseorang sudah mengalami batuk beserta rasa nyeri pada dada dan juga mengalami sesak nafas, maka sebaiknya lebih waspada. Memang belum bisa dipastikan bahwa orang tersebut menderita paru-paru basah. Akan tetapi, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Batuk Kering Yang Berkepanjangan

Gejala paru-paru basah juga bisa terlihat dengan mengalami batuk kering yang berkepanjangan. Batuk kering adalah batuk di mana tidak ada lendir atau dahak yang keluar saat batuk. Batuk kering akan sangat menyiksa, karena akan menimbulkan rasa panas dan sakit pada dada.

Rasa panas pada dada dan juga tenggorokan tersebut juga disertai dengan rasa kejang pada perut. Hal ini karena terus terjadinya kontraksi saat batuk terjadi. Apabila hal ini Anda biarkan terus menerus, bisa menyebabkan terjadinya kram pada perut.

Apabila batuk kering ini terjadi terus menerus, dan tidak kunjung sembuh, meskipun sudah Anda obati, sebaiknya juga harus waspada. Apalagi bila batuk terjadi lebih dari dua minggu, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Sesak Napas

Orang yang menderita paru-paru basah, akan mengalami sesak napas atau kesulitan dalam bernapas. Kesulitan bernapas ini terutama terjadi saat penderita dalam tidur atau  berbaring. Hal ini bisa terjadi karena pengaruh batuk pada orang tersebut.

Selain mengalami kesulitan dalam bernapas atau sesak nafas, penderita paru-paru basah juga akan mengalami gejala napas dengan tempo yang lebih cepat dari biasanya. Dengan tempo napas yang pendek, napas juga akan menjadi sangat cepat dan seperti memburu.

Mengalami Demam Tinggi dan Sering Berkeringat

Penyakit paru-paru basah juga akan tampak dengan adanya demam tinggi yang terjadi pada penderita. Demam memang sering terjadi pada oleh semua orang ketika menderita batuk. Akan tetapi pada paru-paru basah, demam ini cenderung lebih sering dan cukup tinggi.

Demam tinggi yang terjadi pada penderita paru-paru basah, biasanya juga bersamaan dengan mengeluarkan keringat dingin. Apabila gejala ini sudah terjadi, akan lebih baik bila segera memeriksakan diri ke dokter, agar bisa melakukan pengobatan dan penanganan yang tepat.

Jantung Berdebar

Penderita paru-paru basah juga akan sering menunjukkan gejala jantung berdebar-debar. Gejala ini terjadi akibat adanya batuk. Batuk akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah, sehingga menimbulkan efek lain yaitu sering mengalami jantung berdebar.

Apabila jantung berdebar ini sering terjadi dan juga disertai batuk yang tidak berhenti, maka penderita harus lebih waspada . Karena bukan tidak mungkin jantung berdebar dan batuk terus menerus merupakan gejala dari penyakit paru-paru basah.

Mual dan Muntah

Gejal paru-paru basah lainnya adalah penderta mengalami mual dan muntah yang sering dan terus menerus. Mual dan muntah bisa terjadi kapan saja, dan sering terjadi beserta dengan rasa pusing berkepanjangan.

Rasa mual dan muntah yang sering terjadi ini bisa menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Karena seseorang yang sering mengalami mual dan muntah, biasanya juga akan malas untuk makan, karena takut akan mengalami mual dan muntah lagi.

Nyeri Otot

Gejala yang juga sering terjadi yang menunjukkan seseorang menderita penyakit paru-paru basah adalah sering mengalami nyeri otot. Nyeri otot bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh. Bisa pada badan, kaki, tangan, maupun bagian tubuh lainnya.

Nyeri otot ini bisa berupa rasa pegal-pegal pada seluruh badan. Rasa pegal-pegal ini bisa terjadi karena aliran darah yang tidak lancar. Karena penderita paru-paru basah biasanya juga akan mengalami gangguan pada kerja jantung, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh juga tidak berjalan lancar.

Gejala paru-paru basah seperti yang disebutkan di atas adalah gejala yang bersifat umum. Pada tingkat yang lebih serius, penderita akan menunjukkan gejala seperti  batuk berdarah, linglung, hingga terjadinya koma pada orang dewasa.

Berita Terkait

TERPOPULER