32 C
Indonesia
Kamis, Agustus 5, 2021
BerandaBeritaFakta Unik Planet Jupiter ini Menarik Diketahui

Fakta Unik Planet Jupiter ini Menarik Diketahui

Reportasee.com – Planet Jupiter merupakan planet kelima terdekat dari matahari dalam sistem tata surya. Planet terbesar dalam tata surya ini memiliki berbagai macam keunikan yang menarik untuk kita ketahui. Mau tahu apa saja fakta unik planet Jupiter? Simak ulasannya berikut ini.

Daftar Fakta Unik Planet Jupiter

Planet Terbesar di Tata Surya

Fakta unik planet Jupiter yang pertama seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya yaitu merupakan planet terbesar di tata surya. Massa Jupiter 317 kali massa bumi.

Diameter dari planet ini sekitar 143.000 km atau setara dengan 122 kali diameter Bumi, dan untuk mengelilingi Jupiter, perlu 12 tahun perjalanan.

Dapat Dilihat dengan Mata Telanjang

Planet Jupiter adalah salah satu planet yang dapat terlihat tanpa bantuan alat. Hal ini karena ukurannya yang besar, dan merupakan objek ketiga yang paling terang setelah bulan dan planet Venus.

Jupiter dapat terlihat dengan jelas pada malam hari seperti bintang kuning terang dan tidak berkelap-kelip.

Jumlah Satelit Alami Terbanyak di Tata Surya

Keunikan lain dari planet Jupiter yaitu merupakan planet dengan satelit alami paling banyak. Data yang ilmuan ambil pada tahun 2016, menunjukkan bahwa planet ini punya 67 satelit.

51 satelit berukuran kurang dari 10 km dan baru ditemukan setelah tahun 1975.

Satelit Jupiter ini terbagi menjadi 2, yaitu satelit Reguler dan satelit Irreguler.

Kategori satelit Reguler terdiri dari satelit kelompok dalam yang berjarak lebih dekat dengan planet Jupiter, dan satelit Galileo yang mengorbit pada jarak 400.000 hingga 2.000.000 kilometer.

Satelit Irreguler merupakan satelit yang berjarak jauh dengan planet Jupiter. Ukuran dari satelit-satelit ini rata-rata lebih kecil daripada satelit reguler.

Sebagian besar satelit ini memiliki bentuk yang eksentrik (tidak bulat) dan dipercaya hasil dari tumbukan. Oleh karena itu disebut dengan satelit irregular.

Dikelilingi oleh Cincin

Selama ini kita hanya tau bahwa planet yang memiliki cincin adalah planet Saturnus. Tetapi, ternyata Jupiter juga memiliki cincin yang sangat tipis.

Cincin terbuat dari debu dan terbentang sejauh 225.000 km dari planet. Cincin ini terdiri dari 3 bagian yaitu cincin halo, cincin utama, dan cincin gossamer.

Terdapat Aurora

Munculnya aurora merupakan fakta unik planet Jupiter yang jarang orang ketahui. Planet ini memiliki aurora yang 1000 kali lebih terang daripada di Bumi.

Fenomena ini terbentuk karena akibat letusan gunung yang berada di Io, yaitu salah satu satelit alami dari planet Jupiter.

Baca:  Ini Ciri-Ciri Investasi Ilegal yang Harus Diwaspadai

The Great Red Spot

Fenomena unik selanjutnya yaitu bintik besar berwarna merah di permukaan Jupiter.

Titik merah ini merupakan badai besar yang terjadi di Jupiter dengan ukuran 3 kali besar bumi dengan diameter 240.000 km dan ketinggian mencapai 14.000 km. Badai ini telah berlangsung selama 350 tahun.

Baca:  Film Kingdom: Ashin Of The North, Jun Ji Hyun Perankan Ashin

Terdapat Lautan

Planet Jupiter ternyata memiliki lautan di permukaannya. Tetapi lautan ini berbeda dengan lautan yang terdapat di Bumi yang berisi air.

Lautan di Jupiter berisi logam cair atau hydrogen metalik. Di atas lautan tersebut tertutupi oleh lapisan hidrogen dan helium yang tebal.

Gravitasi Paling Kuat di Tata Surya

Jupiter selain merupakan planet raksasa di tata surya, kekuatan gravitasinya juga sangat kuat yaitu 14 kali di bumi.

Kekuatan gravitasi ini membuat Jupiter menyelamatkan Bumi yang hampir tertabrak komet. Saking kuatnya, Jupiter akan menarik komet, meteorit, dan asteroid yang melintas dan merusaknya.

Mengalami Hari Terpendek

Jupiter merupakan planet dengan hari paling pendek di antara planet dalam tata surya. Planet ini hanya membutuhkan waktu 9 jam 55 menit saja untuk 1 kali rotasi.

Kecepatan rotasi planet Jupiter yaitu 12,6 kilometer per detik. Hal ini juga menyebabkan terdapat gravitasi dan pancaran radiasi  yang kuat.

Bola Gas Raksasa

Fakta unik planet Jupiter selanjutnya adalah sebagian besar pembentuknya merupakan partikel gas dan cair. Jupiter tersusun dari 88%-92% gas hidrogen dan 8%-12% gas helium.

Jupiter terkenal sebagai bola gas karena komposisi heliumnya sama dengan jumlah yang terdapat di matahari.

Fakta bahwa Jupiter adalah bola gas raksasa ini juga menjadi penyebab tidak adanya pendaratan di planet ini.

Berbeda dengan planet lain, di Jupiter tidak ada daratan sama sekali dan hanya ada lapisan gas dan lautan logam cair saja.

Warna yang Unik

Warna permukaan planet Jupiter terdiri dari oranye dan putih. Perpaduan ini berasal dari awan atmosfer yang menyelubungi permukaan planet.

Perbedaan warna atmosfer ini ada karena kandungan yang berbeda. Warna oranye mengandung amonium hidrosulfida, dan warna putih mengandung amonia.

Kemungkinan Adanya Kehidupan

Menurut para ilmuwan, mungkin saja terdapat kehidupan di Jupiter, tetapi tidak sama dengan di Bumi mengingat hanya terdapat sedikit air dan banyak amonia.

Hipotesis lain menyatakan bahwa kehidupan tersebut bisa berada pada satelit Europe karena terdapat es dan tumbuh bunga-bunga di permukaan.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer