Ciri-ciri Jantung Bermasalah Ini Wajib Diwaspadai

Berita Viral

Penyakit jantung masih tetap menjadi penyakit yang menakutkan karena bisa mengancam nyawa seseorang. Untuk itu, mengetahui ciri-ciri jantung bermasalah menjadi sangat penting, agar bisa Anda antisipasi sejak dini, apabila  memiliki gejala penyakit jantung.

Ada beberapa gejala yang akan seseorang alami saat menandakan mengalami gangguan atau masalah pada kesehatan jantungnya. Segera menyadari bahwa gejala yang mereka alami merupakan ciri dari penyakit jantung, bisa meminimalisir resiko terburuk yang akan terjadi. Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut.

Nyeri Dada

Ciri-ciri jantung bermasalah yang paling sering terjadi adalah timbulnya rasa nyeri pada dada sebelah kiri. Rasa nyeri ini biasanya juga menjalar sampai lengan sebelah kiri, leher, rahang, bahkan hingga seperti menembus sampai ke bagian punggung.

Rasa nyeri terjadi akibat adanya penyumbatan pembuluh darah ke jantung. Pada keadaan ini, darah tidak bisa mengalir ke jantung, demikian juga jantung tidak bisa memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Akibatnya, akan timbul rasa nyeri yang biasa disebut dengan serangan jantung.

Sesak Napas

Seseorang yang memiliki masalah pada jantung, biasanya juga akan sering mengalami sesak napas. Hal ini terjadi karena darah tidak bisa mengalir dengan lancar ke seluruh bagian tubuh, dan terakumulasi pada bagian tubuh tertentu.

Apabila darah menumpuk tau terakumulasi pada jaringan  paru-paru, maka  akan terjadi sesak napas. Karena pada keadaan ini, cairan atau darah yang menumpuk akan menghambat keluar masuknya oksigen ke dalam paru-paru, sehingga mengakibatkan sesak napas.

Batuk

Kondisi batuk juga bisa menjadi ciri-ciri dari orang yang memiliki masalah pada organ jantungnya. Batuk yang terindikasi sebagai ciri dari jantung yang bermasalah adalah batuk yang terus menerus dan tidak kunjung berhenti. Batuk ini biasanya juga disertai dengan keluarnya lendir.

Lendir yang ada bisa saja disebabkan karena adanya penumpukan cairan di dalam paru-paru. Cairan ini yang nantinya keluar dalam bentuk dahak atau lendir saat batuk. Semakin banyak dahak yang keluar, semakin besar penumpukan cairan di paru-paru yang menyebabkan batuk.

Dada Berdebar

Sering mengalami dada berdebar juga bisa diwaspadai mengalami masalah pada jantung. Seperti diketahui, jantung bekerja dengan irama yang teratur, dan tidak pernah berhenti meskipun saat sedang tidur. Irama kerja jantung ini terjadi dengan teratur serta tidak pernah berubah.

Apabila tiba-tiba dada sering berdebar-debar dan detak jantung menjadi tidak teratur, bisa saja hal tersebut sebagai tanda jantung mengalami gangguan atau masalah.  Dada sering berdebar-debar terjadi karena adanya gangguan ritme jantung atau aritmia.

Cepat Lelah

Ciri-ciri jantung bermasalah yang sering terjadi lainnya adalah seseorang menjadi cepat merasa lelah. Rasa cepat lelah ini karena tubuh kekurangan oksigen. Oksigen dalam tubuh berasal dari darah yang berasal dari jantung dan mengalir ke seluruh tubuh.

Ketika jantung mengalami masalah, maka aliran darah ke seluruh tubuh juga akan terganggu. Akibatnya, suplai oksigen juga terganggu, sehingga tubuh menjadi cepat merasa lelah. Rasa cepat lelah juga karena menumpuknya cairan dalam paru-paru yang mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen.

Pusing

Saat jantung mengalami masalah, maka suplai darah bersih dalam tubuh dan ke otak juga akan mengalami gangguan. Ketika aliran darah dan oksigen ke otak terganggu, maka yang terjadi adalah seseorang menjadi sering merasa pusing.

Selain pusing, kurangnya suplai oksigen juga menyebabkan orang mudah mengantuk. Ini perlu Anda waspadai. Namun, perlu Anda sadari pula bahwa tidak semua pusing terjadi akibat masalah pada jantung.

Ini juga bisa menjadi indikasi berbagai gangguan lain pula, jadi jangan terlalu cepat menyimpulkannya. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah, jika Anda merasa pusing yang tidak normal atau berlebihan, langsung cek ke dokter. Di sana Anda akan mengetahui secara akurat masalah apa yang terjadi.

Kaki Bengkak

Jantung bermasalah menyebabkan terjadinya penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh. Ketika terjadi penumpukan cairan, terjadilah pembengkakan pada bagian tubuh tersebut. Bagian yang sering mengalami pembengkakan akibat gangguan jantung adalah bagian kaki, pergelangan tangan dan betis.

Mual Dan Muntah

Penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh juga bisa mengakibatkan seseorang menjadi sering merasa mual dan muntah. Hal ini terjadi apabila penumpukan cairan terjadi pada daerah perut, yang mengakibatkan perut merasa penuh, kembung dan menyebabkan mual dan muntah.

Ciri-ciri jantung bermasalah yang sudah dibahas adalah gejala umum yang sering terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan atau masalah pada organ jantungnya. Selain itu, masih ada beberapa ciri-ciri lain yang menandakan jantung mengalami masalah lainnya yang lebih spesifik dari daftar di atas.

Perlu Anda ketahui juga bahwa masalah pada jantung tidak hanya satu dan ada beberapa gangguan yang mungkin terjadi karena berbagai faktor. Jadi, jika Anda merasa ada yang salah dengan jantung atau mengalami beberapa keluhan di atas, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Berita Terbaru