Ciri-Ciri Investasi Aman yang Bisa Jadi Rujukan Anda

Berita Viral

Memilih lembaga investasi yang aman tidak bisa Anda lakukan tanpa menggunakan kriteria tertentu. Anda harus mengenali bagaimana ciri-ciri investasi aman yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan. Hal ini tujuannya agar bisnis investasi yang Anda jalankan dapat berjalan dalam jangka waktu panjang.

Memahami ciri-ciri bisnis investasi yang aman penting agar Anda tidak mudah tertipu tawaran menggiurkan dengan iming-iming keuntungannya banyak. Simak ulasan berikut mengenai apa saja ciri-ciri lembaga investasi yang disebut aman dan dapat Anda jadikan sebagai rujukan jangka panjang.

Mempunyai Ijin dan Terdaftar di OJK dan BEI

Komponen utama yang harus investasi miliki agar bisa bisa kita katakan aman adalah izin legalitas dari BEI dan OJK. Perusahaan penyedia layanan invetasi yang produknya terjamin aman biasanya tandanya adalah adanya izin legalitas dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Izin legaitas dari Ototritas Jasa Keuangan merupakan hal penting karena lembaga ini berfungsi untuk mengawasi seluruh kegiatan dalam sektor keuangan. Anda bisa mencari tahu apakah lembaga investasi yang Anda pilih termasuk dalam rilis nama perusahaan terdaftar di otoritas jasa keuangan.

Satu lagi izin yang harus perusahaan investasi miliki agar disebut aman, yaitu terdaftar dalam anggota bursa efek Indonesia. Anda bisa mengecek kelengkapan ini sendiri secara online dengan cara mencari tahu apakah perusahaan investasi sudah terdaftar di bursa efek indonesia.

Mempunyai Identitas yang Jelas

Ciri-ciri investasi aman berikutnya adalah mempunyai identitas jelas, sehingga mudah untuk Anda lacak maupun hubungi. Indentitas dari perusahaan tersebut adalah berupa nama perusahaan, alamat tempatnya berada, hingga kontaknya yang bisa Anda hubungi apabila ingin berinvestasi.

Identitas perushaan ini penting saat Anda akan mencari tahu informasi mengenai penyedia layanan investasi tersebut. Anda bisa mencoba untuk menghubungi kontak yang sudah tersedia untuk melihat bagaimana respon customer service kepada orang baru, terutama calon investor.

Apabila customer service dari perusahaan investasi tersebut ternyata resposnsif, maka Anda bisa bertanya secara lebih lanjut mengani bisnis yang mereka jalankan. Namun, apabila customer service penyedia investasi tidak menganngapi dengan baik, maka patut Anda curigai.

Cara Kerja Bisnisnya Mudah Dipahami

Pada saat akan menanamkan modal di sebuah perusahaan, maka Anda harus mengetahui bagaiman cara kerja bisnisnya dan sistem pengelolaan dana. Hal ini berhubungan dengan bagaimana perusahaan akan membuat dana yang Anda tanamkan bertumbuh dna menghasilkan keuntungan.

Apabila Anda mempunyai dana untuk Anda investasikan, sebaiknya mempelari cara kerjanya terlebih dahulu. Anda bisa menganalisa bagaimana cara perusahaan tempat investasi untuk menumbuhkan dana dan mengamati bagaimana pengelolaan dananya selama ini.

Investor yang tidak memahami cara kerja dan sistem pengelolaan dana biasanya bisa terjebak sendiri. Hal ini karena investor tersebut minim informasi, sehingga tidak mengetahui prosedur pengelolaan dana dan rawan untuk tertipu.

Mempunyai Jangka Waktu yang Jelas

Ciri-ciri investasi aman selanjutnya adalah mempunyai jangka waktu yang jelas hingga bisa menghasilkan keuntungan. Jangka waktu ini juga harus masuk akal karena bisnis investasi yang tingkat pengembaliannya cepat juga mempunyai resiko tinggi.

Rentang waktu dari investasi bisa sangat panjang, yaitu hingga mencapai 10 tahun. Dalam rentang waktu ini tentu saja Anda akan mendapatkan pengembalian secara berkala dalam jumlah masuk akal. Anda perlu memperhatikan tingkat pengembalian investasi selama jangka waktu penanaman modal.

Rekam Jejaknya Baik

Rekam bisnis dari perusahaan penyedia investasi merupakan hal berikutnya yang penting untuk Anda perhatikan. Pastikan bahwa perusahaan tempat Anda berinvestasi mempunyai rekam jejak yang baik agar bisa Anda percaya dalam mengelola dana.

Anda bisa melihat rekam jejak dari perusahan ini secara digital maupun langsung dari relasi yag juga melakukan investasi. Hal pertama yang hasru Anda cari tahu adalah apakah lembaga penyedia investasi tersebut merupakan perusahaan terpercaya agar dana Anda terkelola dengan aman.

Hal berikutnya yang harus Anda gali dari penyedia investasi tersebut adalah apakah perusahaan pernah mengalami suatu kasus, sehingga merugikan banyak orang atau tidak. Apabila ternyata banyak yang mengaku merupakan korban investasi bodong perushaan tersebut, maka perlu Anda pertimbangkan lagi.

Tidak Memberikan Janji Terlalu Muluk-Muluk

Persentase keuntungan dalam jumlah wajar merupakan ciri-ciri investasi aman yang terakhir. Investasi yang pengelolaannya benar dan tidak bermaksud untuk menipu pemilik dana akan memberikan persentase keuntngan wajar karena berdasarkan pada pengembangan bisnis.

Anda perlu berhati-hati apabila ada investasi yang menawarkan persentase keuntungan puluhan persen per bulannya, sebab jauh melebihi bunga deposito. Persentase tersebut bisa jadi juga tidak masuk akal apabila Anda bandingkan dengan harga saham dan pergerakan pasar.

Apabila Anda mendapatkan tawaran invetasi dengan janji bebas resiko dan akan menghasilkan keuntungan sebaiknya pelru waspda. Tingkat persentase yang baik dari sebuah investasi adalah yang  sesuai dengan bungan deposito BI, yaitu 6% per tahunnya.

Berita Terbaru