Buket Bunga Pernikahan Tahan Lama, Yuk Ikuti Tips Ini!

0
26
memeflorist

Buket bunga pernikahan merupakan dekorasi pernikahan yang penuh dengan kesan. Sebuah pernikahan merupakan acara bersejarah bagi dua insan yang mengikat diri dalam ikatan yang suci. Momen seperti ini tentunya menjadi kesan oleh banyak orang dengan dengan acara dan dekorasi semenarik mungkin. Berbagai hiasan pun digunakan untuk memeriahkam acara pernikahan.

Dalam dekorasi sendiri, saat ini tak jarang kita temui buket, papan bunga, standing flower, maupun jenis dekorasi atau hiasan lainnya. Salah satu yang ada dalam sebuah pernikahan yaitu buket bunga pengantin, yang biasa di pegang oleh sang mempelai wanita.

Untuk Anda yang belum pernah menjadi pengantin, semua buket mungkin tampak pada dasarnya sama. Itu hanya sekumpulan bunga yang diikat dengan pita, kan? Faktanya, tidak semua buket bunga diciptakan sama!

Sebenarnya ada berbagai gaya dari buket pengantin, tergantung pada bentuk dan jenis bunga. Terserah pada Anda untuk memutuskan gaya mana yang melengkapi gaya gaun dan pesta pernikahan Anda. Misalnya, buket yang lebih besar mungkin lebih cocok untuk pertukaran janji resmi di gereja, sementara pengaturan yang lebih kecil dan lebih longgar akan cocok dengan perayaan outdoor yang santai.

Kesan Istemewa Dari Buket Bunga Pernikahan

 Untuk menentukan pilihan Anda, tentu saja Anda harus mengetahui berbagai jenis buket bunga yang paling populer di pasaran. 

Baca:  Perusahaan Startup Digital dengan Level Valuasinya

Pada umumnya, bunga menjadi salah satu item wajib dalam prosesi atau upacara pernikahan. Pasalnya, bunga memang cocok melambangkan keindahan, kebahagiaan dan keromantisan dalam sebuah pernikahan. Selain untuk dekorasi, buket bunga juga akan berada di tangan pengantin perempuan, khususnya dalam resepsi pernikahan yang bergaya modern.

Biasanya, pengantin perempuan akan memilih bunga berwarna putih yang melambangkan kesucian dan kemurnian cinta. Namun, tidak menutup kemungkinan pengantin perempuan akan memilih bunga dengan jenis maupun warna-warna lain. Seperti mawar merah, pink, atau kuning yang bisa jadi sebuah alternatif. Pemilihan warna, model rangkaian dan jenis bunga biasanya akan disesuaikan dengan tema pernikahan.

Sebagian buket bunga pernikahan terbuat dari bunga artifisial. Namun, sebagai lagi menggunakan bunga segar. Buket bunga memiliki kesan tersendiri bagi pasangan pengantin. Mereka akan menyimpannya sebagai hiasan. Namun, buket yang menggunakan bunga segar rasanya mustahil untuk dapat bertahan lama.

Lalu, bagaimana agar buket bunga segar tersebut bisa tahan lama? Berikut tips merawatnya:

Buket Bunga Pernikahan : Masukkan ke Dalam Vas Berisi Air

Agar buket bunga segar dan bertahan lama, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meletakkan buket bunga tersebut ke dalam sebuah vas yang ada air. Batang dari bunga yang terendam di dalam air bisa membuat bunga kembali segar dan bertahan lebih lama. Jangan lupa untuk mengganti air beberapa kali sehari agar air tetap bersih dan tidak bau.

Baca:  Obat Luka Bakar Yang Efektif Dan Bisa Diandalkan

Potong Ujung Tangkai Bunga dengan Sudut 45 Derajat

Setelah memasukkan buket bunga ke dalam vas berisi air, Anda jangan lupa untuk memotong tiap ujung tangkai bunga dengan sudut 45 derajat. Hal ini harus Anda lakukan setiap hari. Potong batang bunga sedikit demi sedikit.

Supaya gelembung udara tidak meluas, sehingga bunga bisa menyerap air lebih banyak. Namun, satu hal yang harus Anda perhatikan, pemotongan batang bunga seperti ini tidak berlaku untuk semua jenis bunga. Maka, Anda harus dapat mengetahui jenis bunga mana saja yang bisa di rawat seperti ini.

Beri Gula atau Soda

Hal ketiga yang harus Anda lakukan agar buket bunga pernikahan lebih tahan lama adalah dengan memberikan gula atau soda ke dalam air tempat vas bunga Anda. Selain mengandung zat untuk bunga tersebut, pemberian gula atau soda juga bisa meniru cara fotosintesis tumbuhan.

Dengan pemberian gula atau soda tersebut, maka Anda harus bisa mengganti air di dalam vas beberapa kali dalam sehari.

Baca:  Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat dan Kulit Sensitif

Bersihkan Air di Dalam Vas

Anda harus rajin membersihkan air di dalam vas dari daun-daun kering yang jatuh maupun yang telah tenggelam.  Tujuannya agar air di dalam vas tetap bersih dan lebih tahan lama.

buket bunga pernikahan
pixabay

Hindari Sinar Matahari Langsung

Tips selanjutnya adalah dengan cara menghindarkam buket bunga dari paparan sinar matahari secara langsung. Panas matahari yang berlebihan bisa membuat bunga lebih cepat layu dan kering, sehingga bunga tidak dapat bertahan lama.

Semprot Bunga Menggunakan Hairspray

Tips yang satu ini mungkin terdengar aneh di telinga Anda. Namun, cara ini bisa membuat bunga tetap segar dan lebih tahan lama.

Jauhkan Buket Bunga dari Tumbuhan Lain

Tips terakhir dari merawat buket bunga pada pernikahan adalah dengan menjauhkannya dari tumbuhan lainnya. Sebab, tumbuhan lain bisa mempengaruhi keawetan bunga. Gas etilena yang keluar dari tumbuhan lain bisa membuat buket bunga Anda lebih cepat layu.

Demikianlah beberapa tips untuk membantu Anda merawat buket bunga pernikahan agar bisa lebih tahan lama. Meskipun pada akhirnya, bunga-bunga tersebut juga akan dibuang karena sudah benar-benar mati. Jika Anda ingin buket bunga tersebut awet, Anda bisa mengeringkannya. Semoga bermanfaat.