32 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
BerandaBeritaCara Merawat Wajah Berjerawat agar Tetap Sehat

Cara Merawat Wajah Berjerawat agar Tetap Sehat

Memiliki wajah yang rentan berjerawat memaksa Anda untuk rutin melakukan perawatan. Jangan sampai kemalasan Anda membuat jerawat semakin parah. Berikut cara merawat wajah berjerawat yang bisa Anda coba agar bisa tampil di depan banyak orang dengan lebih percaya diri.

Menjaga Kebersihan Wajah

Rajin mencuci muka merupakan salah satu cara merawat wajah yang rentan berjerawat. Cucilah muka menggunakan facial wash yang sesuai dengan kulit wajah Anda. Lakukan cuci muka setidaknya 2 kali dalam sehari, yaitu di pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Sisa-sia make up, debu atau minyak yang masih menempel di wajah dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Jadi, cuci muka Anda sampai benar-benar bersih agar jerawat tidak semakin parah.

Pakailah Obat yang Sesuai dengan Kulit Wajah

Wajah berjerawat memang sangat mengganggu penampilan. Saat mengalaminya, ada yang acuh dan ada juga yang ingin jerawatnya segera sembuh. Jika Anda tipe yang kedua, menggunakan obat jerawat bisa jadi salah satu cara untuk menyembuhkan jerawat.

Akan tetapi, sebelum Anda menggunakan obat jerawat, pilih obat yang sesuai dengan kulit wajah. Jangan tergiur dengan opini bahwa obat tersebut sangat ampuh tanpa memperhatikan kondisi kulit wajah Anda. Sebaiknya, konsultasikan ke orang yang lebih paham sebelum menggunakannya.

Jangan Sentuh atau Pencet Jerawat

Kehadiran jerawat di wajah seringkali membuat tangan tergoda untuk memencetnya. Sebagian besar dari Anda pasti sering melakukan hal tersebut bukan? Harapannya, memencet jerawat bisa membuatnya segera kempes dan menghilang.

Padahal, memencet jerawat justru akan membuatnya semakin meradang. Selain itu, jerawat juga akan membuat bekas kehitaman dan sulit hilang.

Oleh karena itu, jika Anda ingin kulit segera bersih dari jerawat, sebaiknya obati dengan obat khusus untuk jerawat. Cara merawat wajah berjerawat memakai obat lebih baik ketimbang dengan memencetnya.

Rutin Menggunakan Toner

Rutin memakai toner merupakan salah satu perawatan wajah berjerawat agar tetap dalam keadaan sehat. Pilih toner yang sesuai dengan kulit wajah Anda. Gunakan toner tersebut setelah selesai mencuci muka.

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya gunakan toner yang memiliki kandungan astringent. Sedangkan, Anda yang memiliki wajah kering sebaiknya menggunakan toner yang memiliki kandungan pelembap.

Pemakaian toner secara rutin dapat membantu meminimalisir produksi minyak dan menghidrasi kulit. Oleh karena itu, toner sangat recommended untuk kulit wajah yang rentan berjerawat.

Rutin Menggunakan Pelembap

Wajah berjerawat memang bisa disebabkan karena produksi minyak yang berlebihan. Namun, jika Anda sedang menggunakan obat jerawat, maka sebaiknya tidak lupa menggunakan pelembap. Penggunaan obat tersebut dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan mengelupas.

Oleh karena itu, cara merawat wajah berjerawat yang sebaiknya Anda lakukan adalah rutin memakai pelembap agar kesehatan dan kelembapan kulit tetap terjaga. Oleskan pelembap yang memiliki kandungan ringan setidaknya 2 kali sehari. Pelembap yang ringan biasanya berupa lotion atau gel.

Hentikan Melakukan Scrub pada Wajah

Sebagian dari Anda mungkin tergiur melakukan scrub untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Scrub memang dapat membersihkan wajah, namun sebenarnya melakukan scrub pada kulit wajah yang rentan berjerawat sangat tidak bagus.

Scrub dapat membuat kulit mengalami iritasi. Jika scrubing Anda lakukan pada kulit yang rentan berjerawat, justru akan memperparah keadaan. Jerawat tidak akan semakin mereda, tapi malah semakin parah.

Gunakan Sunscreen Ketika Beraktifitas di Luar Ruangan

Jika Anda sering beraktifitas di luar ruangan, sebaiknya rutin gunakan sunscreen. Penggunaan sunscreen dapat melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Namun, banyak yang beranggapan bahwa penggunaan sunscreen pada wajah yang jerawatan malah akan memperparah.

Sunscreen dinilai dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat menimbulkan jerawat. Padahal, pemilihan sunscreen yang tepat tidak akan memperparah kondisi jerawat.

Kulit tetap membutuhkan sunscreen untuk melindunginya dari paparan sinar matahari yang membahayakan. Jadi, penggunaan sunscreen tetap penting. Pada obat-obat jerawat pun banyak yang mengandung sunscreen.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Bagi Anda yang mengalami kulit berjerawat, jangan lupa untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Kebutuhan air putih harus tercukupi agar dapat melawan minyak yang berlebih.

Dengan demikian, kemunculan jerawat di wajah dapat Anda hindari. Dalam hal ini, minumlah air putih setidaknya delapan gelas setiap hari.

Perhatikan Konsumsi Makanan

Munculnya jerawat ternyata juga bisa karena makanan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda memperhatikan setiap makanan. Makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi gula bisa memicu kemunculkan jerawat.

Jadi, kurangi makanan yang demikian jika Anda memiliki kulit rentan berjerawat. Lebih baik, perbanyak makan sayur-sayuran, bijian-bijian, buah-buahan atau makanan yang mengandung protein lainnya.

Merasa risih dengan adanya jerawat di wajah jangan lantas membuat Anda menghilangkannya dengan jalan pintas. Jangan Anda sentuh atau Anda pencet. Biarkan saja dan lakukan cara merawat wajah berjerawat yang benar agar tidak membuatnya menjadi lebih parah.

Berita Terkait

TERPOPULER