Cara Mengobati Leher Tengeng Secara Alami

Berita Viral

Leher tengeng merupakan rasa nyeri pada leher bagian samping kanan, kiri, depan, maupun belakang. Pada umumnya, kondisi ini karena saraf terjepit, otot leher tertarik, atau pengapuran sendi yang dapat Anda sembuhkan melalui berbagai cara mengobati leher tengeng yang efektif.

Rasa nyeri ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu tanpa pengobatan. Namun, nyeri leher ini juga dapat menunjukkan suatu gejala penyakit tertentu. Secara umum, rasa nyeri pada leher tengeng dapat Anda kurangi atau sembuhkan dengan cara berikut ini.

Gunakan Bantal yang Sesuai

Setiap orang memiliki kebutuhan akan bantal yang sesuai dengan tubuhnya. Pada umumnya, ukuran bantal akan disesuaikan dengan bentuk leher Anda, sehingga dapat nyaman digunakan. Menggunakan bantal yang tidak sesuai hanya akan membuat tidur Anda tidak nyaman hingga leher terasa kaku.

Untuk mengobati dan mencegah terjadinya kaku pada leher, Anda harus menghindari penggunaan bantal yang tinggi dan bertekstur keras. Selain itu, ada juga jenis bantal yang dapat mengikuti kontur leher dan kepala, yaitu bantal berbahan memory foam.

Lakukan Senam Leher

Meskipun bukan termasuk penyakit berat, namun nyeri dan kaku pada leher cukup menyebalkan dan membutuhkan waktu berhari-hari jika tidak Anda tangani. Salah satu cara mengobati leher tengeng adalah dengan berolahraga ringan dengan menggerakkan otot leher yang kaku.

Senam leher dapat mengurangi rasa sakit pada leher tengeng hingga menyembuhkannya. Senam leher yang dapat Anda lakukan cukup simple. Caranya, gerakkan leher ke samping kanan dan kiri, ke atas dan ke bawah, kemudian putar kepala.

Lakukan senam tersebut beberapa kali hingga nyeri pada leher berkurang. Senam ini berfungsi untuk meregangkan otot leher yang tegang. Peregangan ini perlahan-lahan akan membuat otot leher Anda lemas sehingga tidak menimbulkan rasa nyeri lagi.

Kompres Leher

Memberi terapi panas dan dingin pada leher juga dapat mengurangi rasa nyeri pada leher tengeng. Pemberian kompres panas dan dingin membantu melemaskan otot yang tegang dari luar sehingga memberiejek serupa pijatan.

Cara terapi menggunakan kompres ini sangat mudah. Pertama, siapkan peralatan seperti es batu, handuk, air hangat, dan botol. Bungkus es batu menggunakan handuk dengan ketebalan sedang sehingga rasa dingin es masih dapat dirasakan otot leher Anda.

Tempelkan handuk yang telah Anda isi es batu ke leher Anda yang nyeri selama beberapa saat. Selanjutnya, masukkan air hangat ke dalam botol dan kompreskan ke leher Anda.

Lakukan terapi ini selama tiga hari. Jika rasa nyeri terus berlanjut, maka segera periksakan ke dokter karena bisa jadi ini gejala penyakit lain.

Hindari Gerakan Leher Terlalu Kencang

Untuk mengobati leher tengeng atau setidaknya mengurangi rasa nyerinya, Anda harus mengendalikan gerak leher Anda. Gerakan terlalu kencang dan tiba-tiba hanya akan membuat rasa nyeri leher Anda semakin parah.

Hindari menggerakkan leher Anda yang sakit secara tiba-tiba. Gerakan ini dapat menyebabkan otot kaget sehingga menjadi semakin tegang. Maka, jika leher Anda terasa nyeri, jangan gerakkan leher Anda terlalu keras terlebih tiba-tiba, bahkan ketika Anda melakukan senam leher.

Memijat Leher

Memijat leher sedikit banyak dapat meredakan rasa nyeri pada leher tengeng. Pijatlah leher Anda dengan lembut untuk membuat otot Anda lebih rileks. Memijat dengan cara mengurutnya juga dapat mengembalikan posisi saraf seperti semula sehingga rasa nyeri pada leher dapat berkurang.

Untuk rasa sakit dengan tingkat keparahan rendah, Anda dapat memijat leher Anda sendiri. Akan tetapi jika rasa sakit terlalu parah hingga Anda sulit untuk menggerakkan tangan hingga pundak, maka Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk melakukan pijatan lembut.

Peregangan Lengan

Kadang kala, nyeri leher terjadi karena saraf di bawah ketiak yang terjepit. Cara mengobati leher tengeng karena hal tersebut adalah dengan melakukan peregangan lengan. Hal ini ntuk melepaskan saraf yang terjepit.

Lakukan peregangan sederhana. Rentangkan tangan pada bagian leher yang sakit. Luruskan hingga saraf tertarik, kemudian bawa tangan ke arah belakang. Pertahankan posisi tersebut untuk beberapa saat, kemudian lepaskan. Lakukan beberapa kali hingga rasa nyeri leher Anda berkurang.

Fisioterapi

Apabila rasa nyeri pada leher tengeng menunjukkan tingkat keparahan sedang hingga akut, Anda dapat menghubungi fisioterapis untuk menerapi leher Anda. Terapi ini bertujuan untuk memperbaiki postur tubuh melalui gerakan tertentu.

Pada terapi ini, Anda juga dapat memperoleh terapi neck traction, yaitu sebuah alat menyerupai gantungan untuk meregangkan leher. Tidak hanya terapi fisik, fisioterapi juga menerapkan terapi TENS, yaitu penyaluran aliran listrik pada bagian yang sakit.

Terapi tersebut dilakukan untuk mempercepat penyembuhan rasa nyeri pada leher. Kemudian, melengkapi terapi ini Anda dapat menggunakan neck collar untuk menyangga leher Anda dalam beraktivitas sehari-hari. Alat ini hanya dapat Anda gunakan maksimal 3 jam per hari selama 1-2 minggu.

Konsumsi Obat

Cara mengobati leher tengeng ini dapat Anda lakukan apabila rasa sakit pada leher Anda tidak tertahankan. Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. Namun, jika rasa nyeri Anda tidak kunjung reda, maka hubungi dokter untuk memperoleh obat yang sesuai dengan kondisi Anda

Berita Terbaru