Cara Mengobati Eksim Basah yang Efektif

Reportasee.com – Eksim basah merupakan suatu penyakit atau gangguan kulit bernanah, berisi cairan, atau terkihat basah. Penyakit ini pada umumnya akibat adanya infeksi pada kulit. Namun Anda tak perlu khawatir, ada berbagai cara mengobati eksim basah.

Ada berbagai penyakit atau gangguan pada kulit yang akan minimbulkan eksim basah, seperti dermatitis, kontak iritan, dermatitis kontak alergi, impetigo, dan ulkus. Gangguan ini dapat Anda redakan atau cegah dengan berbagai cara berikut.

Cara Mengobati Eksim Basah

Terapi Obat Oles Eksim

Jenis pengobatan eksim basah harus Anda sesuaikan dengan beberapa hal seperti tingkat keparahan, kondisi kesehatan, dan usia. Pada umumnya, dokter akan merekomendasikan pengobatan dengan obat berdasar pada pertimbangan tersebut.

Perawatan menggunakan obat oles berupa gel, krim, salep, dan larutan banyak direkomendasikan untuk mengendalikan rasa gatal. Jenis perawatan ini juga dapat memperbaiki kondisi kulit, menghindari adanya luka terbuka, dan mencegah infeksi.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa, lidah buaya, dan cuka sari apel untuk mengobati eksim basah. Bahan alami ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit sekaligus memperbaiki kondisi kulit.

Perawatan Diri di Rumah

Cara mengobati eksim basah juga dapat Anda lakukan dengan merawat diri sendiri di rumah. Perawatan tersebut dapat Anda mulai dengan mandi. Ketika Anda mengalami eksim basah, Anda harus sering mandi untuk membunuh bakteri dan mengurangi kulit mati.

Usahakan untuk menggunakan sabun berbahan ringan. Hal ini agar kulit tidak menjadi lebih kering dan memperparah rasa gatal.

Kemudian, usahakan untuk tidak menggosok tubuh Anda terutama pada bagian yang sakit terlalu keras. Usap dan tepuk perlahan tubuh dengan handuk sesudah mandi.

Mandi dengan air dingin atau air bersuhu sejuk juga dapat meringankan gejala yang timbul saat mengalami eksim basah. Kemudian, Anda juga harus menghindari pemakaian parfum langsung pada tubuh Anda agar tidak memperparah gejala eksim.

Hindari menggaruk atau menggosok kulit yang terkena eksim basah karena akan memperparah kondisinya. Gunakan pula pakaian berbahan lembut dengan desain longgar untuk mencegah infeksi lebih parah.

Kemudian, untuk meredakan gejala serta mencegah kambuhnya eksim basah, rawat kulit Anda dengan menggunakan lotion pelembab kulit nonkosmetik berbahan aman. Usahakan agar seluruh produk perawatan kulit Anda minim parfum atau bahkan nonparfum.

Perawatan Lingkungan Rumah

Selain perawatan tubuh, Anda juga harus merawat lingkungan di sekeliling Anda agar tidak memperparah kondisi eksim basah pada kulit. Tidak hanya itu, perawatan lingkungan yang sesuai juga dapat mencegah kambuhnya eksim basah pada kulit.

Perawatan lingkungan ini dapat Anda mulai dengan mletakkan pelembab udara di ruangan. Hal ini dapat menjaga kulit Anda tetap terhidrasi sehingga tidak mudah kering. Dengan demikian, gejala eksim basah pada kulit Anda cepat mereda.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat melakukan terapi sinar UV agar peradangan akibat eksim basah segera mereda.

Jika kondisi Anda tidak begitu parah, maka Anda dapat mengandalkan sinar matahari pagi mulai dari pukul 6 hingga 9 pagi. Usahakan kulit Anda terkena sinar matahari langsung pada waktu tersebut.

Fototerapi

Apabila eksim basah yang Anda derita telah berada pada tingkat keparahan sedang bahkan akut, Anda dapat melakukan fototerapi. Cara mengobati eksim basah ini mengandalkan sinar ultraviolet dosis rendah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada dua jenis fototerapi, yaitu terapi sinar UVA, UVB, atau kombinasi keduanya, serta terapi PUVA. Konsultasikan pada dokter mengenai jenis perawatan fototerapi yang Anda butuhkan sesuai dengan jenis dan tingkat keparahan eksim.

Kurangi Stres

Stres dapat menyebabkan berbagai macam penyakit menjadi lebih parah. Begitu pula dengan eksim basah. Kulit yang meradang karena eksim basah juga dapat menjadi semakin parah bahkan disertai dengan gejala lain seperti demam dan mual jika tingkat stress Anda tinggi.

Oleh karena itu, ketika mengalami eksim basah, Anda harus berusaha mengendalikan tingkat stress sehingga tidak memperburuk kondisi Anda. Anda dapat mengusahakannya dengan melakukan yoga, meditasi, atau olahraga ringan.

Jaga Pola Makan

Kenali diri Anda sendiri, utamanya pada alergi makanan tertentu yang dapat mencetus terjadinya eksim. Pilih makanan sehat dan bergizi. Hindari makanan yang berpotensi menimbulkan alergi sehingga menyebabkan eksim menjadi lebih parah.

Minum Obat Eksim

Cara mengobati eksim basah juga dapat Anda lakukan dengan obat minum. Obat-obat untuk mengobati eksim basah dalam pemakaiannya harus berdasarkan petunjuk dokter. Hal ini terkait dengan efek samping yang timbul.

Beberapa jenis obat eksim basah akan memberi efek berupa turunnya daya tahan tubuh sehingga membutuhkan pengawasan dokter.

Apabila Anda disarankan untuk mengonsumsi obat berjenis antibiotic, maka Anda harus mengonsunsinya hingga habis sesuai dosis anjuran dokter.

Saran pengonsumsian antibiotic tersebut untuk mencegah bakteri kebat obat. Sedangkan beberapa jenis obat lainya, tidak boleh Anda konsumsi dalam jangka waktu yang lama karena khawatir akan memperberat kerja ginjal.