Begini Cara Menghindari Stres yang Efektif

Berita Viral

Tahukah Anda bahwa stres bisa mempengaruhi kesehatan? Tidak hanya stres dalam jangka waktu panjang, stres yang seseorang alami sementara juga bisa menurunkan daya tahan tubuh. Makanya, sangat penting mengelola kesehatan mental dan tahu cara menghindari stres.

Stres bisa Anda kelola sendiri. Pun tidak masalah jika sesekali Anda mau untuk menerima diri yang sedang ada di kondisi yang tidak baik-baik saja. Namun, saat merasa sudah berlebihan dan ingin lebih tenang, Anda bisa menggunakan cara-cara berikut ini.

Makan dan Minum Yang Meningkatkan Kebahagiaan

Tahukah Anda bahwa ada makanan dan minuman yang bisa membuat bahagia? Contohnya cokelat yang mengandung phenylethylamine, senyawa yang membuat Anda merasa bahagia atau berbunga-bunga seperti jatuh cinta. Ada juga pisang yang membuat tidur lebih nyenyak.

Mengonsumsi makanan dan minuman, terutama yang Anda sukai akan meningkatkan perasaan bahagia. Walau begitu, sebaiknya hindari minuman beralkohol atau makan terlalu banyak dan utamakan makanan yang sehat daripada sekadar yang enak.

Berhenti Merokok

Anda pasti pernah mendengar bahwa merokok dapat meredakan stres. Namun sebenarnya, merokok malah dapat menambah kadar stres makin tinggi. Rokok bahkan kerap menjadi pelarian oleh pekerja atau mahasiswa saat banyak pekerjaan menumpuk.

Nikotin yang ada pada rokok hanya akan menghilangkan rasa nyaman sesaat sementara, kecanduan pada rokok berkepanjangan. Selain itu, nikotin memberi tekanan lebih banyak pada tubuh, mengurangi aliran darah dan napas. Akibatnya timbul rasa tidak nyaman.

Berolahraga Secara Teratur

Cara menghindari stres yang sering orang abaikan adalah olahraga. Ya, sejatinya olahraga tidak hanya demi kesehatan badan saja, tapi juga mental. Ini karena saat Anda menggerakkan badan, hormon norepineprin sebagai antidepresan jadi meningkat.

Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat kok. Bisa Anda mulai dengan jalan setiap pagi berkeliling kompleks rumah, main badminton bersama teman selepas pulang kerja, atau yoga di setiap hari Minggu. Asalkan rutin, Anda jadi bisa lebih rileks lagi dan menghindari resiko stres.

Istirahat yang Cukup

Sama seperti anak-anak yang akan mulai rewel saat lelah dan mengantuk, orang dewasa seperti Anda pun butuh rehat saat mulai gelisah, merasa tidak terkendali, dan stres. Apalagi saat melakukan banyak aktivitas di luar ruangan atau pekerjaan sedang banyak-banyaknya.

Ambil jeda sesaat untuk meredakan pikiran. Jika Anda masih di tempat kerja, sandarkan kepala atau ambil posisi duduk paling nyaman, dengarkan lagu kesukaan Anda, dan tenangkan pikiran. Beruntung jika sudah bisa pulang, sebaiknya segera tidur atau rebahkan badan sambil menonton TV.

Meditasi

Meditasi atau merenung secara ilmiah terbukti bisa menurunkan rasa stres dan memperbaiki kesehatan mental. Cara kerja meditasi sendiri adalah dengan mengalihkan fokus pikiran, menurunkan detak jantung, sampai akhirnya bisa merasa lebih tenang daripada sebelumnya.

Jika Anda ingin memulai meditasi, bisa mencari tahu lebih lanjut kepada ahlinya. Atau jika tidak punya banyak waktu, solusi berikutnya adalah mencari tahu di internet mengenai langkah dan alat yang Anda butuhkan untuk meditasi mandiri dan mengikuti petunjuknya.

Melakukan Me-Time

Untuk Anda yang belum pernah melakukan me-time atau menyisihkan waktu untuk diri sendiri tanpa kehadiran orang lain, sepertinya perlu mencobanya. Sewaktu stres, menepi dari kehidupan sosial akan membuat perasaan jadi lebih tenang dan bebas.

Karena namanya adalah untuk diri sendiri, Anda bisa melakukan apa pun yang Anda inginkan asal tidak berbahaya. Misalkan saja membaca buku sambil mendengarkan musik, menonton film, atau sekadar tidur cukup. Sederhana, tapi layak untuk Anda coba.

Menyalakan Lilin Aroma Terapi

Sekarang ini sedang tren adanya minyak esensial dan lilin yang mengeluarkan aroma terapi. Menggunakan salah satu benda tadi saat beristirahat bisa menambah perasaan nyaman, tenang, dan mengurangi kecemasan saat Anda banyak pikiran.

Apalagi, pilihan aroma terapi sangat beragam. Walau begitu, aroma yang paling banyak dipilih saat ini oleh kaum millenials adalah lavender, mawar, kayu cendana, jeruk, dan akar wangi. Dan menurut penelitian, menggunakan aroma terapi bisa meningkatkan kualitas tidur.

Mengunyah Permen Karet

Apabila Anda membutuhkan cara menghindari stres yang cepat, maka mengunyah permen karet adalah hal yang tepat. Dilansir dari laman healthline.com, mengunyah permen karet bisa meredakan stres dan memiliki rasa aman dari dalam tubuh.

Disebutkan juga, mengunyah permen karet menimbulkan perasaan rileks dan melancarkan aliran darah ke otak. Inilah mengapa saat Anda merasa cemas, deg-degan, atau gelisah, makan permen karet bisa menenangkan dengan cepat. Ingat, pilih permen yang rendah gula!

Sejatinya, cara menurunkan tingkat stres pada tiap orang itu berbeda. Mungkin cara permen karet berhasil bagi Anda, tapi belum tentu cocok dengan teman. Ini mengapa sangat penting memastikan apa yang sesuai untuk diri Anda sendiri dan tidak larut pada stres.

Berita Terbaru