Cara Menghilangkan Memar Di Badan Yang Efektif

Terkadang, tanpa disadari pada bagian tubuh tertentu muncul warna biru kehitaman disertai rasa nyeri. Hal tersebut terjadi karena tanpa sengaja tubuh terbentur sesuatu sehingga menyebabkan kulit menjadi lebam.  Lalu, bagaiamana cara menghilangkan memar di badan yang sering terjadi tersebut?

Lebam bisa terjadi pada siapa saja. Selain menimbulkan rasa nyeri, lebam juga mengganggu penampilan, warna kulit jadi menghitam, dan hal tersebut biasanya bisa menghilang dalam waktu yang cukup lama.

Namun, jangan khawatir karena sebenarnya ini bisa Anda atasi. Beberapa cara bisa Anda lakukan untuk menghilangkan lebam, diantaranya adalah sebagai berikut.

Mengompres Dengan Es

Es bisa Anda gunakan untuk menghilangkan memar di badan secara efektif. Sifat es yang dingin akan mampu mendinginkan bagian badan yang memar. Sifat dingin es juga mampu mengurangi dan menekan jumlah darah yang bocor ke jaringan sekitarnya yang membuat memar semakin lebar.

Seperti kita ketahui, memar bisa terjadi karena benturan yang terjadi pada bagian anggota badan. Benturan tersebut menyebabkan pecahnya pembuluh darah, sehingga darah merembes kejaringan sekitar, dan menimbulkan warna hitam yang nampak pada bagian luar kulit.

Mengompres dengan es, akan membuat darah tidak semakin jauh merembes ke jaringan sekitar. Dengan demikian warna lebam pada kulit tidak semakin bertambah lebar. Selain itu, rasa nyeri juga akan berkurang karena rasa dingin yang berasal dari es tersebut.

Mengompres Dengan Air Hangat

Cara menghilangkan memar yang juga cukup efektif adalah dengan mengompres dengan air hangat. Cara ini bisa Anda lakukan apabila memar pada badan yang terjadi tidak kunjung hilang setelah sekitar dua hari. Dengan kata lain, cara ini bisa Anda lakukan setelah memar terjadi selama dua hari.

Air hangat di sini berfungsi untuk membantu membersihkan darah yang bocor dari pembuluh darah akibat adanya benturan. Warna hitam pada kulit, terjadi karena darah yang merembes keluar dari pembuluh darah tersebut. Semakin banyak darah yang bocor, maka semakin lebar lebam yang ada.

Mengompres dengan air hangat akan membantu membersihkan darah tersebut, sehingga warna lebam juga semakin memudar. Air hangat juga bisa melonggarkan otot-otot yang tegang, dan meredakan rasa sakit atau nyeri yang timbul akibat benturan.

Meninggikan Bagian Tubuh yang Memar

Memar terjadi akibat adanya benturan pada bagian badan yang mengakibatkan pembuluh darah rusak, dan darah merembes ke jaringan di sekitar bagian tersebut. Pada keadaan ini, ada kemungkinan darah yang bocor semakin banyak apabila tidak segera dilakukan penanganan.

Cara menghilangkan memar bisa Anda lakukan dengan menempatkan bagian tubuh yang memar lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya. Dengan cara ini, akan membantu mengurangi aliran darah ke area yang mengalami memar, sehingga tidak terjadi pembengkakan di area tersebut.

Apabila bagian yang memar terus mendapat aliran darah, maka yang terjadi adalah terjadinya pembengkakan di area tersebut. Karena pada area tersebut ada darah beku yang menghambat aliran darah, sehingga peredaran darah menjadi terhambat dan bahkan menumpuk di area tersebut.

Menggunakan Krim Vitamin K

Krim vitamin K banyak dijual di apotek dan bisa membantu menghilangkan memar pada kulit secara efektif.  Vitamin K ini mampu membantu mengencerkan darah yang membeku akibat adanya benturan, sehingga bisa menghilangkan atau memudarkan  lebam yang terjadi pada kulit.

Pemberian krim vitamin K ini  sebaiknya Anda berikan sekitar dua hari setelah terjadinya benturan. Hal ini untuk memastikan bahwa darah yang bocor keluar jaringan sudah membeku. Untuk itu, sebelum memberikan krim ini, sebaiknya memar sudah Anda kompres dengan menggunakan es.

Mengapa demikian? Karena sifat krim ini adalah mengencerkan darah beku. Apabila Anda berikan saat darah belum membeku, maka akan menghambat pembekuan yang terjadi. Akibatnya, penyembuhan pada memar juga menjadi lama, bahkan bisa menjadi semakin sulit penyembuhannya.

Menggunakan Cuka

Cuka juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan memar di badan dengan efektif. Mengobati memar dengan menggunakan cuka, bisa Anda lakukan dengan mencampurkan beberapa tetes cuka kedalam air hangat.

Setelahnya, kompres bagian yang memar menggunakan campuran larutan cuka tersebut. Sifat asam dari cuka plus air hangat, akan membantu meningkatkan aliran darah pada daerah yang mengalami benturan dan memar.

Rasa hangat juga bisa membantu mengencerkan darah beku pada area yang memar, sehingga warna hitam akibat lebam bisa segera memudar dan hilang.

Yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan cuka ini adalah, jangan terlalu berlebihan mencampurkan cuka ke dalam air hangat.

Sifat asam dari cuka bisa  mengakibatkan iritasi pada kulit bagi kulit yang sensitif terhadap sifat asam. Dengan demikian, penggunaan cuka tidak boleh berlebihan.

Cara menghilangkan memar memang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Akan tetapi dalam melakukan pengobatan sebaiknya harus Anda perhatikan aturannya, serta efek samping yang mungkin terjadi. Hal ini untuk menghindari terjadinya akibat lain yang tidak kita inginkan