Begini Cara Menghilangkan Gatal yang Efektif

Advertisement

Rasa gatal pada kulit badan bisa terjadi pada siapa saja. Rasa gatal memang terasa sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Berbagai cara menghilangkan gatal bisa Anda lakukan agar rasa gatal tersebut tidak mengganggu aktivitas.

Penyebab rasa gatal itu sendiri ada bermacam-macam. Ada gatal yang penyebabnya adalah alergi , seperti alergi makanan, obat, atau alergi udara. Gatal juga bisa terjadi karena jamur dan kuman. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan rasa gatal yang tiba-tiba muncul? Simak Di sini.

Menggaruk atau Mengusap Kulit

Cara paling mudah yang biasa Anda lakukan ketika rasa gatal muncul adalah dengan menggaruk bagian yang gatal. Dengan menggaruk, memang bisa mengurangi atau menghilangkan rasa gatal yang muncul. Tetapi menggaruk ini akan beresiko kulit menjadi lecet atau terluka.

Cara paling aman untuk menghilangkan rasa gatal adalah dengan mengusap bagian kulit yang gatal secara perlahan. Hal ini bisa menghindarkan kulit dari kemungkinan terluka. Selain itu, mengusap bagian kulit yang gatal secara perlahan juga bisa membuat rasa nyaman.

Mandi atau Membersihkan Badan

Rasa gatal yang muncul, bisa karena kotoran yang menempel pada kulit. Oleh karena itu, cara yang tepat untuk menghilangkan rasa gatal tersebut adalah dengan membersihkan badan yaitu dengan cara mandi. Karena dengan mandi kotoran penyebab gatal bisa Anda hilangkan.

Advertisement

Cara menghilangkan gatal dengan mandi, bisa Anda lakukan dengan menggunakan air dingin. Mengapa demikian? Karena air dingin bisa mengurangi rasa gatal yang muncul. Selain itu, mandi dengan air dingin juga bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Saat mandi, sebaiknya menggunakan sabun antibakteri yang bisa membantu membunuh atau menghilangkan kuman dan bakteri penyebab rasa gatal. Mandi dengan air dingin, sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 20 menit, untuk menghindari tubuh mengalami kedinginan.

Mengganti Pakaian

Rasa gatal pada kulit, bisa juga terjadi karena alergi terhadap bahan pakaian yang Anda kenakan. Karena ada beberapa bahan pakaian yang berpotensi menimbukan alergi. Untuk mengatasi hal ini, cara yang paling tepat adalah mengganti pakaian yang menyebabkan gatal tersebut .

Bukan hanya alergi terhadap bahan pakaian, rasa gatal juga bisa terjadi karena pakaian yang Anda kenakan sudah kotor atau berkeringat.

Pakaian kotor dan lembab bisa memicu tumbuhnya bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan rasa gatal. Cara mengatasinya adalah dengan menggantinya.

Advertisement

Pakaian yang baik untuk kulit, adalah yang terbuat dari bahan yang lembut serta bisa menyerap keringat. Hindari pakaian dari bahan yang kasar dan panas karena akan menyebabkan iritasi dan memicu tumbuhnya kuman dan bakteri penyebab rasa gatal.

Mengganti Sabun Atau Shampoo Atau Kosmetik

Salah satu penyebab gatal adalah alergi terhadap bahan kosmetik yang Anda gunakan. Bahan kosmetik terkadang memicu alergi pada jenis  kulit tertentu. Apabila gatal yang muncul karena alergi terhadap kosmetik maka cara mengatasinya adalah dengan mengganti kosmetik tersebut.

Gatal juga bisa terjadi karena kulit tidak cocok dengan sabun dan shampo. Seperti halnya kosmetik, apabila penyebab gatal adalah karena tidak cocok dengan sabun dan shampo yang Anda gunakan, maka sebaiknya segera menggantinya sebelum gatal menjadi semakin parah.

Mengoleskan Minyak Atau Bedak Gatal

Cara menghilangkan gatal lainnya yang juga paling mudah adalah dengan mengoleskan minyak pada bagian kulit yang gatal. Minyak biasanya memiliki kandungan menthol yang memberikan rasa hangat sehingga bisa mengurangi rasa gatal yang muncul.

Selain menggunakan minyak, rasa gatal juga bisa dihilangkan dengan menggunakan bedak gatal. Sama seperti minyak bedak gatal juga mengandung zat aktif asam salisilat. Zat asam salisilat ini  merupakan zat yang bisa mengurangi rasa gatal dan memberikan rasa dingin dan nyaman pada kulit.

Berobat ke Dokter

Alternatif terakhir untuk menghilangkan rasa gatal yang sangat mengganggu adalah dengan berobat ke dokter. Hal ini sebaiknya dilakukan ketika berbagai cara sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas tidak bisa mengurangi atau menghilangkan rasa gatal yang terjadi pada kulit.

Dengan berobat ke dokter, Anda akan tahu penyebab pasti dari rasa gatal yang muncul. Apakah gatal karena alergi terhadap makanan, obat, atau penyebab lainnya. Dan hal tersebut hanya bisa Anda lakukan oleh melalui tindakan medis yang tepat, seperti pemeriksaan melalui uji laboratorium.

Berobat ke dokter juga berguna  untuk memastikan tidak ada gangguan lain yang terjadi pada tubuh sehingga memicu gatal. Karena ada beberapa jenis penyakit seperti leukhemia dan gangguan tiroid yang juga terawali dengan gejala gatal-gatal pada kulit yang tidak kunjung sembuh.

Cara menghilangkan gatal dengan cara sederhana memang bisa Anda lakukan apabila gatal yang terjadi masih dalam tahap wajar dan tidak membahayakan. 

Apabila gatal yang terjadi dalam waktu yang lama dan tidak kunjung sembuh, maka berobat ke dokter merukan cara tepat yang harus dilakukan.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker