32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaPanduan Mudah Cara Menghapus Cache di iPhone

Panduan Mudah Cara Menghapus Cache di iPhone

Cache merupakan salah satu komponen yang dianggap mengganggu dan memenuhi ruang penyimpanan internal iPhone, sehingga perlu dihapus secara berkala. Berikut adalah ulasan mengenai bagaimana cara menghapus cache di iPhone serta komponen apa saja yang perlu dibersihkan.

Daftar Metode Menghapus Cache di iPhone

Menghapus Data Aplikasi

Fungsi dari menghapus data aplikasi pada iPhone adalah untuk menambahkan kapasitas ruang penyimpanan internal. Cara yang perlu Anda lakukan cukup sederhana. Pertama, Anda harus masuk ke fitur setting dan klik pada menu general. Langkah selanjutnya adalah klik pada menu iPhone Storage.

Setelah langkah tersebut dilakukan akan muncul daftar aplikasi yang sudah diinstal beserta informasi detailnya. Tahapan berikutnya adalah pilih aplikasi yang memakan ruang penyimpanan paling besar, lalu masuk pada bagian document & data.

Apabila aplikasi memakan ruang penyimpanan hingga 500 MB atau lebih, maka lebih baik untuk menghapusnya dan menginstalnya kembali. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus aplikasi tersebut cukup mudah, yaitu tinggal klik pada menu delete app.

Instal Aplikasi Cleaner

Cara menghapus cache di iPhone yang berikutnya adalah dengan menginstal aplikasi cleaner. Aplikasi pembersih sampah pertama yang bisa Anda pilih adalah PhoneClean untuk menghapus data aplikasi pada iOS. Setelah install aplikasi, Anda bisa menghubungkan iPhone dengan Mac melalui kabel USB.

Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk mengoperasikan PhoneClean adalah klik pada menu scan. Selanjutnya, Anda bisa klik pada pilihan clean untuk membersihkan iPhone secara optimal. Ada pula pilihan aplikasi cleaner lain bagi iPhone, yaitu iMyFone Umate.

Kelebihan dari iMyFone Umate adalah, bisa dihubungkan dengan perangkat windows melalui USB. Setelah menghubungkan aplikasi cleaner ini dengan PC, Anda bisa langsung klik scan untuk membersihkan junk. Di samping itu, Anda juga juga bisa membersihkan temporary scan untuk menghapus data tidak penting.

Menghapus Cache Safari

Cache safari merupakan komponen pada iPhone yang perlu Anda bersihkan pertama kali untuk mengoptimalkan kinerjanya.

Namun, hal yang perlu Anda perhatikan saat menghapus cache safari adalah iPhone akan mengalami logout secara otomatis, sehingga pastikan bahwa Anda sudah mengingat password semua akun.

Langkah pertama untuk menghapus cache safari adalah mengakses fitur setting dan mencari pilihan menu di aplikasi safari. Tahapan berikutnya adalah menggulirkan ke bawah dan klik pada pilihan clear history and website data.

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan agar cache safari benar-benar terhapus secara bersih, yaitu klik pada clear history and data. Apabila proses penghapusan cache safari sudah selesai, maka sisa ruang penyimpanan internal pada iPhone akan lebih longgar.

Baca:  Kwarcab dan PWI Ciamis Bagikan Takjil dan Nasi Box Kepada Masyarakat

Melakukan Restart Perangkat

Restart perangkat merupakan cara menghapus cache di iPhone yang paling mudah untuk Anda lakukan. Membersihkan cache dengan cara ini termasuk langkah yang aman untuk membersihkan sebagian memori di perangkat iOS agar penyimpanan terasa lebih longgar.

Baca:  Pilihan Investasi Terbaik pada Tahun 2021

Untuk langkahnya, pertama tekan pada tombol sleep/wake yang terletak pada bagian samping iPhone dan tunggu hingga muncul slide power off. Tahapan berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah swipe pada bagian tombol power off dan tunggu untuk memastikan bahwa perangkat iOs dalam keadaan mati.

Langkah berikutnya adalah tekan kembali pada sleep/wake untuk menghidupkan kembali perangkat iPhone. Hal ini cukup efektif untuk membersihkan sebagian ruang penyimpanan dan tidak membutuhkan komponen tambahan dalam melakukannya.

Komponen Penyimpanan Internal yang Harus Dibersihkan

Pada saat akan membersihkan cache iPhone, pertimbangkan terlebih dahulu apa saja komponen yang perlu Anda bersihkan agar sisa ruang internal bisa bertambah. Berikut adalah beberapa komponen penyimpanan internal di iPhone yang perlu dibersihkan saat menghapus cache.

Hapus Backup iPhone yang Sudah Lama

Backup file lama yang ada di iPhone tentu saja akan memakan banyak penyimpanan internal. Hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah menghapus backup iPhone yang sudah tidak terpakai. Langkah pertama untuk hapus backup adalah mengakses fitur setting dan membuka menu general.

Tahapan berikutnya adalah memilih menu storage & iCloud Usage dan klik pada manager storage. Selanjutnya, pilih menu backup iPhone lama dan klik pada bagian delete backup.

Tahapan terakhir yang perlu Anda lakukan adalah klik pada menu turn off & delete untuk menghapus dan menonaktifkan data backup.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Cara menghapus cache di iPhone yang terakhir adalah menghapus aplikasi yang sudah tidak penting lagi. Hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mencari tahu terlebih dahulu apa saja aplikasi yang memakan banyak ruang peyimpanan internal.

Akses menu setting lalu klik pada pilihan general untuk mengakses opsi manage storage. Tampilan selanjutnya yang bisa Anda lihat adalah daftar aplikasi yang terinstal serta detail serta ruang penyimpanannya. Opsi lanjutannya adalah menyortir aplikasi dengan ruang penyimpanan paling banyak.

Hapus aplikasi tidak penting yang Anda anggap memakan banyak ruang penyimpanan. Data hingga dokumen yang tersimpan di dalamnya akan ikut hilang saat aplikasi tersebut dihapus.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer