Begini Cara Mengatasi Suara Serak yang Mudah

Suara serak bukanlah sebuah penyakit, melainkan keadaan yang menggambarkan adanya perubahan suara yang tidak normal. Biasanya suara menjadi lebih berat, adanya perubahan volume dan nada. Untuk cara mengatasi suara serak tidak sulit, tapi butuh kesabaran karena tidak bisa langsung normal.

Biasanya suara serak terjadi karena adanya kelainan pita suara yang selama merupakan penghasil suara. Dan sebagian besar bukan merupakan penyakit yang serius. Walau begitu jika Anda alami suara serak, lekas atasi dengan cara berikut.

Mengistirahatkan Suara

Maksud dari mengistirahatkan suara adalah, Anda sebaiknya tidak banyak berteriak atau berbicara keras. Dengan begitu, peradangan atau iritasi yang terjadi pada pita suara Anda bisa menjadi lebih tenang. Lakukan selama beberapa hari.

Namun, hindari juga berbicara secara berbisik. Berbisik hanya akan menambah iritasi dan tegang pada pita suara. Maka yang paling tepat adalah berbicara dengan suara biasa tapi tidak terlalu sering.

Kumur Menggunakan Air Garam

Berkumur dengan air garam juga ampuh untuk membersihkan bakteri yang ada pada mulut dan tenggorokan sehingga bisa mengurasi rasa sakit dan tidak nyaman. Kumur di mulut dan bagian belakang tenggorokan, tapi jangan sampai tertelan.

Untuk membuat larutan air garamnya, cukup siapkan 240 ml air hangat dan campur dengan satu sendok teh garam dan aduk. Kumur berulang kali atau sampai air habis dan lakukan dua kali sehari. Sayangnya, cara ini tidak cocok untuk anak-anak karena mereka bisa tidak sengaja menelan airnya.

Makan Bawang Putih

Menurut ResearchTrusted Source, bawang putih memiliki sifat antibakteri yang bisa mengobati infeksi lebih cepat. Ini juga bisa berlaku untuk mengobati infeksi pada tenggorokan sekaligus meredakan gejala seperti pilek dan flu dengan lebih efektif.

Tidak perlu bingung bagaimana makan bawang putih karena sejatinya bawang putih termasuk dalam bumbu dapur yang biasa Anda temukan dalam berbagai makanan. Anda bisa memasukkannya bersama sup dan memakannya. Atau, juga tersedia suplemen bawang putih yang khasiatnya sama.

Menggunakan Humidifier

Untuk Anda yang belum akrab dengan humidifier, ini adalah alat yang membantu melembapkan udara dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Humidifier ini tidak hanya untuk membantu menjaga kelembapan saja, tapi juga bisa mengatasi radang tenggorokan.

Cara mengatasi serak dengan humidifier sudah banyak dicoba. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial seperti minyak kayu putih atau mentol untuk lebih menenangkan. Namun, Anda perlu berhati-hati menggunakan minyak esensial, apalagi jika di rumah ada anak-anak dan binatang peliharaan.

Mengunyah Jahe

Sudah bukan rahasia lagi jika jahe orang anggap sebagai tanaman yang ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan atau rasa tidak nyaman akibat gejala flu. Penggunaan jahe juga sudah sejak ratusan tahun lamanya. Bahkan untuk beberapa penyanyi, mereka menjaga pita suara dengan rajin makan jahe.

Jahe memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu mengurangi peradangan dan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Untuk itu, Anda bisa mencoba membuat minuman berbahan jahe yang Anda campur dengan perasan jeruk nipis dan menggunakan air hangat.

Minum Air Madu

Suara serak sering kali bersamaan dengan rasa tidak nyaman karena tenggorokan gatal atau sakit. Cara mengatasi serak yang bisa dicoba di rumah dengan bahan sederhana salah satunya dengan minum air madu hangat.

Ini karena dalam kandungan madu murni terdapat zat antibakteri dan anti-inflamasi alami. Selain itu, air madu hangat juga bisa sebagai pereda flu dan sakit tenggorokan. Namun jika Anda tidak terlalu suka rasa manis madu, bisa menambahkan perasan lemon supaya rasanya makin segar.

Tidak Minum Minuman Bersoda dan Mengandung Susu

Suara serak yang disertai dengan sakit tenggorokan pasti rasanya jadi tidak nafsu makan dan minum. Padahal, jika Anda minum atau makan yang sudah kita bahas di atas bisa memperbaiki kondisi tenggorokan. Namun, ada beberapa minuman yang pantang dikonsumsi saat suara serak.

Misalkan minuman bersoda. Tidak hanya karena kandungan gulanya yang tinggi, tapi juga karena sodanya bisa memperburuk iritasi tenggorokan. Sama halnya dengan minuman yang terlalu panas dan mengonsumsi susu, bisa meningkatkan produksi lendir dan memperburuk gejala.

Mengatasi Masalah Asam Lambung

Siapa sangka jika mengatasi asam lambung bisa mengurangi gejala suara serak? Ini karena keasaman lambung bisa mengganggu kondisi pita suara Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Namun yang terpenting untuk Anda lakukan adalah dengan menghindari makanan pedas, asam, berlemak, yang kafeinnya tinggi, cokelat, dan juga permen. Dengan begitu, asam lambung akan stabil dan suara serak bisa Anda atasi segera.

Itulah cara mengatasi suara serak yang bisa Anda lakukan di rumah dengan cara yang sederhana. Namun, jika segala cara sudah Anda lakukan tapi tidak berhasil, sebaiknya segera hubungi dokter. Sebab, suara serak bisa jadi satu gejala penyakit serius yang harus Anda waspadai.