32 C
Indonesia
Kamis, Agustus 5, 2021
BerandaBeritaCara Mengatasi HP Hang Berikut Penting Dipahami

Cara Mengatasi HP Hang Berikut Penting Dipahami

HP Anda sering mudah panas dan tiba-tiba macet dan not-responding? Biasanya ini terjadi karena banyaknya aplikasi yang terpasang dan membuat HP hang. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus segera menerapkan beberapa cara mengatasi HP hang agar HP Anda normal kembali.

HP hang sering terjadi akibat kebiasaan-kebiasaan kita yang suka malas menutup aplikasi yang sedang running, atau malas rutin menghapus cache, atau juga terlalu banyak menginstal aplikasi yang tidak penting. Tapi tenang, berikut beberapa tips yang dapat digunkan untuk mengatasinya

Restart HP

Ketika HP dalam keadaan hang atau not-responding, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah merestart HP. Karena pada saat itu layar HP tidak akan merespon sentuhan dan yang bisa Anda lakukan hanya menekan tombol power kemudian pilih restart.

Jika HP Anda memiliki batrai yang bisa Anda lepas, maka cara restart dapat Anda lakukan dengan melepas batrai dari tempatnya, kemudian selang beberapa waktu, kembalikan lagi. Setelah bisa hidup kembali, Anda tinggal melakukan cara mengatasi HP hang yang selanjutnya.

Membersihkan Cache di HP

Ketika  membuka banyak aplikasi, semua tindakan yang dilakukan akan diterima dan disimpan menjadi file temporer yang dinamakan cache. Cache ini akan tersimpan di memori internal dan jika Anda biarkan dalam waktu lama akan menumpuk dan berpengaruh pada menurunnya kinerja system operasi pada HP.

Penurunan performa sistem operasi pada HP akan mengakibatkan terjadinya lag atau hang ketika akan menjalankan aplikasi lain karena cache sudah terisi penuh. Cara mengatasi hp hang dalam kasus ini adalah membersihkan cache itu sendiri di memori internal.

Anda bisa membersihkan cache dengan cara manual yaitu pilih Setting, lalu pilih Device Car, kemudian klik Storage, lalu klik Clean Now. Cara lainnya juga bisa dengan menginstal “CCleaner” pada HP Anda. Kemudian tinggal buka aplikasi tersebut jika ingin menghapus cache.

Perhatikan RAM HP

cara mengatasi HP hang selanjutnya yaitu dengan memperhatikan kapasitas RAM pada HP. Hal ini sangat penting karena jika Anda sudah mengetahui batas kemampuan RAM pada HP, maka Anda akan lebih mudah mengukur dan menghindari aplikasi berat dan penggunaan aplikasi yang terlalu banyak.

Update Sistem Operasi pada HP

Sistem operasi pada HP akan selalu ada pembaruan dari pengembang. Pembaruan tersebut bisa berupa peningkatan performa, perbaikan bug, dan pengurangan error. Kadang HP menjadi lemot juga jika aplikasi yang Anda gunakan sudah tidak kompatibel dengan Sistem operasi yang lama.

Baca:  Rating Memimpin, Proses Shooting River Where The Moon Rises Penuh Kontroversi

Karena selalu ada pembaruan tersebut, maka kita harus melakukan update sistem operasi secara berkala agar kerja HP tetap ringan. Caranya yakni dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih tentang ponsel lalu klik periksa pembaruan, jika tersedia, pilih perbarui.

Baca:  Ini Cooling Pad Laptop Paling Recommended

Hapus Aplikasi

Aplikasi yang menumpuk terlalu banyak akan menyebabkan memori internal cepat penuh, karena ketika menginstal aplikasi, akan terdapat data tambahan yang masuk ke memori internal dan menyebabkan HP jadi lemot. Sebaiknya, Anda hanya memasang aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan saja.

Cara mengatasi hp hang karena aplikasi penuh ini adalah menghapus aplikasi di HP dengan cara klik menu setting, kemudian pilih application manager, klik application. Lalu, langkah terakhir yaitu klik uninstall dan tunggu beberapa saat. Bisa mjuga dengan klik lama pada ikon aplikasi di layar HP, kemudian klik uninstall.

Hapus Data Aplikasi yang Tidak Terpakai

Setelah menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan, hapus data aplikasi ini cukup efektif juga untuk Anda terapkan agar HP tidak mengalami hang. Bersihkan data aplikasi yang memang jarang anda gunakan agar tidak menumpuk di memori internal.

Cara pembersihan data di masing-masing merk HP kadang tidak sama, tetapi garis besar caranya yaitu dengan membuka setting, kemudian klik application manager, lalu pilih aplikasi yang Anda inginkan, Kemudian, klik clear data. Pastikan aplikasi tersebut memang tidak penting dan memberatkan HP.

Reset Pabrik / Factory Reset

Cara mengatasi HP hang terakhir yaitu dengan mengembalikan pengaturan HP pada pengaturan pabrik atau reset pabrik. Ini merupakan cara terakhir jika cara-cara lain sudah Anda lakukan tetapi tidak membuahkan hasil. Setelah melakukan reset pabrik, HP akan terasa lebih ringan dan seperti baru.

Sebelum melakukan tindakan reset pabrik, sebelumnya Anda terlebih dahulu melakukan backup data yang terrasa penting. Hal ini karena proses reset pabrik akan menghapus semua data yang tersimpan dalam memori internal.

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan tetapi belum membuahkan hasil, maka tidak ada pilihan lain selain membawa ke Service Center terdekat. Karena kemungkinan bukan hanya karena siftware-nya saja yang bermasalah, bisa juga hardware-nya juga mengalami gangguan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi HP yang mengalami hang atau not-responding. Semoga membantu dalam mengatasi masalah pada HP Anda. Selalu jaga HP Anda agar tidak bekerja berlebihan sehingga performanya selalu bagus dan terhindar dari hang.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer