Cara Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Berita Viral

Saat melihat ruam yang muncul pada kulit anak, Anda mungkin masih berusaha tenang dan menebak-nebak mengenai penyebabnya. Namun, ruam pada kulit bahkan bisa lebih serius daripada yang orang dewasa kira, jadi sebagai orang tua membutuhkan ilmu mengenai cara mencegah ruam kulit pada bayi.

Tidak perlu panik tapi jangan Anda sepelekan, ruam bukan hanya membuat kulit bayi jadi kemerahan, tapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal dan panas. Berikut tips mencegah timbul ruam pada bayi yang perlu Anda tahu. Jangan sampai, anak rewel karena ruam datang!

Kenali Jenis Ruam Terlebih Dahulu

Ruam bisa datang karena berbagai hal. Tidak melulu karena gigitan nyamuk, ruam juga muncul karena hal seperti pakaian, udara dan lain sebagainya. Mengenali penyebab ruam menjadi kunci untuk menghindari kambuhnya penyakit.

Jerawat

Bayi juga bisa berjerawat. Namun jerawat pada bayi tidak menimbulkan komedo dan biasanya hanya terdiri dari satu atau dua buah saja.

Banyak yang menyebutkan bahwa jerawat pada bayi timbul karena perubahan hormon pada ibu yang masuk saat menyusui. Walau begitu, Anda tetap harus menyusui, ya!

Kulit bersisik

Kulit kering, bersisik atau mengelupas sangat umum terjadi pada bayi baru lahir dan bayi. Jenis ruam ini terlihat mirip dengan kulit kering dan bersisik pada anak-anak dan orang dewasa. Jika kulit bayi sangat kering, bisa menimbulkan ruam merah. Biasanya muncul saat tahun pertama kelahiran.

Eksim

Eksim seperti bercak merah, bengkak, dan gatal pada kulit bayi Anda. Biasanya muncul pada lipatan tangan atau kaki, tapi juga banyak yang terkena pada bagian dada dan wajah.

Eksim muncul karena lapisan kulit yang terlalu tipis sehingga bereaksi terhadap debu, pakaian, sampai bulu binatang peliharaan.

Ruam popok

Ruam popok adalah istilah pada iritasi kulit yang berkembang di area popok bayi. Penyebabnya dapat bermacam-macam. Mulai dari reaksi alergi hingga infeksi kulit dan stres (seperti saat tumbuh gigi). Namun, penyebab paling umum yaitu karena kulit sensitif bayi dan tidak mendapatkan cukup udara.

Membuat Bayi Selalu Nyaman

Cara mencegah ruam kulit pada bayi selanjutnya adalah membuat ia merasa selalu nyaman. Timbulnya rasa gatal, kemerahan, dan sering disertai rasa panas akan membuat bayi tidak bisa menyusui dengan nyaman bahkan sekadar bergerak.  Anda bisa melakukan hal-hal sederhana tapi bisa membuat bayi senang seperti berikut

Jangan Gunakan Pakaian Terlalu Ketat untuk Bayi

Jika ruam timbul pada bagian lipatan leher, biasanya ini karena pakaian yang terlalu ketat. Anda bisa mengatasinya dengan memilihkan bayi pakaian yang lebih longgar dan memiliki bahan yang menyerap keringat. Dengan begitu, bayi akan merasa lebih bebas bermain.

Hindarkan Bayi dari Sinar Matahari

Jangan biarkan sinar matahari langsung mengenai kulit bayi. Sinar UV dari matahari bisa membuat kulit bayi dari lebih sensitif, kering, dan iritasi. Jika Anda terpaksa membawa bayi keluar rumah saat terik, pakaikan sun block dan topi khsus anak sebagai perlindungannya.

Pilih Sabun Mandi Yang Aman Untuk Anak

Ingat, anak-anak apalagi bayi, memiliki jenis kulit yang berbeda daripada orang dewasa. Sabun mandi orang dewasa akan terlalu keras pada kulit mereka dan bisa menimbulkan ruam hingga iritasi.

Mandikan dengan Air Hangat

Salah satu cara mencegah ruam kulit pada bayi terbaik adalah dengan memandikan air hangat. Air hangat bisa mendinginkan iritasi atau ruam yang ada pada kulit anak. Selain memandikan, Anda juga bisa mengusap kain dingin saat ruam muncul.

Siapkan waslap, kemudian rendam dengan air dingin, peras, dan tempelkan pada kulit bayi Anda, khususnya bagian yang mereka selalu garuk. Ini bisa memberikan kenyamanan sementara pada kulit yang iritasi

Apalagi jika Anda menambahkan minyak mandi khusus sehingga kulit bayi yang ruam bisa lekas pulih. Setelahnya, gunakan losion anak supaya kulit kembali lembut. Losion pun membantu kulit supaya tidak kering lagi.

Hindari Sementara Memakai Pakaian Ketat dan Popok

Hindari sementara pemberian pakaian ketat, pakaian dengan hiasan renda, atau bordir. Selain bisa menyebabkan gatal-gatal, ini juga memperburuk ruam pada bayi. Juga, jika ruam timbul di area pantat dan paha, jangan kenakan popok.

Ini menimbulkan rasa perih pada bagian yang terluka. Coba kenakan popok kain sementara. Pun jika basah, segera ganti dan lap kulit sampai benar-benar kering. Dengan begitu, ruam akan sembuh dengan sendirinya. Lakukan sampai ruam tidak lagi muncul.

Rajin Membersihkan Rumah

Tidak boleh terlewat tapi sering terlupakan adalah dengan rajin membersihkan rumah. Apalagi di area-area bayi sering berada. Ganti bed cover, sarung bantal dan guling, sampai kasur bayi secara berkala. Jangan tunggu kotor atau basah.

Pastikan Anda sering menyapu, mengepel, dan membersihkan sekitar sehingga tidak ada debu atau kotoran yang bisa mengganggu kesayangan. Dengan cara mencegah ruam kulit pada bayi tadi, juga termasuk menjaga kesehatan keluarga di rumah.

Berita Terbaru