Cara Mencegah Laringitis Efektif Secara Alami

Cara mencegah laringitis memang masih belum banyak yang mengetahuinya. Laringitis sendiri merupakan penyebab dari suara serak karena terdapat peradangan pada kotak suara. Laringitis ini juga bisa diakibatkan karena mengeluarkan udara secara berlebihan, terdapat infeksi pada saluran pernafasan, ataupun iritasi parah yang diakibatkan oleh asap.

Nah, gangguan ini dapat menjadi kronis karena kebiasaan buruk yang tidak bisa penderita tinggalkan. Namun, jangan khawatir karena ini dapat dicegah. Maka dari itu, berikut ini adalah cara untuk bisa mencegah laringitis.

Mengistirahatkan Suara

Pada saat seseorang menderita suara serak ini, sangat penting agar bisa mengistirahatkan suara. Cara mencegah laringitis ini cukup ampuh karena tidak akan memaksakan kotak suara. Sehingga peradangan ataupun iritasi yang sudah Anda alami pun dapat sembuh dengan cepat.

Menghindari Rokok

Jika Anda merupakan seorang perokok berat, alangkah baiknya untuk segera meminimalisir pengkonsumsian rokok. Mengapa demikian? Alasannya Karena rokok sendiri menjadi penyebab paling banyak terjadinya radang tenggorokan.

Sangat dianjurkan untuk bisa berhenti merokok sama sekali karena bukan hanya masalah peradangan pada tenggorokan saja yang bisa bermasalah, tapi bisa juga masalah kesehatan lain bisa terjadi.

Menghindari Konsumsi Alkohol

Alkohol juga menjadi salah satu minuman yang paling susah dihindari oleh sebagian orang. Tapi, tahukah Anda jika jika alkohol juga dapat mengakibatkan dehidrasi dan juga iritasi pada tenggorokan. Maknanya pita suara bisa mengalami kondisi yang buruk ketika alkohol Anda konsumsi secara berlebihan.

Minum Banyak Cairan

Ketika mengalami peradangan pada tenggorokan, akan lebih baik jika mengkonsumsi minum yang banyak agar terhindar dari dehidrasi. Mengkonsumsi air adalah cara mencegah laringitis yang paling tepat. Bisa juga cairan tersebut Anda konsumsi saat hangat ataupun dicampur dengan teh atau madu.

Konsumsi Obat Yang Dijual Bebas

Mengkonsumsi obat yang terjual secara bebas, maksudnya adalah obat yang sudah BPOM. Tujuan konsumsi obat ini agar dapat meringankan gejala yang berhubungan dengan peradangan tenggorokan.

Asetaminofen atau penggunaan obat anti radang seperti ibuprofen sangat membantu untuk mengatasi permasalahan gejala munculnya laringitis.  Obat ini juga mampu mengatasi demam, mengatasi nyeri dan juga sakit kepala.

Memakai Humidifier

Pelembab udara dapat menjadi cara mencegah laringitis karena udara yang dihirup seseorang pun akan lebih lembab. Tentu saja humidifier Ini sangat bagus terlebih lagi saat malam hari.

Membuat udara semakin lembab sangat bagus bagi kesehatan. Karena kondisi udara yang kering pada ruangan mengakibatkan iritasi yang jauh lebih lanjut.

Menghirup Uap

Menghirup uap juga bisa memberikan bantuan dalam peningkatan kelembaban saluran di udara. Cara ini pun juga bisa melonggarkan lendir dan juga cek resi.

Meskipun tergolong menjadi cara sederhana tapi ini sangat ampuh dan juga efektif. Anda juga bisa mandi dengan air hangat yang tercampur dengan minyak esensial seperti lemon dan juga jahe sehingga saluran tenggorokan dan pernafasan pun dapat lega kembali.

Pengobatan Bawang Putih

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Itulah mengapa mengkonsumsi bawang putih juga dapat membantu pencegahan dari infeksi saluran pernafasan pada bagian atas. Termasuk mencegah terjadinya laringitis yang cukup membahayakan.

Menjaga Pola Makan

Pola makan memang harus terjaga dengan baik agar tidak seseorang tidak terserang penyakit laringitis yang akut. Makanan apa saja yang harus Anda konsumsi?

Tentu saja makanan yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin e. Beberapa vitamin ini dapat membantu tubuh agar tetap sehat, sehingga selaput lendir yang melapisi tenggorokan tidak mengalami permasalahan.

Mengkonsumsi Madu

Banyak yang mempercayai jika madu mampu mengurangi batuk dan sekresi lendir. Dalam beberapa penelitian telah menunjukkan jika madu juga memiliki sifat anti bakteri dan anti oksidan ,sehingga sangat cocok untuk menangkal bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Bukan hanya itu saja, penelitian juga sudah menunjukkan jika madu jauh lebih bagus mengobati batuk daripada dengan obat-obatan kimia. Alasannya karena madu sendiri merupakan dekstrometorfan.

Mengkonsumsi Jahe

Jahe merupakan salah satu obat alami yang sudah dari dulu selalu orang gunakan untuk pengobatan penyakit pernafasan. Banyak orang yang juga memanfaatkan jahe karena khasiatnya sudah orang percaya sejak berabad-abad.

Jahe ini dapat menekan batuk kering yang cukup mengiritasi, sehingga radang tenggorokan pun tidak akan semakin parah. Membantu meredakan hidung yang tersumbat serta mampu mengatasi infeksi pada tenggorokan. Jahe bisa Anda parut dan rendam pada air panas, jika air sudah lebih dingin maka bisa Anda konsumsi.

Untuk Anda yang sudah mengalami gejala sakit tenggorokan bahkan suara sudah, maka bisa ikuti cara di atas sebelum memutuskan untuk pengobatan ke dokter. Bahkan cara mencegah laringitis di atas bisa dengan mudah Anda lakukan di rumah dengan bahan yang tersedia di pasaran dengan harga murah.