Cara Menambah Berat Badan Secara Efektif dan Sehat

Siapa bilang jika cara menambah berat badan itu mudah daripada dengan menurunkannya? Sejatinya tidak ada yang lebih sulit atau lebih gampang sebab semua ada triknya sendiri. Tidak kilat memang, tapi menambah berat badan dengan cara yang sehat sangat bisa Anda lakukan.

Untuk Anda yang ingin menaikkan berat badan atau ingin membantu teman dekat mengatasi masalah ini, berikut adalah cara yang bisa Anda terapkan. Menaikkan berat badan yang sehat dan aman tentunya!

Jumlah Kalori Yang Dimakan Harus Lebih Banyak

Yang perlu Anda perhatikan pertama untuk menaikkan berat badan adalah siklus kalori yang masuk dan keluar dari dalam tubuh. Dalam menambah kalori, ini ada hitungannya dan tidak bisa sembarangan.

Misalkan Anda ingin menaikkan berat secara perlahan, kalori yang masuk setidaknya sejumlah 300-500.  Sementara jika ingin menambah berat badan secara cepat, kalori yang masuk dalam tubuh setidaknya 700-1000.

Namun, ini hanya perkiraan sebab kebutuhan setiap orang berbeda-beda dan terpengaruh oleh kondisi tubuh. Anda bisa bertanya kepada ahli gizi mengenai cara menghitung kalori.

Banyak Makan Makanan Yang Kaya Protein

Tahukah Anda nutrisi apa yang paling tubuh butuhkan untuk menambah berat badan? Jawabannya adalah protein. Otot yang ada dalam tubuh pun terdiri atas protein, jadi tanpa protein kalori ekstra ini hanya akan menjadi lemak yang menumpuk.

Namun, protein seperti dua mata uang logam, di satu sisi bisa menambah berat badan di sisi lain protein justru membuat seseorang cepat kenyang. Karenanya, protein membuat Anda akan sulit memenuhi kebutuhan kalori. Jenis makanan berprotein tinggi adalah daging, telur, susu, dan ikan.

Makan Makanan Berenergi Yang Kaya Rempah

Cara menambah berat badan selanjutnya adalah dengan makan makanan berenergi yang banyak rempah, bumbu, dan saus.

Logikanya, semakin enak atau semakin terasa bumbu dalam makanan yang Anda makan, maka akan dengan suka rela menikmatinya. Apalagi jika makanan itu makanan berenergi. Makanan berenergi yang bisa Anda coba untuk yang ingin menambah berat badan diantaranya sebagai berikut.

  • Kacang-kacangan: almon, kacang tanah, kenari, dan sebagainya.
  • Buah kering: kurma, kismis, plum, dan sebagainya.
  • Olahan susu: yogurt, susu murni, keju, dan sebagainya.
  • Umbi: kentang, ubi jalar, ubi, dan sebagainya.
  • Daging: daging sapi, daging ayam, daging domba, dan sebagainya.

Makan Lebih Banyak Makanan Berlemak Dan Karbohidrat

Jika dalam mengurangi berat badan yang perlu Anda hindari adalah makanan berlemak dan karbohidrat tinggi, berbeda dengan yang ingin sebaliknya. Jadi sangat perlu memastikan di setiap makan Anda terdapat karbohidrat, protein, dan lemak. Selain makanan utama, dukung dengan camilan.

Saat memiliki waktu luang, Anda bisa menggunakannya untuk mengudap makanan, tapi pastikan dengan makanan yang tinggi energi. Contohnya seperti pisang yang Anda makan dengan selai kacang, telur rebus, apel dengan susu rendah lemak, dan lain sebagainya.

Menambahkan Minyak Sehat Ke Dalam Setiap Masakan

Memasukkan lemak sehat ke dalam setiap masakan Anda adalah salah satu rekomendasi menambah kalori secara mudah dan sehat. Dan minyak menjadi jenis lemak yang dengan mudah terserap dalam setiap makanan.

Contoh minyak sehat yang bisa menambah kalori dalam setiap makanan Anda adalah minyak alpukat, minyak zaitun, dan minyak biji rami. Minyak tadi juga bisa menambah kesehatan jantung Anda juga.

Melakukan Olahraga

Sekalipun niat Anda adalah menambah berat badan, olahraga tetap perlu Anda jalankan. Olahraga termasuk cara menambah berat badan tapi tetap sehat dan badan terjaga. Tanpa gerak badan, kalori hanya akan jadi lemak yang menumpuk dan tentu kurang baik untuk badan Anda.

Rekomendasi olahraga yang bisa Anda lakukan adalah gym. Setidaknya lakukan seminggu dua kali untuk membentuk masa otot. Dengan melakukan ngkat beban setiap minggunya, Anda bisa menambah beratnya. Jangan ragu untuk menggunakan jasa pelatih profesional, ya!

Berhenti Merokok

Salah satu alasan yang mungkin tidak Anda sadari dari kenapa berat badan sangat susah naik adalah kebiasaan merokok. Merokok tidak hanya mengantarkan racun masuk ke dalam tubuh Anda, tapi keberadaan nikotin juga membuat berat badan jadi sulit naik.

Ini karena rokok mempercepat proses pembakaran kalori dan metabolisme yang ada dalam tubuh. Rokok juga menekan nafsu makan dan membuat lebih cepat kenyang. Makanya, beberapa orang diet memilih rokok untuk menjaga nafsu makan mereka, tapi tentu caranya tidak sehat dan tidak disarankan.

Menjadi Konsisten Dalam Menambah Berat Badan

Cara menambah berat badan yang tidak perlu alat atau makanan, tapi malah yang paling sulit adala menjadi konsisten. Menaikkan berat badan tidaklah instan, tidak akan langsung terjadi dalam hitungan hari. Maka dari itu, menjaga konsisten untuk mau terus berusaha adalah kuncinya.

Konsisten tidak hanya kepada menaikkan berat badan, juga sebaliknya. Untuk itu para pakar gizi menyatakan bahwa konsisten untuk makan makanan yang dianjurkan, olahraga, dan berbagai cara lain akan dengan mudah jika Anda konsisten.