22.6 C
New York
Rabu, Juni 23, 2021
BerandaBeritaCara Memutihkan Pakaian yang Simpel dan Efektif

Cara Memutihkan Pakaian yang Simpel dan Efektif

Pakaian berwarna putih cenderung beresiko terkena noda dan akan mudah tampak. Membersihkan noda dari pakaian berwarna putih perlu Anda lakukan dengan segera agar mudah hilang dan tidak membekas. Dalam hal tersebut, ada banyak cara memutihkan pakaian yang bisa Anda lakukan.

Banyak bahan di sekitar yang dapat Anda manfaatkan untuk memutihkan pakaian secara efektif. Dengan langkah tertentu bahan-bahan ini dapat menghilangkan noda dari pakaian putih yang Anda miliki. Berikut adalah sedikit ulasan terkait pemanfaatan bahan sekitar untuk memutihkan pakaian dengan cara mudah.

Menggunakan Jeruk Nipis

Salah satu bahan yang dapat Anda gunakan untuk memutihkan pakaian adalah jeruk nipis. Bahan berupa jeruk nipis ini lebih efektif untuk membersihkan noda yang menempel pada baju, piring, maupun perkakas lainnya.

Sudah tidak heran jika banyak produk pembersih memanfaatkan ekstrak jeruk nipis sebagai campurannya. Jeruk nipis mengandung senyawa bersifat asam yang terbukti secara efektif mampu mengangkat noda membandel. Termasuk noda yang menempel pada pakaian putih.

Tidak hanya dapat Anda manfaatkan dalam produk kimia, jeruk nipis dapat Anda gunakan secara alami untuk membersihkan pakaian. Beberapa buah jeruk nipis dapat Anda peras untuk ambil sarinya lalu campurkan dengan air bersih sebagai tempat merendam pakaian yang terkena noda.

Hanya dengan merendamnya dalam waktu satu jam, noda kusam yang terdapat dalam pakaian akan hilang. Agar lebih bersih, cuci seperti biasa menggunakan detergen pakaian tersebut, lalu bilas.

Mencucinya dengan Air Campuran Boraks

Boraks adalah zat padat yang berbentuk kristal yang mudah larut dalam air. Stereotip yang mengatakan bahwa boraks adalah senyawa berbahaya adalah sebuah kekeliruan. Boraks akan memberikan manfaat yang baik jika Anda gunakan dengan tepat.

Pemanfaatan boraks yang tepat salah satunya dengan menjadikannya bahan campuran air cucian untuk pakaian yang kotor. Hal ini termasuk pakaian putih yang bernoda dan perlu Anda bersihkan. Menggunakan boraks sebagai campuran air cucian merupakan cara memutihkan pakaian yang sangat efektif.

Boraks mampu mengangkat noda mebandel seketika dengan mudah. Hanya dengan mencampurkan beberapa kristal boraks dengan detergen pada cucian baju, bahan ini akan memberikan efek yang luar biasa.

Air campuran boraks ini sangat ampuh menghilangkan noda pada pakaian putih. Penggunaannya juga sangat mudah. Sedangkan hasilnya pakaian akan menjadi bersih tanpa merusak struktur kain yang Anda gunakan.

Merendam dengan Air dan Cuka Putih

Cara membersihkan pakaian putih dari noda selanjutnya dapat Anda lakukan dengan merendamnya terlabih dahulu dengan air campuran cuka putih. Bahan berupa cuka putih ini memiliki efek yang baik dalam menghilangkan noda dengan mudah.

Bahan cuka putih juga sangat mudah Anda temukan di toko terdekat. Cuka putih akan membantu membersihkan noda pada pada pakaian dengan cara yang hampir mirip seperti air campuran jeruk nipis atau lemon.

Baik jeruk nipis, lemon, maupun cuka putih memiliki sifat keasaman yang hampir sama. Inilah mengapa bahan berupa cuka putih dapat Anda gunakan untuk membersihkan pakaian. Cuka putih dapat Anda gunakan sebagai bahan alternatif jika lemon dan jeruk nipis tidak dapat Anda temukan.

Penggunaannya juga cukup mudah. Campuran air rendaman hanya membutuhkan seperempat atau setengah cangkir cuka putih. Aduk hingga merata sehingga dapat digunakan sebagai perendam pakaian yang baik.

Menggunakan Baking Soda

Selain cuka putih, bahan kimia dasar yang mudah Anda temukan untuk keperluan rumah tangga adalah baking soda. Bahan berupa baking soda ini pasti sudah tidak asing bagi yang gemar membuat kue atau roti. Baking soda kerap gunakan untuk membuat adonan menjadi mengembang.

Siapa sangka, di sisi lain baking soda juga dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan pakaian putih. Dengan secangkir baking soda dengan empat liter air, campuran air cuci untuk pakaian putih siap Anda gunakan. Cara memutihkan pakaian dengan baking soda sangat mudah Anda lakukan.

Baking soda dengan sifat basanya, tidak hanya mampu membersihkan noda yang menempel pada pakaian putih. Bahan yang kerap disebut juga soda kue ini juga mampu menghilangkan kuman dan bakteri yang bersarang dipakaian sehingga setelah dicuci, pakaian akan lebih nyaman digunakan.

Memanfaatkan Pemutih Pakaian Berbahan Kimia

Selain bahan alami dan campuran bahan kimia sederhana, ada cara lain untuk memutihkan pakaian yang mudah. Memanfaatkan pemutih pakaian yang terbuat secara pabrikan dari bahan kimia dapat menjadi alternatif sederhana yang dapat Anda lakukan.

Bahan jenis ini mudah kita temui di minimarket terdekat. Ada banyak sekali produk dengan keunggulannya masing-masing yang ditawarkan dalam menghilangkan noda yang menempel pada pakaian. Harganya juga relatif terjangkau sehingga sangat bersahabat untuk Anda gunakan.

Perlu Anda waspadai dalam memanfaatkan pemutih pakaian pabrikan ini. Cara memutihkan pakaian dengan bahan ini perlu Anda lakukan dengan berhati-hati agar tidak salah penggunaan. Ikuti aturan dan petunjuk yang ada pada kemasan, untuk meminimlaisir kesalahan penggunaannya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular