Cara Membersihkan Busi Motor Sendiri di Rumah

cara membersihkan busi motor
ilustrasi cara membersihkan busi motor (foto: harapanrakyat)

Reportasee.com – Cara membersihkan busi motor sebenarnya sangat mudah, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus meminta bantuan montir bengkel.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti, agar proses pembersihan berjalan dengan baik dan benar tanpa merusak komponen lain di sekitar busi.

Busi menjadi salah satu komponen vital pada motor, maka dari itu Anda harus lebih sering merawat dan membersihkannya.

Hal itu sangat penting demi menjaga kinerja busi saat motor dijalankan. Proses pembersihan dan perawatannya pun tidak sulit, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan alat-alat yang sederhana.

Perawatan Busi Motor Mudah

Hanya dengan modal kunci busi saja, Anda sudah bisa melakukan semua perawatan busi motor sendiri di rumah.

Jika perawatan busi tidak sering dilakukan, maka performa motor akan menurun. Perjalanan Anda pun akan menjadi kurang nyaman, karena adanya komponen yang terganggu.

Busi yang kotor bisa menyebabkan motor mogok di tengah jalan, Anda tentu tidak mau hal ini terjadi bukan?

Ada banyak faktor yang menyebabkan kotoran pada busi menumpuk. Salah satunya, yaitu ketika musim hujan terjadi dan motor harus melewati medan yang berlumpur.

Busi yang basah dapat mengganggu proses pembakaran di dalam mesin, sehingga membuatnya sulit menyala atau bahkan mati dalam waktu yang lama.

Namun Anda tidak perlu khawatir, ada banyak cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Perlu Anda ketahui, bahwa pembersihan busi sebaiknya dilakukan setiap motor menempuh jarak 4000 km.

Jarak jauh tersebut sudah pasti akan membuat busi motor menjadi lebih kotor. Jika tidak segera dibersihkan, maka kotoran akan mengeras bahkan mengharuskan Anda untuk mengganti busi.

Patokan jarak 4000 km ini menjadi cara yang paling mudah, untuk mengetahui kapan busi harus Anda bersihkan.

Namun jika Anda sering menggunakan motor di medan yang berlumpur, maka lebih baik bersihkan lebih sering busi motor. Tidak perlu menunggu hingga 4000 km, karena pasti kotorannya sudah sangat menumpuk di dalam busi.

Cara Membersihkan Busi Motor Mudah dan Cepat

Busi adalah sebuah komponen dalam mesin motor, yang berfungsi sebagai penghasil api agar motor bisa berjalan dengan lancar.

Percikan api muncul saat proses pembakaran di dalam mesin. Maka dari itu, salah satu cara merawat performa motor yaitu dengan menjaga kebersihan businya.

Berikut adalah beberapa langkah mudah cara membersihkan busi motor:

Lepas Busi

Hal pertama yang harus Anda lakukan, yaitu melepas komponen busi dari tempatnya.

Hati-hati dalam melepasnya, sebaiknya hindari kabel dan jangan Anda tarik karena bisa menyebabkan masalah lain, bahkan bisa mengakibatkan kob busi putus.

Setiap motor memiliki tipe kunci busi yang berbeda-beda, Anda harus menanyakannya ke bengkel terlebih dahulu.

Baca:  Robinhood, Broker yang Raih US $2,1 Miliar Usai Sukses IPO

Kunci busi menjadi alat yang paling penting saat melakukan pembersihan busi sendiri. Anda bisa lebih mudah membuka busi, dan bisa membersihkannya setiap saat.

Belilah kunci busi yang cocok dengan motor Anda di bengkel atau toko otomotif terdekat.

Bersihkan dengan Bensin

Setelah busi berhasil terlepas dari tepatnya, Anda harus menyiram kepala busi dengan bensin. Hal tersebut agar kotoran pada bagian atasnya bisa terlepas dengan mudah.

Anda tidak perlu merendam busi di dalam bensin, cukup dengan menyiramnya saja dan kotoran akan terkelupas.

Perendaman busi akan mengakibatkan pengikisan elektroda, sehingga membuatnya lebih mudah rusak dan tidak dapat bekerja optimal.

Bensin menjadi cairan yang paling ampuh untuk melunturkan noda pada busi. Namun jika tidak ada cara lain untuk menghempaskan kotoran, maka Anda boleh merendamnya sebentar.

Bersihkan Kotoran

Selanjutnya Anda harus membersihkan kotoran yang masih menempel pada busi, sikat busi menggunakan sikat gigi secara perlahan.

Lakukan secara teliti hingga semua kotoran meluntur, Anda juga bisa menggunakan sikat kawat atau amplas jika kotorannya membandel.

Sikat kawat memiliki permukaan sikat yang cukup kasar, sehingga dapat efektif untuk menghempaskan kotoran. Begitu juga dengan amplas, yang memiliki permukaan kertas kasar. Kertas kasar untuk memperhalus permukaan tersebut, dapat mengikis kotoran pada busi dengan cepat dan maksimal.

Namun jika Anda merasa kotoran pada busi tidak terlalu banyak menempel, sebaiknya cukup gunakan sikat gigi saja.

Alat ini menjadi senjata yang paling aman untuk membersihkan kotoran. Apalagi jika kotoran yang menempel hanya tipis saja, Anda tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga untuk menyikatnya.

Jika Anda memilih untuk menggunakan amplas dan sikat kawat, Anda harus lebih hati-hati agar busi tidak mudah terkikis.

Hal itu membuat busi menjadi tipis dan sebagian komponen pentingya terbuang. Jika sudah seperti ini, maka busi tidak bisa bekerja optimal saat motor melaju.

Keringkan

Langkah terakhir dalam cara membersihkan busi motor sendiri, yaitu mengeringkan busi yang sudah bersih.

Anda juga bisa melakukan kompresor tingkat tinggi untuk menghempaskan sisa kotoran yang menempel. Jika tidak ada alatnya, cukup gunakan lap kering saja.

Pastikan semua komponen bersih dari uap air, agar tidak ada kandungan air yang dapat menghambat pembakaran.

Jika sudah selesai, pasang kembali busi menggunakan kuncinya. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mencocokan posisinya seperti semula.

Musim hujan seperti ini membuat masalah pada mesin motor semakin bertambah.

Maka dari itu, Anda harus meminimalisir masalah tersebut dengan rajin mengecek kondisi mesin, juga rajin untuk membersihkan komponen vitalnya.

Jika tidak rutin melakukan pengecekan, maka siap-siap saja motor Anda akan mogok di tengah jalan.