Cara Melembabkan Kulit Badan Secara Alami dan Aman

Kulit yang lembab dan sehat merupakan impian semua orang karena hal tersebut bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri. Sekarang sudah banyak bahan yang bisa Anda gunakan untuk melembabkan kulit badan. Di bawah ini ada beberapa cara melembabkan kulit badan yang bisa Anda aplikasikan setiap hari.

Rutin Minum Air Putih

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum air putih setiap harinya. Air putih dinilai memiliki banyak manfaat dan salah satunya untuk melembabkan kulit badan. Air putih dapat memenuhi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh.

Cairan-cairan tersebut ternyata tidak hanya butuh untuk organ dalam saja melainkan juga kulit. Penjelasan dari para ahli, Anda harus meminum air putih minimal 8 gelas setiap harinya.

Menggunakan Minyak Zaitun

Kandungan yang terdapat pada minyak zaitun ternyata mampu untuk melembabkan kulit Anda. Sudah banyak juga produk-produk kecantikan yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utama untuk membantu menyehatkan kulit Anda.

Susu Bisa Menjadi Pelembab

Selain air putih dan minyak zaitun, kandungan berupa asam laktat yang terdapat di dalam susu ternyata mampu melembabkan kulit. Adanya kandungan zat anti inflamasi membuat kulit Anda menjadi lebih segar dan rileks.

Dalam penggunaannya, pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli susu bubuk terlebih dahulu lalu mencampurnya dengan sedikit air. Setelah itu, aduklah susu tersebut hingga bentuknya mirip seperti pasta. Anda bisa mengoleskan pasta tersebut ke kulit badan.

Minyak Kelapa

Cara melembabkan kulit badan yang berikutnya adalah menggunakan minyak kelapa. Selain minyak zaitun, kelapa juga mengandung bahan yang dapat membantu proses pelembapan pada kulit. Manfaat berikutnya adalah kulit Anda akan tampak lebih muda dan segar.

Bubuk Kopi

Bubuk kopi juga mampu membantu melembabkan kulit badan Anda. Jika Anda ingin mencobanya cara pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli bubuk kopi terlebih dahulu baru mencampurnya dengan sedikit air. Anda juga bisa mencampurnya dengan madu lalu diaduk hingga membentuk pasta.

Setelah campuran tersebut berbentuk pasta, Anda bisa mengoleskannya ke seluruh badan. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan menggunakan air.

Buah Alpukat

Kandungan yang terdapat di dalam buah alpukat seperti vitamin E, A dan K, portasium serta serat ternyata ampuh untuk melembabkan kulit. Beragam kandungan yang terdapat pada buah alpukat akan membuat nutrisi pada kulit Anda tercukupi. Selain itu, buah alpukat juga membantu proses regenarasi.

Madu

Cara melembabkan kulit badan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu memiliki beragam manfaat dengan kandungan yang ada di dalamnya seperti antimikroba dan antioksidan. Selain untuk melembabkan kulit, madu juga bisa Anda gunakan untuk menjaga kulit dari serangan radikal bebas.

Tidak Menggunakan Air Terlalu Panas Saat Mandi

Cara berikutnya adalah ketika Anda mandi jangan gunakan air yang terlalu panas karena hal itu bisa membahayakan kulit. Suhu maksimal yang boleh Anda gunakan saat mandi dengan air panas adalah 38 derajat celcius. Anda juga harus membatasi waktu mandi misalnya 5 hingga 10 menit saja.

Menggunakan Sabun Khusus Untuk Melembabkan Kulit

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan sabun khusus yang memiliki kandungan untuk melembabkan kulit badan Anda. Jika Anda ingin membeli sabun badan, carilah yang bertuliskan “mostuirizing” karena itu memiliki kandungan untuk melembabkan.

Selain itu Anda juga harus menghindari penggunaan sabun yang berisi kandungan berupa pewarna atau pewangi.

Jangan Terlalu Sering Menggosok Kulit dengan Handuk

Kebiasaan yang sering orang lakukan setelah mandi adalah menggosok kulit badan dengan menggunakan handuk. Sebenarnya kebiasaan tersebut tidak baik untuk kulit karena dapat menyebabkan kering sehingga tidak lembab lagi.

Setelah mandi alangkah baiknya Anda hanya menepuk-nepukannya saja dengan menggunakan handuk secara perlahan.

Menggunakan Pelembab Tubuh Setelah Mandi

Cara melembabkan kulit badan yang berikutnya adalah dengan mengoleskan pelembab tubuh sesudah mandi. Anda bisa memilih lotion di pasaran yang sesuai dengan kondisi kulit. Usahakan untuk mengoleskan pelembab secara merata ke seluruh bagian tubuh seperti kaki, lengan dan tangan.

Mandi dengan Oatmeal

Cara yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kandungan yang terdapat di dalam oatmeal seperti anti peradangan dan antioksidan mampu menjaga kelembapan kulit.

Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit oatmeal ke dalam bak mandi dengan campuran air hangat. Atau Anda juga bisa menggunakan sabun yang memiliki kandungan oatmeal di dalamnya. Oleskan juga krim dengan kandungan oatmeal setelah mandi untuk menghindari gatal-gatal.

Menggunakan Petroleum Jelly

Petroleum Jelly banyak orang anggap ampuh untuk menjaga kelembapan kulit Anda. Di dalamnya terdapat kandungan berupa mineral dan telah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pelembab alami.

Petroleum jelly bekerja dengan cara melindungi kulit dengan melapisinya agar kelembapan tetap terjaga. Selain itu manfaat dari petroleum jelly adalah untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit.