32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaIni Cara Lelang Online yang Mudah Dipahami

Ini Cara Lelang Online yang Mudah Dipahami

Lelang online merupakan sebuah proses pelelangan barang yang dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi berbasis web. Cara lelang online memanfaatkan jaringan internet sehingga pelelangan dapat dilakukan pada jarak yang jauh sekalipun.

Berbagai aplikasi lelang tersedia dengan sistem masing-masing namun secara bisnis tetap selaras dengan standar lelang pada umumnya. Untuk melakukan lelang menggunakan aplikasi maupun situs, secara umum Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini.

Download Aplikasi atau Akses Situs Lelang Online

Kini banyak developer yang mengembangkan aplikasi dan atau situs yang memungkinkan Anda untuk melakukan proses lelang. Aplikasi dan atau situs ini memiliki kekhasan masing-masing bergantung pada barang apa yang Anda butuhkan.

Terdapat aplikasi dan situs yang hanya mengkhususkan pada barang barang tertentu saja, seperti khusus kendaraan, property seperti rumah dan tanah. Ada pula aplikasi dan situs yang mengkhususkan barang lelang hanya dari instansi tertentu.

Untuk mengikuti proses lelang yang sesuai dengan barang atau aset Anda, maka Anda harus mencari aplikasi atau situs yang memadahi. Kemudian akses situs tersebut atau download aplikasi lelang yang Anda butuhkan.

Registrasi pada Aplikasi

Setelah berhasil mengakses situs lelang online atau mengunduh aplikasi, Anda dapat melanjutkan cara lelang online dengan melakukan registrasi. Untuk dapat mengikuti proses lelang, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu.

Lakukan registrasi pada aplikasi atau situs lelang online dengan mengisi data. Lalu unggah data tersebut dan tunggu hingga data Anda mendapat persetujuan. Setelah itu, barulah Anda bisa menawar atau menawarkan barang lelang.

Pilih Lokasi

Terkadang lokasi dapat mempengaruhi minat seseorang terhadap suatu barang. Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi atau situs lelang online, Anda dapat memilih lokasi lelang dengan bebas. Bahkan ketika Anda berada di luar kota yang Anda tuju sekalipun.

Pada umumnya, perusahaan atau pihak pengelola barang lelang telah memiliki jadwal lelang beserta informasi lokasi barang tersebut. Dengan menggunakan situs atau aplikasi, Anda dapat memilih lokasi barang lelang.

Caranya mudah. Anda tinggal masuk pada fitur ‘Filter’. Fitur ini membantu Anda untuk memilah barang lelang berdasarkan kategori tertentu. Jika Anda menginginkan barang lelang dari wilayah tertentu, Anda tinggal scroll ke bawah pada fitur Filter dan klik pada nama lokasi barang lelang yang Anda inginkan.

Proses Bidding

Cara lelang online kemudian berlanjut pada proses bidding. Bidding merupakan istilah dalam proses lelang yang merujuk pada suatu kegiatan penawaran. Setelah menentukan lokasi dan menemukan barang yang Anda inginkan, Anda dapat melakukan bidding.

Baca:  Cara Membersihkan Keyboard Laptop dari Debu dengan Mudah

Pada umumnya, penawaran dengan harga tertinggi yang memenangkan lelang online. Namun, tidak semua proses lelang memiliki metode bidding yang sama. Untuk mengikuti bidding, Anda harus memahami opsi yang tersedia pada proses bidding, antara lain:

Baca:  Netflix Tayangkan 40 Anime Series Tahun 2021

Manual bidding

Manual bidding merupakan suatu proses di mana penjual menetapkan harga dasar atau harga limit barang. Lelang dengan cara ini mengharuskan Anda untuk melakukan penawaran mulai dari harga awal.

Buy it now

Buy it now atau beli sekarang juga merupakan metode pembelian barang tanpa melalui proses bidding. Metode ini juga kadang penjual gunakan dengan menetapkan harga barang sehingga Anda tidak perlu melakukan bidding.

Reserve price

Pada metode ini, penjual akan menetapkan harga terendah bagi barang lelangnya. Anda harus menawar barang di atas harga awal untuk mendapatkan barang lelang karena penjual berhak menolak menjual barang pada penawaran yang lebih rendah.

Proxy bidding

Proxy bidding merupakan suatu proses penawaran yang dilakukan secara otomatis menggunakan bot bidding. Metode ini memang sangat mudah dan praktis, akan tetapi terkadang tidak sesuai dengan harga yang Anda inginkan.

Deposit

Sistem deposit biasanya berlaku pada penawaran barang atau aset berharga atau bernilai tinggi seperti kendaraan, perhiasan, dan lain sebagainya. Pada metode ini, Anda harus melakukan deposit sebagai jaminan bahwa Anda akan segera membayar barang lelang yang Anda menangkan.

Pada metode ini, pengelola lelang akan memberi jaminan kepada penjual bahwa barang lelangnya akan segera terbayar setelah lelang selesai. Jika pemenang lelang menolak membayar, maka deposit yang ia lakukan secara otomatis hangus dan tidak ada ganti rugi.

Pembayaran

Sebagai langkah cara lelang online yang terakhir, Anda harus melakukan pembayaran. Pembayaran dilakukan apabila Anda telah ditetapkan sebagai pemenang lelang. Penetapan ini biasanya akan diberitahukan melalui email atau telepon.

Terdapat berbagai opsi pembayaran yang biasanya tersedia pada lelang online. Anda dapat melakukan pembayaran via transfer bank, cash pada perusahaan lelang, maupun cara yang lain. Dengan demikian, selesailah proses lelang online.

Namun, untuk aset atau property yang membutuhkan surat kepemilikan, urusan Anda tentunya belum selesai. Hubungi penjual untuk mengurus hal lain, seperti pemindahan kepemilikan properti. Setelah proses tersebut selesai, barulah property tersebut resmi menjadi milik Anda.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer