22.6 C
New York
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaBeritaBegini Cara Mencegah Usus Buntu Sejak Dini

Begini Cara Mencegah Usus Buntu Sejak Dini

Reportasee.com – Usus buntu merupakan sebuah penyakit yang timbul akibat peradangan pada usus buntu atau apendiks. Organ ini berbentuk kantong tipis dan kecil yang terhubung ke usus besar. Tentu Anda tak ingin mengalami penyakit ini, oleh karenanya perlu tahu cara mencegah usus buntu.

Agar bisa terhindar dari penyakit usus buntu, sebenarnya harus Anda mulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil. Misalnya pola makan dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Berikut akan kita bahas mengenai cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah usus buntu.

Cara Mencegah Usus Buntu

Konsumsi Air Putih Secara Cukup

Air putih atau air mineral memang sangat penting untuk tubuh. Selain untuk mencegah dehidrasi, adanya air putih juga memperlancar sistem pencernaan dalam mencerna makanan. Termasuk memaksimalkan kerja usus sebagai bagian dari saluran pencernaan.

Ketika Anda tidak mengonsumsi air putih secara cukup, usus akan kekurangan cairan dan menyerapnya dari feses guna menjaga agar tidak terjadi dehidrasi. Ini bisa mengakibatkan Anda akan kesulitan untuk buang air besar atau sembelit.

Bagi Anda yang sehari-hari bekerja di depan komputer dalam waktu berjam-jam, sebaiknya mengonsumsi air putih secara cukup, karena juga rentan mengalami sembelit. Selain itu, kurang konsumsi air putih juga bisa menyebabkan rentan terserang radang usus buntu.

Secara umum konsumsi air putih yang dianjurkan yaitu minimal 2 liter dalam sehari, atau setara dengan 8 gelas. Jadi, pastikan konsumsi air putih Anda tercukupi agar terhindar dari dehidrasi dan gejala usus buntu.

Konsumsi Makanan Probiotik

Salah satu makanan yang bisa mencegah usus buntu yaitu yang menganduk probiotik. Tahukah Anda apa itu makanan probiotik? Makanan ini merupakan makanan yang mengandung bakteri baik untuk membantu proses pencernaan, sehingga secara otomatis kesehatan pencernaan akan terjaga.

Oleh karena itu, guna mencegah usus buntu sangat disarankan mengonsumsi makanan kaya probiotik. Makanan ini sendiri sangat mudah Anda temukan.

Contoh makanan kaya probiotik yang ada di sekitar Anda seperti tempe, yogurt, acar, kimchi, kefir, asinan kubis, miso, dan kombucha.

Konsumsi Makanan Bervitamin A dan D

Cara mencegah usus buntu berikutnya yaitu dengan makan makanan yang mengandung vitamin A dan D. Selain baik untuk mata, vitamin A juga memiliki fungsi untuk membantu sel-sel darah putih dalam melawan infeksi.

Sedangkan vitamin D selian bagus untuk kesehatan tulang juga berguna untuk memusnahkan bakteri dan infeksi pada tingkatan lebih tinggi. Oleh karena itu, vitamin A dan D sangat bagus untuk Anda konsumsi.

Anda bisa menemukan makanan kaya vitamin A pada wortel, hati sapi, brokoli, bayam, ubi jalar, kacang polong, paprika merah, dan minyak hati ikan kod. Sedangkan vitamin D bisa Anda dapat dari makanan seperti, kuning telur, salmon dan tuna, jamur, susu sapi, dan susu kedelai.

Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berikutnya yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah terjadinya usus buntu yaitu makanan berserat. Alasannya karena radang usus penyebabnya adalah penumpukan feses, sehingga orang yang sembelit mempunyai risiko tinggi terkena radang usus buntu.

Dengan mengonsumsi makanan berserat dapat membantu melunakkan feses atau memperlancar pencernaan, sehingga Anda tidak mengalami sembelit dan bisa buang air besar dengan lancar. Jika feses keras dapat menyumbat bagian usus, khususnya usus buntu.

Contoh makanan berserat yang dapat Anda konsumsi yaitu kacang-kacangan, jagung, brokoli, beras merah, alpukat, tomat, bit merah, bayam, pisang, dan wortel.

Batasi Konsumsi Alkohol dan Kafein

Cara mencegah usus buntu berikutnya dengan mengurangi konsumsi kafein dan alkohol. Ini berlaku bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman dengan kandungan dua zat tersebut.

Konsumsi alkohol dan kafein harus Anda kurangi karena kedua zat tersebut dapat memicu terjadinya sembelit. Ini pun bisa menjadi penyebab peradangan pada usus buntu. Oleh karenanya bagi Anda pecinta kopi, teh, dan minuman beralkohol sebaiknya segara mengurangi konsumsi minuman tersebut.

Dan perlu Anda ketahui pula bahwa minuman atau makanan yang mengandung kafein tinggi tidak hanya kopi dan teh. Terdapat minuman dan makanan lainnya seperti, soda, cokelat, kuaci bunga matahari, pil pereda nyeri, serta permen penyegar nafas.

Tidak Menunda Buang Air Besar

Ketika dalam perjalanan jauh tak jarang jika merasa ingin buang air kecil atau besar, orang akan menahannya. Namun, tahukah Anda bahwa hal sepele itu bisa berdampak buruk dalam jangka panjang?

Salah satu dampak buruk dari menahan buang air besar yaitu memicu sembelit. Dengan kondisi feses yang keras akibatnya akan membuat peradangan pada usus buntu. Jadi sebaiknya Anda tak lagi menunda-nunda ketika timbul rasa ingin buang air besar.

Jika Anda dalam perjalanan, segera carilah tempat pemberhentian terdekat. Misalnya di SPBU atau toilet umum terdekat.

Demikian beberapa cara mencegah usus buntu yang bisa Anda terapkan. Cara tersebut mungkin hanya hal sepele. Namun dari cara tersebut jika bisa mencegah timbulnya penyakit, kenapa tidak Anda lakukan? Mari mulai kebiasaan baik tersebut dari sekarang.  

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular