Baterai Hp Cepat Habis? Ternyata Ini Penyebabnya

Anda pasti sering merasa kesal jika baterai hp cepat habis bukan? Padahal sepertinya Anda sudah yakin bahwa sebelumnya baterai hp sudah dicharge. Keadaan seperti itu tentu akan sangat mengganggu. Apalagi pada saat Anda akan menggunakannya dalam keadaan genting.

Tahukah Anda bahwa penyebab hp sering terjadi lowbatt ternyata tidak hanya berasal dari baterai itu sendiri, melainkan ada banyak faktor lain? Nah, untuk lebih jelasnya lagi maka simak penjelasan mengenai berbagai penyebab baterai hp sering lowbatt di bawah ini. 

Baterai Kurang Berkualitas / Tidak Original

Harga beli hp ternyata tanpa disadari dapat mempengaruhi kualitas baterai yang akan Anda gunakan nantinya. Dengan kata lain, semakin mahal harga hp maka umumnya kualitas atau spesifikasi yang dimilikinya pun juga akan semakin tinggi. Selain itu, kinerjanya pun juga semakin bagus.

Sebisa mungkin, belilah hp yang masih bagus dan baterainya original meskipun harganya mahal. Hal ini karena material yang ada di dalamnya seperti baterai hp pun juga sudah pasti asli dari produsen atau pembuatnya. Jangan sesekali menggantinya dengan kualitas KW.

Lalu, bagaimana jika Anda mempunyai baterai hp yang sudah lama dan akan diganti dengan yang baru tetapi masih lowbat? Itu tandanya ada sesuatu yang bermasalah dengan hp tersebut dan tidak selalu terjadi pada komponen baterainya saja. Dalam hal ini, Anda perlu ke tukang service hp untuk menanganinya.

Berakhirnya Masa Pakai Baterai

Setiap peralatan elektronik sudah pasti mempunyai masa pakai yang berbeda dan terbatas, hal ini pun juga berlaku pada baterai hp. Agar masa baterai tersebut tidak berkurang dari batasnya, maka Anda harus menggunakan hp dengan bijak dan jangan memforsir kinerjanya.

Jika Anda memforsir kinerja hp tersebut, maka baterai hp akan cepat panas dan bisa membesar serta rusak lebih cepat. Nah, apabila Anda tidak ingin hal tersebut terjadi maka jangan sampai membiarkan hp dipakai terlalu lama atau daya baterai hp akan cepat habis nantinya.

Masing-masing baterai hp tentunya mempunyai lifetime atau masa hidupnya sendiri-sendiri. Hal tersebut akan sangat terpengaruh oleh cara penggunaannya. Ketika masa pakai baterai hp tersebut sudah melewati batasnya, maka wajar jika terjadi berbagai macam gangguan.

Komponen Charger Yang Tidak Sesuai Dengan Jenis Baterai

Ternyata tidak hanya masalah dari baterai saja yang bisa merusak hp, melainkan dari charger juga. Penyebabnya sendiri bisa karena charger tersebut juga berhubungan langsung dengan baterai, maka tidak heran jika ada potensi kerusakan pada komponen yang ada di dalamnya.

Sebagai contoh, charger hp yang Anda gunakan ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan baterai itu sendiri. Di mana volt atau ampere pada charger tersebut ternyata terlalu tinggi daripada kebutuhan isi ulang daya baterai tersebut.

Kejadian yang akan terjadi selanjutnya yaitu baterai hp akan semakin melemah ketika sedang melakukan pengisian daya maupun ketika sedang Anda operasikan. Apabila Anda tetap bersikeras untuk menggunakan charger bertekanan tinggi tersebut, maka dalam jangka panjang baterai akan rusak.

Layar Ponsel Terlalu Cerah

Salah satu komponen utama pada hp yang menggunakan kinerja baterai tak lain adalah layar. Saat ini, beberapa produsen hp memberikan kemudahan bagi para penggunanya, yaitu dengan memberikan ukuran yang lebih besar dan cerah. Padahal, daya baterai yang Anda butuhkan nantinya akan lebih banyak.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mengelola kecerahan layar hp tersebut di bagian  pengaturan. Anda juga dapat memeriksa penggunaan baterai hp di opsi setting battery usage. Nantinya masalah seperti baterai hp cepat habis pun dapat Anda atasi kembali jika Anda menggunakan tips ini.

Solusi lain yang bisa Anda terapkan yaitu dengan cara mengurangi waktu penguncian layar secara otomatis. Pada bagian gambar latar belakang, Anda dapat menggunakan wallpaper dengan warna hitam saja agar lebih hemat dan tidak terjadi pemborosan daya baterai.

Penggunaan Aplikasi Di Latar Belakang

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa membuat baterai hp Anda cepat habis. Beberapa di antaranya yaitu YouTube, Netlix, dan aplikasi penyedia layanan streaming yang lain. Selain itu, game yang mempunyai tampilan visual yang tinggi pun juga menguras lebih banyak daya  baterai.

Aplikasi seperti Whatsapp, Facebook, dan sosial media juga selalu menyedot baterai meskipun beroperasi dalam latar belakang. Solusinya yaitu Anda harus menutup aplikasi tersebut saat tidak Anda gunakan.

Mengaktifkan WiFi, Bluetooth, dan GPS Saat Tidak Digunakan

Masalah yang terakhir ini pasti sudah sering Anda alami tanpa sadar. Alasan mengapa baterai hp cepat habis sendiri biasanya karena hal ini. Sebagian besar pengguna smartphone pada dasarnya mengaktifkan ke 3 fitur ini tetapi sering lupa untuk mematikannya.

Padahal, jika fitur-fitur tersebut tidak Anda matikan, maka yang akan terjadi nantinya baterai akan lowbatt. Mengingat akan hal itu, akan lebih baik lagi jika Anda lebih perhatian pada hal ini.