Ini Bahaya Tidur Di Karpet Terlalu Sering

Di berbagai macam situasi, ternyata tanpa sadar kita sering kali ketiduran di lantai dan bahkan hanya beralaskan di karpet bukan? Meskipun terasa nyaman, tetapi kita harus senantiasa tetap mewaspadai bahaya tidur di karpet untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya tidur hanya beralaskan karpet dapat memicu berbagai macam penyakit dalam tubuh? Apalagi jika secara tidak sadar Anda sudah terbiasa dan bahkan setiap harinya tidur di atas karpet. Untuk lebih jelasnya lagi maka simak ulasan berikut ini.

Bisa Memicu Reaksi Alergi

Meskipun alas lantai sudah beralaskan karpet, ternyata Anda masih bisa terkena penyakit. Hal ini mengingat karena ada banyak sekali debu yang menempel pada karpet tersebut. Jadi, tidak ada jaminan bahwa lantai yang bersih tidak mengandung debu maupun kotoran.

Tubuh Anda pun nantinya juga akan rentan tertempel oleh debu dan bahkan tungau yang bisa menyebabkan alergi pada kulit. Apabila Anda adalah tipe orang yang rentan terhadap debu maka sebisa mungkin hindari tidur di atas karpet dan lebih baik gunakan kasur saja.

Namun, jika Anda masih bersikeras untuk tidur di karpet maka jangan salah jika penyakit seperti sesak napas, bersin-bersin, pilek, batuk, hingga gatal-gatal akan menjangkit. Tentunya hal tersebut akan mengganggu aktivitas Anda dalam sehari-hari.

Meningkatkan Nyeri Punggung

Tidur di atas lantai dengan beralaskan karpet atau tidak pada dasarnya sama saja sebab memberikan banyak efek negatif bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat meningkatkan penyakit seperti nyeri punggung.

Anda mungkin masih menganggap sepele hal seperti itu, tetapi jangan salah ternyata jika Anda biarkan terlalu lama maka akan ada masalah pada tulang belakang nantinya. Jika Anda tidur di permukaan lantai yang terlalu keras maka  tulang belakang menjadi susa untuk mempertahankan lekukan alaminya.
Berbagai penelitian oleh para ahli pun juga mengungkapkan tentang fakta bahaya tidur di karpet tersebut. Sebagai contoh, penelitian yang dimuat di The Lancet tahun 2003 lalu mengungkap bahwa penderita nyeri punggung kronis terjadi akibat tidur di matras yang terlalu keras.

Menimbulkan Meriang

Pada dasarnya lantai merupakan bagian yang lebih dingin daripada bagian ruangan yang lainnya. Tetapi jika sudah dalam keadaan ngantuk berat, tidur di atas lantai merupakan hal yang wajar dan bahkana sangat nyaman ketika tidak ada kasur.

Padahal, suhu tubuh dan lantai sendiri sangat berkebalikan. Di mana panas tubuh kita justru malah akan berkurang karena dinginnya lantai. Maka dari itu tidak salah jika nantinya Anda akan mengalami meriang.

Jika Anda adalah orang yang sangat rentan dengan berbagai macam masalah kesehatan, maka jangan sekali-kali untuk tidur di atas lantai. ini pun berlaku meski Anda sudah beralaskan karpet.

Selain menimbulkan meriang, bisa saja penyakit yang lainnya justru akan muncul setelahnya. Tentu Anda tidak mau hal tersebut terjadi bukan?

Dapat Menyebabkan Asam Lambung

Bahaya tidur di karpet selanjutnya yang perlu Anda waspadai yaitu bisa menimbulkan asam lambung. Biasanya hal ini sering terjadi pada orang yang cukup sensitif terhadap temperatur yang suhunya rendah.

Untuk mengatasinya, tidak cukup hanya dengan menghindari tidur di atas karpet saja. Melainkan, Anda juga harus memperhatikan apa saja makanan yang Anda konsumsi. Percuma jika sudah tidak tidur di atas karpet namun pola makan yang sehat masih belum Anda terapkan.

Apabila Anda masih makan makanan yang mengandung lemak tinggi maka justru asam lambung tersebut akan lebih cepat menyerang. Apalagi hal tersebut bersamaan dengan seringnya Anda tidur di atas karpet, maka tak heran jika penyakit akan datang tanpa permisi.

Terjadinya Gangguan Pada Paru-Paru  

Hal yang cukup parah ketika Anda masih tidur di atas karpet tak lain adalah organ bagian dalam yang akan terganggu, terutama di bagian paru-paru. Jika diperhatikan lebih dalam, sebenarnya penyebab utama penyakit tersebut terjadi bukan karena masalah alas tidur Anda, tetapi kuman.

Adanya bakteri, jamur, hingga kuman yang menempel di atas lantai secara tidak langsung akan ikut terbawa dari karpet ke tubuh Anda. Dengan kata lain, karpet hanya sebagai perantara kumpulan bakteri tersebut untuk membawa penyakit ke dalam tubuh Anda.

Apabila kuman tersebut sudah menempel pada tubuh atau lebih parahnya lagi terhirup oleh Anda, maka mereka akan menyerang organ bagian dalam. Ada kemungkinan Anda terkena penyakit paru-paru seperti bronkitis.

Menyebabkan Penyakit Sinusitis

Terakhir, bahaya tidur di karpet yang harus Anda ketahui selanjutnya yaitu bisa menimbulkan penyakit sinusitis. Jika Anda rentan terhadap suhu rendah namun tetap tidur di atas lantai maka bisa saja terkena penyakit ini.

Di beberapa kasus, ternyata sinusitis memicu penyakit lain yang nantinya akan lebih parah. Misalnya saja seperti asma, aneurisma, hingga stroke. Untuk itu Anda harus mewaspadai semua hal tersebut.

Ikuti update informasi seputar berita terbaru dari Reportasee.com di Google News!