Usia Menopause Lebih Rentan Terserang Asam Urat

Advertisement

Reportasee.com – Usia menopause lebih rentan terserang penyakit asam urat. penyakit persendian ini bisa menyerang baik laki-laki maupun perempuan. Selain orang tua, anak muda juga dapat mengidap asam urat.

Namun orang tua yang sudah memasuki usia menopause lebih rentan mengidap penyakit persendian ini. Banyak orang yang masih menganggap sepele tentang penyakit ini karena berpikiran bahwa rasa pegal yang timbul efek dari aktivitas sehari-hari.

Meskipun banyak yang menganggap sepele, sebenarnya penyakit ini bisa membahayakan kesehatan tubuh. Dan penyakit ini bisa menyebabkan kondisi tubuh lebih buruk seiring semakin parahnya penyakit.

Semakin tua usia semakin lemah pula kondisi tubuh seseorang, sering kali orang menganggap remeh kesehatan yang terganggu sebagai hal wajar. Padahal hal tersebut bisa jadi sebagai gejala dari penyakit yang dapat membahayakan.

Untuk lebih jelasnya, kita harus mengetahui lebih banyak tentang penyakit asam urat. Berikut uraian tentang pengertian, gejala, penyebab, serta cara pengobatannya.

Advertisement

Apa Itu Penyakit Asam Urat?

Asam urat merupakan sebuah gangguan metabolisme dalam tubuh manusia. Gangguan metabolisme tersebut yang mengakibatkan kadar keasaman dalam tubuh meningkat. Sehingga menimbulkan penumpukan kristal asam urat yang berlebih dan menyebabkan persendian mengalami peradangn.

Dunia medis menyebut penyakit ini dengan sebutan lain yaitu gout. Penyakit gout dapat menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan . Selain itu juga bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan serta rasa panas pada area sendi yang mengalami peradangan.

Gout yang sudah kronis dapat berlangsung dalam jangka panjang serta bisa membuat penumpukan kristal semakin banyak pada area dalam atau sekitar persendian. Bahkan penyakit gout kronis ini bisa menyebabkan melemahnya fungsi ginjal dan juga membentuk batu ginjal,

Penyakit ini dapat menyerang baik laki laki yang berusia 30 tahun ke atas maupun wanita. Namun wanita yang memasuki usia menopouse lebih rentan terserang penyakit asam urat.

Penafsiran Gejala Asam Urat

Asam urat dapat menyebabkan rasa nyeri yang tidak tertahankan pada area sendi. Selain nyeri persendian yang terserang penyakit ini bisa mengalami pembengkakan dan juga rasa panas pada area sekitar sendi.

Advertisement

Penyakit gout dapat menyerang semua sendi yang ada dalam tubuh. akan tetapi ada beberapa sendi yang lebih sering terserang. Sendi tersebut antara lain jari kaki, pergelangan kaki. lutut, dan juga bisa menyerang jari tangan.

Lalu bagaiamana gejala dari penyakit gout? Berikut beberapa gejala yang dapat dialami oleh orang yang mengidap asam urat.

Rasa Nyeri Pada Sendi

Rasa nyeri yang timbul merupakan akibat dari terjadinya penumpukan kristal asam urat yang berlebihan. Hal ini terjadi karena kadar asam uarat dalam darah yang tinggi.

Pendrita penyakit gout akan sering kali mengalami nyeri pada bagian jempol kaki. Tetapi nyeri akibat penyakit ini juga bisa timbul pada bagian siku, jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Gejala awal penyakit ini dapat berlangsung selama 3 – 10 hari dan sering kali terjadi saat malam hari. Selain itu orang yang mengidap penyakit ini akan merasakan gejala yang berkembang cepat dalam beberapa jam pertama.

Pembengkakan

Selain mengalami rasa nyeri yang tidak tertahankan, gejala lain dari penyakit gout adal dengan terjadinya pembengkakan. Pembengkakan dapat timbul pada area sendi yang terserang gout ataupun pada bagian sekitar sendi yang terserang.

Ada 2 hal yang menjadi penyebab terjadinya pembengkakan yaitu karena sinovium atau jaringan pelapis sendi membengkak. Atau bisa juga karena volume cairan sebagai pelumas sendi atau synovial yang meningkat.

Baik anak muda maupun wanita pada usai menopouse lebih rentan terserang penyakit asam urat. Dan pengidap penyakit ini bisa merasakan nyeri serta mengalami pembengkakan.

Rasa Panas Pada Sendi

Penderita akan merasakan sensai panas atau hangat pada sendi yang terserang penyakit gout. Hal ini menjadi gejala lain akibat peradangan yang timbul dari kristal asam urat yang menumpuk pada persendian.

Benjolan dan Kulit Memerah

Benjolan atau tophi akan timbul jika seorang pengidap penyakit gout sudah dalam tahap kronis dan tidak melakukan pengobatan. Parahnya benjolan ini bisa mengeras dan berkembang pada jaringan lunak, persedian, serta kulit.

Dengan adanya benjolan yang mengeras dapat menyebabkan sendi dalam tubuh bisa rusak. Selain itu pada area sendi yang terserang gout akan menyebabkan kulit memerah.

Kulit memerah pada area sendi yang mengalami peradangan biasanya akibat dari terjadinya peningkatan aliran darah pada area tersebut.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Disebut sebagai gangguan metabolisme, karena tubuh membentuk zat sisa dari metabolisme substansi. Zat sisa tersebut disebut juga purin, kita dapat menemukan purin pada beberapa jenis makanan maupun minuman.

Dan zat sisa hasil metabolisme tersebut akan sulit keluar sehingga menumpuk dalam tubuh. penumpukan dapat terjadi pada area sendi ataupun ginjal yang dapat membahayakan. Adapun penyebab lain dari penyakit asam urat antara lain:

  • Salah satu anggota keluarga memiliki riwayat sakit asam urat sehingga kemungkinan besar kita dapat juga terserang.
  • Pertambahan usia, laki-laki pada usia 30 tahun dan wanita yang memasuki masa menopause akan lebih mudah terserang.
  • Obesitas atau memiliki kelebihan berat badan
  • Memiliki riwayat penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes, sindrom metabolik, gangguan fungsi ginjal, atau sakit jantung.
  • Memiliki gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya dengan sering mengkonsumsi makanan tinggi purin seperti daging atau seafood.
  • Suka mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Suka menggunakan obat-obatan seperti obat diuretik, aspirin, dan obat lain yang menjadi penyebab uric acid.

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Bagi penderita usia muda maupun usia menopause rentan terserang penyakit asam urat yang tida bisa sembuh. Namun penyakit ini masih bisa terkontrol dengan melakukan pengobatan yang rutin.

Pengidap gout akan mengalami keluhan gejala yang bisa hilang dalam waktu 24 jam setelah pegobatan. Secara umum untuk melakukan pengobatan bisa menggunakan obat golongan NSAIDs seperti aproxen atau ibuprofen.

Tetapi bagi penderita yang tidak bisa menggunakan obat jenis NSAIDs, biasanya dokter akan memberikan obat kortikosteroid. penderita akan mendapatkan pengobatan jenis ini dengan obat minum atau menyuntikkan pada sendi yang mengalami peradangan.

Untuk gout yang belum parah bisa menggunakan kantong atau kain yang berisi es kemudian menempelkan pada bagian yang nyeri. Sehingga gejala yang terjadi saat penyakit kabuh akan lebih cepat mereda.

Pencegahan Penyakit Asam Urat

Bagi laki-laki berusia 30 tahun keatas atau wanita usia menopause yang rentan terserang penyakit asam urat dapat melakukan pencegahan. Berikut beberapa cara mencegah terserang penyakit gout atau mengatasi penyakit ini agar tidak semakin parah :

  • Perbanyak meminum air putih minimal 8 gelas sehari
  • Hindari atau kurangi makanan yang mengandung purin tinggi
  • Tidak meminum minuman beralkohol
  • Perbanyak memakan buah yang mengandung antioksidan tinggi
  • Rutin berolahraga agar tubuh selalu sehat dan kuat
  • Mengatur pola makan yang sehat untuk menghindari obesitas

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker