32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaWisata Pantai Pangandaran Berisi Lautan Wisatawan

Wisata Pantai Pangandaran Berisi Lautan Wisatawan

Reportasee.com – Wisata pantai Pangandaran menjadi salah satu tujuan liburan pilihan banyak keluarga. Apalagi di tengah pelarangan mudik seperti sekarang, semua tempat wisata pun buka. Tujuannya adalah supaya warga bisa menghibur diri bersama keluarga walaupun tidak mudik.

Karena itulah untuk pengunjung sebuah tempat wisata pun terbatas. Wisatawan hanyalah mereka yang berasal dari kota itu saja. Warga luar kota tidak bisa masuk dan berwisata di destinasi luar daerah.

Meskipun begitu nyatanya tidak membuat sebuah tempat wisata sepi pengunjung. Rupanya masyarakat hendak menghabiskan masa liburan mereka ke sejumlah destinasi. Salah satunya adalah di wisata pantai Pangandaran.

Bukan di situ saja, sejumlah destinasi lainnya juga tak luput dari luapan pengunjung. Hal inilah yang menimbulkan kekhawatiran menyebarnya virus corona. Meskipun ada di satu daerah yang sama bukan berarti penularan virus tak bisa terjadi. Fenomena luapan pengunjung pun berasal dari daerah itu saja.

Viral Video Lautan Pengunjung di Wisata Pantai Pangandaran

Belum lama ini jagat dunia maya heboh dan geram akan berita di media social. Pasalnya beredar video yang memperlihatkan ramainya kerumunan di sebuah tempat wisata Indonesia. Rupanya video tersebut terekam di wisata pantai Pangandaran.

Meskipun tanah air masih mewabah virus corona, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menanggulanginya. Salah satu upaya tersebut adalah keluarnya peraturan untuk meminimalisir mobilitas masyarakat. Akan tetapi sebagian besar warga tak mengindahkan peraturan tersebut.

Malah mereka memilih tetap berlibur tanpa memikirkan dampaknya. Salah satu destinasi yang saat ini menjadi sorotan masyarakat adalah wisata pantai Pangandaran. Pasalnya jumlah wisatawan dalam pantai tersebut tergolong sangat membludak,

Seperti yang anda ketahui, pantai ini memang destinasi wisata baru untuk pengunjung domestic. Kendati begitu, kepadatan wisatawan di sana membuat netizen membanjiri akun media social Susi Pudjiastuti. Pasalnya luapan pengunjung ini masih berada dalam aturan pemerintah dalam libur lebaran tahun 2021.

Sebagai tanggapan video viral pantai Pangandaran, Susi Pudjiastuti pun memberikan penjelasan. Susi Pudjiastuti menjelaskan lewat akun twitternya bahwa pantai dalam video bernama Batukaras. Letaknya kurang lebih 35km dari wisata pantai Pangandaran.

Susi Pudjiastuti selaku tokoh masyarakat di Pangandaran, mayoritas pengunjung merupakan warga sekitar. Mereka adalah orang gunung di sekitar Batukaras yang biasa turun ke laur. Warga sekitar ini turun ke laut pada satu hari sebelum Ramadhan atau 2-3 hari sesudah lebaran.

Mereka memang kerap piknik dengan bekal dan tikar masing-masing. Tak hanya itu, Susi Pudjiastuti juga sudah melakukan koordinasi pada pihak pemerintah terkait. Sehingga pihak pemerintah langsung melakuka penyekatan dari arah luar. Sehingga ia berharap situasi bisa lebih terkendali.

Apalagi dalam unggahan video wisata pantai Pangandaran yang viral tersebut bukan hanya sekedar padat. Bahkan pengunjung juga tidak menerapkan protoko kesehatan yang sudah pemerintah tetapkan. Tampak mereka tak pakai masker, tidak menjaga jarak.

Terlihat para pengunjung saling bertumpuk di pinggir pantau. Serta kerumunan lebih terlihat di pantai Batukaras pasalnya tengah bermain air.

Masih Ramai Pengunjung Meskipun Terdapat Penutupan

Atas viralnya video di wisata pantai Pangandaran membuat pemerintah setempat resmi menutup akses menuju wilayahnya. Bahkan penutupan juga berlaku untuk seluruh objek wisata yang ada di daerah tersebut. Penutupan pun serta pada wisata pantai Pangandaran mulai hari Minggu tadi pukul 12 tengah malam.

Penutupan pada jalan akses Pangandaran pun mulai dari Bundaran Emplak, di kecamatan Kalipucang. Semua wisatawan yang akan ke pantai tersebut pun harus putar balik. Bahkan semua warga Pangandaran yang akan pulang ke wilayahnya harus menjalani pemeriksaan kesehatan ketat. Tak hanya itu, terdapat penjagaan ketat di gerbang utama menuju wisata pantai Pangandaran.

Baca:  Buka Laman LTMPT untuk Pengumuman Hasil Tes SBMPTN
Baca:  Buka Laman LTMPT untuk Pengumuman Hasil Tes SBMPTN

Petugas memblokir kendaraan yang masuk dengan memasang brikadi. Polisi pun juga menyiagakan tim sebagai penindak. Bahkan tim tersebut lengkap dengan senjata api model laras panjang. Dengan begitu, petugas akan menghalau semua kendaraan.

Tujuannya agar kendaraan tersebut tidak memasuki kawasan objek wisata pantai. Bahkan penjagaan dengan ketat juga ada di gerbang masuk bernama Parapat. Pasalnya selama ini, gerbang tersebut merupakan akses masuk masyarakat lokal ke wisata pantai. Memang hanya warga dengan KTP Pangandaran saja yang boleh masuk. Jika mereka tak bisa menunjukkan KTP tersebut, maka harus putar balik.

Pantauan yang ada di wisata pantai Pangandaran, tampaknya masih saja ramai pengunjung. Bahkan ribuan wisatawan terlihat menikmati suasana di bagian barat pantai. Tak hanya itu di antara mereka tengah asyik berenang maupun bercengkrama di sekitar pantai.

Wisatawan ini umumnya sudah berada di kawasan Pangandaran sejak Sabtu kemarin. Sehingga mereka bisa menikmati pantai pasalnya menginap di sini. Bahkan sebagian besar wisatawan mengaku menginap di pesisir pantai. Mereka baru berencana untuk pulang di hari ini.

Karena itulah tak mengherankan jika jumlah pengunjung tetap terlihat banyak meskipun wisata pantai Pangandaran resmi tutup. Tak jarang di antara wisatawan membohongi petugas saat mendapatkan pertanyaan mengenai tujuan. Dengan begitu pengunjung bisa mengunjungi pantai lewat alasan lain.

Fakta Pantai Pangandaran

Tengah menjadi sorotan dan viral di media social membuat public bertanya-tanya tentang wisata pantai Pangandaran ini. Berada di kawasan Jawa Barat, pantai tersebut terletak di Desa bernama Penanjung kurang lebih berjarak 92 km dari kota Ciamis.

Pantai tersebut memang menarik minat pengunjung sebab terdapat banyak hal di sini. Contohnya fasilitas memadai sampai keunggulan dalam bidang lanskap luar biasa. Wisatawan bisa menikmati suasana matahari terbit juga tenggelam.

Anda bisa menikmati momen tersebut dalam sabuah area sama. Hal ini terjadi sebab bentuk pantai yang menjadi pendukung. Sehingga wisatawan tak perlu berpindah tempat kala menyaksikan pemandangan tersebut.

Pangandaran merupakan pantai landai. Sehingga para pengunjung bisa leluasa bermain dalam area pantai. Apalagi adanya jarak pasang surut cukup lama dan aman jika bermain bersama anak-anak. Jika masih ragu anda tak perlu khawatir.

Pasalnya di wisata pantai Pangandaran terdapat tim penyelamat dengan profesionalitas tinggi. sehingga mereka akan sigap dan siap mengingatkan kala pantai tengah dalam kondisi pasang. Keindahan pasir putih bisa anda nikmati dalam pantai tersebut.

Pemandangan yang begitu sempurna akan semakin indah dengan komposisi dalam pantai. Hal ini tentu saja memanjakan mata anda dengan kesibukan sehari-hari yang tentu saja membuat penat. Kemudian akses menuju tempat wisata ini terbilang mudah. Pasalnya jalan menuju wisata tersebut sudah halus, dengan penerangan memadai dan juga fasilitas lengkap.

Karena pengelolaannya sudah lama maka fasilitas pendukung akan menambah keseruan perjalanan. Apalagi Pangandaran juga dekat dengan banyak pantai lainnya. Hal ini memungkinkan pengunjung yang hendak melakukan aktivitas lain seperti berselancar.

Memang wisata pantai Pangandaran memang seru dan menarik perhatian banyak pengunjung. Akan tetapi anda tetap harus mematuhi peraturan protokol yang berlaku untuk kebaikan semua orang.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer